2 Serangan Hama dan Penyakit Pada Alokasia Berbahaya

2 Serangan Hama dan Penyakit Pada Alokasia Berbahaya – Tanaman hias alokasia baru dapat dikatakan berkualitas apabila terhindar dari serangan hama dan penyakit. Namun sayangnya tidak semua jenis tanaman hias alokasia yang dapat terhindar dari serangan penyakit maupun hama.

Advertisement

Hama dan penyakit tidak akan muncul kalau tidak ada penyebabnya. Penyebab serangan hama penyakit karena dua hal yaitu karena faktor alam dan karena faktor manusia. Namun kebanyakan penyebabnya dikarenakan oleh faktor manusia yang tidak merawat alokasia dengan baik.

Serangan hama penyakit akan lebih dahsyat lagi pada saat musim hujan tiba. Mengapa pada saat musim penghujan tiba hama penyakit akan lebih dahsyat melakukan serangan? Karena pada musim hujan, air akan mudah tergenang.

Hama dan penyakit sangat senang dengan genangan air. Jadi, jika ada genangan air hama dan penyakit akan ada disitu dan kemudian menghinggapi tanaman yang ada disekelilingnya.

Untuk itulah, sebaiknya pada saat musim penghujan tiba, para penghobis lebih ekstra lagi dalam masalah merawat alokasia agar tidak rentan terserang hama maupun penyakit.

2 Serangan Hama dan Penyakit Pada Alokasia Berbahaya

2 Serangan Hama dan Penyakit Pada Alokasia Berbahaya

Jenis penyakit yang sering menyerang tanaman hias alokasia ada begitu banyak. Mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Lantas, apa saja hama maupun penyakit yang sering menyerang tanaman alokasia? Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Cacing

Cacing biasanya ada dikarenakan terbawa oleh media organik seperti kompos dan pupuk kandang. Kompos dan pupuk kandang sering membawa telur cacing dan kemudian berkembang biak pada tanaman yang diberikan kompos dan pupuk kandang.

Hal yang akan terjadi jika cacing menyerang alokasia adalah tanaman tidak dapat menyerap unsur hara dengan maksimal lagi.

Jika sudah tidak dapat menyerap unsur hara dengan maksimal lagi lama kelamaan akan menyebabkan alokasia menjadi layu dan akhirnya mati.

Supaya cacing tidak menyerang alokasia caranya sangat mudah. Caranya adalah dengan mengambil cacing yang ditemui pada pupuk kandang dan kompos yang akan digunakan.Baca dulu Agar Pachypodium Tampil Cantik Unik Dalam Pot

  • Keong

Keong pada umumnya menyerang bagian daun tanaman. Akibatnya daun tanaman menjadi berlubang. Keong biasanya banyak muncul pada saat musim penghujan tiba karena keong sangat suka tinggal di tempat yang lembap.

Biasanya keong bersembunyi di bawah pot atau di bawah permukaan daun. Untuk mengatasi keong ini caranya adalah dengan  mengambil keong lalu membuangnya di tempat yang jauh dari tempat penanaman. Namun jika terlalu parah semprot dengan menggunakan cairan antikeong sesuai dengan dosis.

  • Jamur

Jamur akan menyerang tanaman alokasia pada saat musim hujan tiba. Ciri-ciri tanaman yang terkena serangan jamur adalah pada bagian daunnya akan terlihat bercak berwarna cokelat kehitaman.

Jamur sangat menyukai lingkungan yang lembap. Itu sebabnya mengapa jamur lebih suka menyerang tanaman alokasia pada saat musim hujan tiba.

Untuk mengatasi serangan jamur caranya adalah dengan diamputasi dan dibakar agar tidak menyerang tanaman lainnya karena jamur termasuk jenis penyakit yang serangannya mudah menyebar pada tanaman lain.

Inilah 2 Serangan Hama dan Penyakit Pada Alokasia Berbahaya tulisan terkait 5 Jenis Anthurium Black Dan Ciri Fisiknya

Advertisement
2 Serangan Hama dan Penyakit Pada Alokasia Berbahaya | admin | 4.5