4 Jenis Pisang Yang Paling Banyak Khasiatnya

4 Jenis Pisang Yang Paling Banyak Khasiatnya – Buah pisang adalah buah yang paling banyak ditanam oleh orang Indonesia. Buah ini biasanya ditanam dipekarangan-pekarangan rumah karena tak memakan banyak tempat serta dapat berbuah dengan cepat. Selain itu, Buah pisang juga memiliki tekstur lembut dan mudah lumat ketika dimakan sehingga sangat baik untuk pencernaan.

Advertisement

Kelebihan lainnya adalah buah pisang yang dapat diolah menjadi berbagai olahan seperti brownies pisang, yogurt pisang dan lain sebagainya. Dibalik banyaknya olahan yang dapat dibuat dari pisang, pisang juga dapat digunakan sebagai sarana pengobatan..4 Jenis Pisang Yang Paling Banyak Khasiatnya

4 Jenis Pisang Yang Paling Banyak Khasiatnya

Akan tetapi tak semua jenis pisang dapat  digunakan sebagai pengobatan. Berikut 4 jenis pisang yang paling banyak khasiatnya :

Pisang raja

Pisang raja adalah salah satu jenis pisang yang paling banyak khasiatnya. Pisang yang memiliki buah legit tanpa biji ini memiliki sejuta manfaat. Misalnya saja air dari perasan bonggol pisang raja yang dapat diminum untuk menetralkan racun ular berbisa.

Pisang ambon

Tak hanya memiliki buah berukuran jumbo dan manis legit, pisang ambon memiliki manfaat besar yang sangat jarang diketahui. Bunga pisang ambon dapat dijadikan sebagai alat kontrasepsi dengan cara direbus kemudian diminum 7 hari berturut-turut setelah masa menstruasi.

Advertisement

Sedangkan buahnya berkhasiat untuk melancarkan buang air besar dan mengobati sakit mata jika dikonsumsi setiap hari.

Pisang klutuk

Jenis pisang yang paling banyak khasiatnya selanjutnya adalah pisang klutuk. Jenis pisang yang buahnya biasa dijadikan bahan campuran rujak petis ini ternyata dapat menyembuhkan penyakit kronis.

Bagian kulit  pisang klutuk yang diambil airnya dan kemudian diembunkan satu malam dapat digunakan untuk mengobati sariawan usus. Khasiat lainnya adalah campuran kulit pisang klutuk mentah dengan adas pulosari dan gula jawa yang dapat mengobati ambien.

Tak hanya itu yang membuat pisang klutuk termasuk dalam jenis pisang yang paling banyak khasiatnya karena air perasa bonggol pisang jenis ini juga dapat mengobati cacar air jika diminum bersama adas pulosari.

Pisang mas

Pisang mas memliki bentuk mungil serta rasanya yang snagat manis. Pisang jenis ini memiliki kulit yang sangat tipis hampir menyerupai pisang ulin.

Sayangnya, salah satu jenis pisang yang paling banyak khasiatnya ini sudah sangat jarang ditemukan. Padahal pisang mas sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit pencernaan terutama penyakit kuning.

Selain manfaat pisang bagi penyembuhan diatas, masih banyak lagi khasiat yang terkandung dalam pisang terlepas dari jenis pisang termasuk dalam jenis pisang yang paling banyak khasiatnya atau tidak.

Baca Juga: 4 Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

Ini dikarenakan semua jenis pisang memiliki kandungan potasium untuk meredakan stress, Vit B, Vit C, Vit A dan antioksidan yang sangat baik untuk memperkuat sistem imun dan menangkal radikal bebas.sekian 4 Jenis Pisang Yang Paling Banyak Khasiatnya semoga bis membantu..salam..

Advertisement
4 Jenis Pisang Yang Paling Banyak Khasiatnya | admin | 4.5