2 Cara Pembibitan Tanaman Hias Alokasia

2 Cara pembibitan tanaman hias alokasia- Siapa orang yang tidak mengenal bunga alokasia yang memiliki keunikan serta daun bunga yang indah..Daya tarik bunga alokasia terletak pada daun yang memberikan kesan sebagai bunga mahkota paling indah jika kita pandang..

Advertisement

Masih banyak penghobi tanaman jenis alokasia yang kesulitan dalam melakukan pembibitan untuk memperbanyak tanaman hias jenis ini..dalam teknik di lapangan,cuma ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan bibit alokasi yaitu dengan cara Setek batang dan Pemisahan anakan..

Namun kebanyakan orang memperbanyak tanaman jenis alokasia ini dengan teknik pemisahan anakan..karena jika melalui tahap setek batang,di perlukan pengertian serta ilmu yang cukup untuk tata cara serta pelaksanaan nya di lapangan..2 Cara Pembibitan Tanaman Hias Alokasia

Dalam tulisan saya kali ini,memang saya kususkan untuk memberikan sedikit ilmu pengetahuan mengenai dua cara melakukan pembibitan tanaman hias aloaksia,mungkin saja bisa untuk mengobati rasa penasaran anda selama ini jika merasa kesulitan dalam melakukan pembibitan baik dengan metode setek batang maupun pemisahan anakan..

Selain menggunakan metode setek batang dan pemisahan anakan,alokasi yang telah dewasa dan memiliki umur cukup tua akan lebih banyak menghasilkan anakan di sekitar batang induknya,akan tetapi,mata tunas alokasia akan sulit untuk hidup jika tidak kita bantau dengan cara indukasi..

Induksi sendiri adalah cara yang paling mudah untuk merangsang tumbuhnya mata tunas pada batang alokasi.dengan demikian,setelah di lakukan induksi,biasanya batang alokasia akan sangat banyak memiliki mata tunas di bagian pangkal batangnya..2 Cara Pembibitan Tanaman Hias Alokasia

Cara Setek Batang Tanaman Hias Alokasia.

Sesuai janji saya sebelumnya jika akan sedikit memberi tips serta trik kusus untuk melakukan pembibitan alokasia menggunakan metode setek batang..langkah demi langkah yang bisa anda tempuh di rumah adalah sebagai berikut..

  • Cari induk alokasi yang sehat dan tanpa cacat serta sudah memiliki umur yang cukup.siapkan media tanam berupa tanah campuran kompos dan pupuk kandang,Ingat dalam masa ini jangan menggunakan bahan dari organik,akan lebih bagus jika kita gunakan bahan alami seperti pupuk dari kotoran hewan..

  • Setelah bahan di atas sudah di dapatkan,maka tanam kembali alokasia tersebut pada media tanam yang telah kita siapkan,lalu potong bagian pangkal batang tanaman yang sudah tua dengan di tandai dengan warna pangkal batang yang sedikit cokelat..

  • Setelah di lakukan pemotongan,olesi bekas potong tersebut menggunakan larutan fungisida.

  • Lalu tanam potongan batang atas bisa anda tanam menggunakan media berupa arang campuran sekam bakar.

    Advertisement

Tidak tergolong sulit memang,namun di butuhkan ketelitian serta keterampilan dalam melakukan nya.hal yang mungkin perlu ketahui juga adalah,saat melakukan penyiraman,berikan air secukupnya saja,jangan terlalu banyak,apalagi sampai media pot tergenang,penyiraman untuk tahap masa ini bisa anda lakukan 4 hari sekali saja..

hal tersebut untuk menghindari kebusukan batang alokasia tersebut..selain itu,kusus untuk bibit setek,potongan batang alokasi atas,bisa anda lakukan penyiraman setiap hari lakukan pada sore hari saja secukupnya..2 Cara Pembibitan Tanaman Hias Alokasia

Teknik Pemisahan Anakan Alokasia.

Selain setek,untuk menghasilkan bibit alokasi kita juga bisa dengan melakukan pemisahan anakan yang biasanya banyak tumbuh di pangkal atau sekitar batang tanaman induk.Pemisahan anakan sendiri juga di perlukan teknik,tidak asal potong saja..langkah demi langkahnya seperti di bawah..

  • Cari serta siapkan tanaman induk alokasia yang memiliki banyak anakan di pangkal batangnya.

  • Lakukan pemotongan secara hati-hati,hal tersebut untuk menghindari luka yang mengenai batang tanaman induk yang bisa mengakibatkan kebusukan.

  • Setelah anda lakukan pemotongan,olesi bekas luka dan potongan anakan dengan menggunakan larutan fugisida untuk mencegah bakteri serta jamur timbul.

  • Selanjutnya anakan bisa anda tanam pada media tanam sekam bakar.

  • Lakukan penyiraman dengan menggunakan air secukupnya saja.

  • Untuk tata letak bibit hasil pemisahan tersebut,letakkan di area teduh serta memiliki sirkulasi udara yang lancar..

Hanya sekedar tips saja yang mungkin selama ini anda sepelekan dan lupakan,saat melakukan pemotongan anakan alokasi,sebaiknya gunakan pisau yang sangat tajam serta pisau sudah seteril dengan mengolesi atau pisau di celupkan terlebih dahuluke dalam larutan fugisida.2 Cara Pembibitan Tanaman Hias Alokasia

Selain pisau,untuk mendapatkan kualitas bibit yang bagus dengan prioritas hidup yang lebih tinggi,media tanam yang akan anda gunakan sebaiknya juga sudah steril.cara menyeterilkan media tanam dengan cara,bisa anda seduh atau siram air panas terlebih dahulu..

Cara Indukasi Anakan Alokasia.

Cara ini juga tergolong cara paling cepat dan lebih mudah tata cara pelaksanaanya,sebab tidak memerlukan modal apapun,anda hanya melakukan pemotongan saja,maka anakan alokasia akan banyak tumbuh di pangkal batang tanaman induk.

Cara yang bisa anda lakukan dengan cara,cari induk bayang alokasi yang besar sehat dan tidak cacat,potong bagian batang yang telah memiliki warna coklat.warna batang coklat menandakan batang sudah tua,dan akan cepat menumbuhkan tunas baru nantinya..

Nah,lihat hasilnya dalam 2 bulan kedepan,pasti akan banyak sekali tumbuh anakan tunas baru di sekitar potongan batang tersebut..semoga berguna…

Advertisement
2 Cara Pembibitan Tanaman Hias Alokasia | admin | 4.5