4 Jenis Hama Anggrek Paling Mematikan

4 Jenis Hama Anggrek Paling Mematikan – Hama yang menyerang tanaman bunga anggrek ada berbagai bentuk. Setiap hama akan menyerang bagian anggrek yang berbeda-beda. Apa-apa saja jenis hama yang sering menyerang tanaman anggrek? Jenis hama yang sering menyerang anggrek diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisement

Hama anggrek Tungau

Tungau merupakan hama yang paling sering menyerang anggrek. Jika ingin melihat tungau secara jelas, maka bsia menggunakan kaca pembesar. Dengan begitu, tungau akan terlihat dengan jelas.

Mengingat tubuh tungau yang kecil membuat mata tidak bisa melihat secara jelas. Tungau sering menyerang anggrek pada musim kemarau. Musim kemarau merupakan musim dimana tungau berkembangbiak dan menyerang anggrek.4 Jenis Hama Anggrek Paling Mematikan

Tungau terbagi atas beberapa jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Hama anggrek Tungau jingga

Tungau jingga memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu sekitar 0,4 mm. Sesuai dengan namanya, tungau ini memiliki badan berwarna jingga. Jenis anggrek yang paling sering diserang oleh tungau jingga adalah anggrek Dendrobium dan anggrek Phalaenopsis.simak juga Teknik Repotting Tanaman Bunga Anggrek

Bagaimana ciri-ciri anggrek yang terserang tungau jingga ini? Ciri-ciri anggrek yang terserang tungau jingga adalah daun anggrek menjadi kering. Selain itu, serangan tungau ini akan berakibat tubuh dari anggrek akan menjadi kerdil.

Untuk meneliti adanya tungau jingga bisa menggunakan kaca pembesar. Bagaimana cara mengendalikan tungau jingga apabila sudah menyerang anggrek? Apabila penyerangan tungau jingga tidak terlalu besar,

Advertisement

Maka bisa menggunakan selotip yang direkatkan pada bagian daun yang ada tungau jingganya. Dan apabila penyerang tungau jingga sudah terlampau besar maka bisa menggunakan cairan insektisida dengan dosis yang telah dianjurkan.

Hama Anggrek Tungau merah

Ukuran tungau merah lebih kecil daripada tungau jingga, yaitu berukuran 0,2 mm. Tungau ini berwarna merah. Apabila diteliti dengan kaca pembesar maka ditemukannya tungau merah ini dibagian daun anggrek. Baik itu dibagian atas maupun bagian bawah daun anggrek.Baca juga Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Sehat

Gejala apa saja yang ditimbulkan ketika tungau merah menyerang anggrek? Gejala yang ditimbulkan adalah munculnya bercak-bercak putih pada bagian bawah daun. Sedangkan pada bagian atas daun timbulnya warna kuning.

Jika dibiarkan saja, tungau merah ini akan mengakibatkan daun anggrek menjadi mati dan gugur. Cara mengendalikan tungau merah sama dengan mengendalikan tungau jingga.

Hama anggrek Ulat daun

Ulat daun juga merupakan hama yang sering menyerang tanaman anggrek. Anggrek yang sering diserang oleh ulat daun adalah anggrek Phalaenopsis, anggrek Dendrobium, anggrek Arunida, anggrek Phayus sp, dan anggrek Arachnis.

Ulat daun ini memiliki ukuran panjang 36 mm. Dapat dilihat dengan menggunakan mata dan tidak memerlukan alat bantu untuk melihat ulat daun ini.

Ulat daun biasanya menyerang bagian tunas dan bagian bunga anggrek. Bagaimana cara mengendalikan ulat daun? Apabila jumlah ulat masih sedikit, kurang lebih 6 ulat, maka pengendalian cukup dengan mengambil ulat daun kemudian dibunuh dengan menggunakan tangan.

Dan apabila jumlah ulat terlampau banyak maka bisa menggunakan cairan insektisida supaya pengendalian berlangsung secara cepat dan ulat daun tidak menyerang anggrek lainnya.demikian 4 jenis hama anggrek paling mematikan jika tidak di lakukan pengendalian dengan cepat.semoga bisa berguna artikel  terkait Pengendalian Hama Pada Bunga Anggrek

Advertisement
4 Jenis Hama Anggrek Paling Mematikan | admin | 4.5