10 Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan

10 Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan – Salah satu manfaat bougenvile adalah digunakan untuk hiasan taman. Hal ini dikarenakan bunga ini memilik bunga yang berwarna indah seperti merah, putih orange dan merah muda dengan bentuk bunga yang bergerombol sehingga ketika mekar Nampak begitu cantik dan indah.

Advertisement

Namun tahukah anda dibalik keindahannya tersebut bunga ini menyimpan banyak sekali manfaat utuk kesehatan.

Karena bunga ini mengandung tanin, alkaloid, pamitol, betasianin, flavonoid, asam aksalat, senyawa fenolik, glikosida, antrakuinon, tereponoid, saponin, steroid, minyak esensial, lemak dan protein. Adapaun kegunaan bunga ini untuk kesehatan adalah sebagai berikut:10 Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan

10 Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan

Pertama adalah untuk mengobati resistensi insulin. Gangguan resistensi insulin bisa menyebabkan terjadinya penyakit diabetes karena kadar gula dalam tubuh tidak bisa dikontrol dengan normal. Cara menggunakan bunganya bisa dengan cara dikeringkan kemudian dibuat teh.

Baca juga:6 Jenis Tanaman Hias Cocok Untuk Taman Rumah

Manfaat Kedua adalah untuk menjaga keseimbangan kolesterol. Jika kadar kolestrol dalam tubuh meningkat secara berlebihan maka tubuh akan beresiko terkena hipertensi, diabetes, stroke dan serangan jantung. Manfaat untuk menjaga keseimbangan kolestrol ini bisa diambil dari daun bunga kertas.

Ketiga adalah untuk mengobati batuk. Untuk mengobati batuk akibat reaksi dari saluran pernafasan yang sedang bermasalah, yang diambil adalah kulit batang bunga tersebut. Caranya dengan menghaluskan kulit yang sudah dikeringkan. Jika sudah halus, campurkan dengan segelas air lalu dijadikan air untuk berkumur.

Advertisement

Keempat adalah mengatasi masalah pencernaan. Daun dari bunga bougenvile ini dipercaya mengandung anti inflamasi yang bisa menenangkan usus halus sehingga bisa mengobati diare.

Cara menggunakannya adalah dengan mengambil daun dari bunga ini, kemudian direbus dengan segelas air. Setelah matang, anda bisa meminumnya dengan ditambahkan madu agar terasa manis.

baca Juga: Ciri Dan Jenis Tanaman Tomat Hias Unggul

Kelima adalah untuk membunuh bakteri. Bakteri bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan ataupun minuman, serta pola hidup tidak sehat. Dengan mengkonsumsi extrak daun bunga ini maka bakteri di tubuh akan terbunuh seperti bakteri S typhi, Micrococcus leteus, Echeria Colli dan lain-lain.

Keenam adalah sebagai sumber antioksidan alami yang bisa diambil dari ektrak bunga ini. Bahkan kandungan antioksidan pada bunga ini bisa membunuh semua jenis perusak sel atau radikal bebas dalam tubuh.

Ketujuh adalah untuk mengatur tekanan darah yang bisa diambil dengan ektrak bunganya karena mengandung senyawa yang bisa menghambat penumpukan plak pada pembuluh darah. Kedelapan adalah untuk pengganti antibiotic untuk menghambat penyebaran bakteri atau penyebab penyakit lainnya sehingga kekebalan tubuh lebih bertambah.

Kesembilan adalah untuk membersihkan kualitas udara sehingga udara yang kita hirup terhindar dari zat berbahaya atau polusi.

Kesepuluh adalah mencegah peradangan lambung dengan menggunakan ekstrak daun bougenvile karena mengandung senyawa kimia yang  bisa menenangkan usus halus.

Baca Juga: Mempelajari Jenis-Jenis Tanaman Hias Kaktus

Itulah 10 Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan . Sehingga ketika anda menanamnya anda bisa mendapat dua keuntungan yaitu mempercantik taman anda dan untuk mengatasi berbagai jenis keluhan dan penyakit untuk anda, keluarga atau bahkan tetangga anda.

Advertisement
10 Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan | admin | 4.5