3 Cara Untuk Menanam Lavender

3 Cara Untuk Menanam Lavender – Lavender merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki 25 sampai 30 jenis dan masuk kedalam genus tumbuhan berbunga suku lumiacaece. Tanaman hias satu ini berasal dari laut tengah sampai pada wilayah Afrika tropis lalu menuju ke timur sampai dengan India.

Advertisement

Selain memiliki bunga yang indah, tanaman hias yang satu ini memiliki aroma khas yang sangat harum sehingga sangat cocok untuk anda jadikan sebagai hiasan dirumah anda. B

agi anda yang ingin menanam bunga lavender, sebenarnya ada 3 cara untuk menanam lavender yang sangat mudah sekali dipratekan. Lalu seperti apakah 3 cara untuk menanam lavender tersebut? silahkan simak pembahasan kami berikut ini.3 Cara Untuk Menanam Lavender

Untuk mempermudah dalam penyebutanya, 3 cara untuk menanam lavender kali ini kita pilah dengan metode 1 sampai 3.

  1. Metode pertama

Metode yang pertama dari 3 cara untuk menanam lavender yaitu dengan memilih lokasi untuk menanam bunga lavender tersebut.

Untuk pemilihan lokasi sendiri anda bisa menggunakan tempat yang bisa melindungi tanaman dari angin pada saat musim dingin dan setidaknya tanaman tersebut terkena sinar matahari selama  8jam dalam satu hari.

Advertisement

Setelah lokasi sudah dipilih, anda harus memastikan bahwa lokasi tersebut memiliki tanah yang memiliki daya serap dengan sangat baik. Sedangkan untuk menambah daya serap dari tanah yang anda pakai anda bisa menambahkan pasir.

Selain itu tanah juga harus memiliki kandungan ph yang pas yaitu bersifat alkali, jika kadar ph tidak sesuai dengan yang di inginkan, anda bisa menambah ph tanah dengan campuran jeruk nipis. Setelah itu anda bisa menanam bunga lavender yang telah disediakan.

  1. Metode kedua

Selanjutnya untuk metode kedua dari 3 cara untuk menanam lavender yaitu dengan membuat sebuah lubang yang akan digunakan untuk menanam bunga lavender. Jika anda memilih lokasi menggunakan wadah, sebaiknya anda memilih wadah pot yang lumayan besar.

Setelah setiap lubang diberi jarak 1cm selanjutnya optimalkan tanah dengan menggunakan  campuran berbagai media seperti bebatuan dua kepal dan cairan jeruk nipis yang sudah dicampur menggunakan pupuk kompos.

Sebelum anda mencabut lavender dari tanah sebaiknya siram menggunakan air dan diamkan beberapa saat, sambil menunggu tanah diresapi air potong beberapa tangkai untuk memastikan udara bisa lancar, kemudian cabut dan tanam.

  1. Metode ketiga

Sedangkan untuk metode ketiga dari 3 cara untuk menanam lavender yaitu dengan melakukan perawatan pada bunga yang sudah kita tanam. Untuk perawatan sendiri secara keseluruhan ada 5 bagian yang dimulai dari pemberian pupuk kompos.

Penyiraman namun tidak boleh berlebihan, penyiangan atau pencabutan rumput, melakukan pemangkasan dengan perbandingan 1/3 pada musim semi, dan yang terakir adalah pemanenan bunga.

Bagaimana? Sangat mudah bukan, dengan cara ini tanaman lavender anda akan tumbuh subur sampai siap untuk dipanen. Selamat mencoba.

 

Advertisement
3 Cara Untuk Menanam Lavender | admin | 4.5