3 Jenis Penyakit Anggrek Paling Mematikan

3 Jenis Penyakit Anggrek Paling Mematikan – Hama dan penyakit merupakan hal yang menakutkan bagi para penghobis tanaman anggrek. Sebelum hama dan penyakit tersebut menyerang tanaman anggrek, sebaiknya lakukan pencegahan terlebih dahulu.

Advertisement

Pencegahan datangnya hama dan penyakit dapat dilakukan supaya hama dan penyakit tersebut tidak menyerang tanaman anggrek. Apabila pencegahan tidak berhasil, maka lakukan pengedalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman anggrek tersebut.

Upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah maupun mengendalikan hama dan penyakit? Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengendalikan hama dan penyakit adalah sebagai berikut.3 Jenis Penyakit Anggrek Paling Mematikan

3 Jenis Penyakit Anggrek Paling Mematikan

  • Apabila ada tanaman anggrek yang sakit, maka segera lakukan eradikasi. Eradikasi bertujuan untuk memulihkan secepat mungkin tanaman anggrek yang sakit tersebut.
  • Ada satu hama yang merupakan vektor virus. Hama tersebut bernama aphid. Jika menemukan hama tersebut segera berantas. Selain itu, hama lainnya juga perlu diberantas jika menyerang tanaman anggrek.
  • Pengembangan dan perbanyakan anggrek bebas patogen harus dilakukan. Hal ini dilakukan supaya jenis anggrek bebas parogen bertambah banyak dan makin sedikitnya hama maupun penyakit yang menyerang tanaman anggrek.
  • Apabila ada tanaman yang terserang patogen, segera dimusnahkan. Setelah dimusnahkan sebaiknya dibakas atau dikubur di tempat yang jauh dari lingkungan penanaman anggrek.
  • Ketika ingin menggunakan peralatan untuk kepentingan penanaman anggrek, maka peralatan yang digunakan untuk kepentingan penanaman anggrek apapun bentuknya harus disterilkan terlebih dahulu. Penyeterilan bisa dilakukan dengan menggunakan larutan alkohol sebanyak 65% kemudian peralatan tersebut dimasukkan ke dalam larutan alkohol tersebut.
  • Pemeliharaan tanaman anggrek perlu dilakukan supaya hama dan penyakit tidak menyerang tanaman anggrek. Contoh pemeliharaan tanaman anggrek adalah penyiraman, penyemprotan cairan pestisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan, dan pemupukan. Pemeliharaan yang dilakukan secara rutin kemungkinan terserang hama maupun penyakit sangatlah kecil.
  • Lingkungan sekitar penanaman anggrek haruslah dibersihkan. Apabila lingkungan sektiar penanaman anggrek tidak dijaga, maka hama seperti tikus, keong, dan sejenisnya mudah bersarang. Pada umumnya hama seperti keong dan tikus sangat menyukai tempat yang kotor untuk bersarang.

Itulah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan hama maupun penyakit pada tanaman anggrek.Baca juga Pupuk Terbaik Kusus Untuk Bunga Anggrek

Advertisement

Penyakit busuk

Penyakit busuk merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek. Penyakit busuk ini terbagi atas beberapa jenis. Ketika tanaman anggrek terserang penyakit busuk maka akan menampakkan tanda-tandanya. Tanda-tanda tanaman anggrek terserang penyakit busuk diantaranya adalah sebagai berikut.

Busuk hitam

Penyakit busuk hitam ini akan menyerang tanaman anggrek seperti Cattleya, Phalaenopsis, Dendrobium, dan Oncidium. Tanda-tanda yang ditimbulkan jika penyakit busuk hitam ini menyerang tanaman anggrek adalah pada bagian pangkal daun akan membusuk dan akan berkembang dan menyerang pada bagian tanaman anggrek lainnya.

Busuk lunak

Gejala yang ditimbulkan ketika penyakit busuk lunak menyerang tanaman anggrek adalah pada bagian tanaman yang lunak-lunak akan mengalami pembusukan dan baunya menjadi tidak enak.jika anggrek sudah terserang jenis penyakit ini,maka bisa di pastikan tidak akan bertahan lama dan layu seterusnya mati.

Demikian sedikit penjelasan 3 jenis penyakit tanaman bunga anggrek yang paling mematikan.semoga bisa berguna dan bermanfaat.Jangan lupa Baca juga Melebatkan Bunga Anggrek Dengan Teknik Repotting

Advertisement
3 Jenis Penyakit Anggrek Paling Mematikan | admin | 4.5