2 Jenis Penyakit Pada Daun Anggrek

2 Jenis Penyakit Pada Daun Anggrek – Penyakit merupakan hal yang menakutkan bagi para penghobis anggrek. Penyakit yang menyerang anggrek ada yang tidak menyebabkan kematian dan ada pula yang menyebabkan kematian.

Advertisement

Dari sekian banyak jenis penyakit yang sering menyerang anggrek, ada tiga jenis penyakit yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Ketiga penyakit tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyakit busuk pucuk anggrek

Penyakit busuk pucuk sering menyerang anggrek jenis Vanda dan Aranchnis. Penyebab dari penyakit busuk pucuk adalah cendawan Sclerotium rilfsii.2 Jenis Penyakit Pada Daun Anggrek

Pada awalnya cendawan akan menyerang pada bagian akar tanaman anggrek. Setelah beberapa hari penyerangan barulah cendawan naik kearah daun dan umbi semu.baca juga Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Sehat

Penyerangan penyakit busuk pucuk ini akibatnya sangat fatal. Apa akibatnya jika penyakit busuk pucuk menyerang anggrek? Akibatnya adalah tanaman anggrek bisa roboh.

Mengapa dapat roboh? Tanaman anggrek dapat roboh karena terjadi pembusukan di beberapa bagian utama anggrek seperti akar, daun, dan umbi semu. Karena itulah anggrek dapat roboh jika penyakit busuk pucuk telah menyerang anggrek.

Gejala apa saja yang muncul ketika penyakit busuk pucuk telah menyerang anggrek? Gejala yang akan ditimbulkan ketika penyakit busuk pucuk telah menyerang anggrek adalah pada bagian yang terserang penyakit busuk pucuk akan berubah menjadi berwarna cokelat. Selain itu, ada bintik-bintik kecil pada bagian yang terserang cendawan penyebab penyakit ini.

Advertisement

Bagaimana cara mengendalikan penyakit busuk pucuk ini? Cara mengendalikan penyakit busuk pucuk adalah apabila penyerangan dalam skala kecil maka bisa memotong bagian anggrek yang terserang penyakit busuk pucuk.Simak juga Membasmi Hama Hewan Pada Tanaman Anggrek

Gunakan gunting atau pisau yang steril ketika memotong bagian anggrek yang terserang penyakit busuk lunak. Setelah dipotong barulah bagian anggrek yang terserang penyakit busuk pucuk dibakar atau dikubur jauh dari lingkungan penanaman.

Tujuannya adalah supaya penyakit busuk pucuk tidak menyerang tanaman anggrek yang masih sehat. Namun, jika penyerangan sudah dalam skala besar, gunakan cairan pestisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Jika penyerangan sudah terlalu parah dan tidak memungkinkan lagi untuk dikendalikan, musnahkan tanaman anggrek yang terserang penyakit busuk pucuk. Setelah itu lakukan pula sanitasi lingkungan supaya terhindar dari cendawan penyebab penyakit busuk pucuk.

Penyakit bercak bercincin pada anggrek

Penyakit bercak bercincin sering menyerang jenis tanaman anggrek seperti Phalaenopsis, Oncidium, Dendrobium, Vanda, Epidendrum, Cymbidium, dan beberapa jenis anggrek lainnya.

Penyakit bercak bercincin disebabkan oleh virus. Apa gejala yang ditimbulkan ketika penyakit bercak bercincin menyerang anggrek? Gejala yang ditimbulkan bervariasi.

Setiap jenis tanaman anggrek berbedda-beda pula gejala yang ditimbulkan. Contohnya saja seperti anggrek Cattleya. Gejala yang ditimbulkan pada anggrek Cattleya adalah timbulnya bercak-bercak berbentuk cincin.

Lantas, bagaimana cara mengendalikan penyakit bercak bercincin ini? Cara mengendalikannya adalah dengan memotong bagian anggrek yang terserang penyakit bercak bercincin dengan menggunakan peralatan yang disterilkan terlebih dahulu.Mungkin hanya ini saja,semoga bisa membantu dan berguna.artikel terkait Gajala Penyakit Bercak Hitam Bunga Anggrek

Advertisement
2 Jenis Penyakit Pada Daun Anggrek | admin | 4.5