4 Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

4 Manfaat Pisang bagi Ibu Hamil – Manfaat buah pisang bagi ibu hamil ini wajib diketahui oleh para ibu-ibu yang tengah mengandung. Buah pisang adalah buah murah meriah akan tetapi memiliki rasa yang lezat.

Advertisement

Buah pisang juga bukanlah buah musiman sehingga sangat mudah didapat kapanpun. Selain itu, buah pisang memiliki berbabagai kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.4 Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

4 Manfaat Pisang bagi Ibu Hamil

Berikut beberapa manfaat buah pisang bagi ibu hamil yang akan membuat anda gemar mengkonsumsi buah manis ini ketika mengandung.

Menambah stamina

Pisang sudah lama dikenal sebagai sumber kalori tinggi. Kalori yang terkandung dalam pisang sangat mudah diserap oleh tubuh. Karena itu, salah satu manfaat buah pisang bagi ibu hamil adalah untuk menambah stamina.

Tentu saja, manfaat pisang yang satu ini sangat bermanfaat karena selama mengandung ibu harus memiliki energi yang cukup guna menjamin nutrisi dan keberlangsungan hidup janin dalam kandungannya.

Melancarkan buang air besar

Saat hamil, terkadang wanita akan menalami konstipasi atau sulit BAB yang memaksa ibu hamil harus sedikit mengejan saat buang air besar.

Akan tetapi disisi lain wanita yang sedang hamil tidak boleh mengejan terlalu keras karena dikhawatirkan dapat menimbulkan kontraksi rahim. Masalah seperti ini bisa ditangani dengan makanan yang mengandung banyak serat seperti buah dan sayuran.

Advertisement

Salah satu makanan kaya serat yang sangat menyehatkan yaitu pisang. Manfaat buah pisang bagi ibu hamil tidak hanya dapat mengatasi masalah kesulitan BAB saja, akan tetapi serat didalamnya juga mampu melancarkan pencernaan dan menyehatkan usus serta lambung.

Mencegah anemia

Volume darah saat  hamil akan bertambah, baik dari segi eritositnya maupun plasmanya. Pertambahan volume darah ini akan menyebabkan penurunan kadar Hb sehingga dapat menimbulkan anemia.

Pada kondisi seperti ini manfaat buah pisang bagi ibu hamil sangatlah besar. Pisang mengandung zat besi yang sangat baik untuk meningkatkan hb sebagai bentuk pencegahan anemia yang dapat meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Mengatasi stres

Ketika ibu hamil mengalami stress, maka dampak yang sangat buruk dapat dirasakan oleh janin. Stress pada ibu hamil dapat menghalangi tersalurkannya nutrisi pada janin. Selain itu, hormon yang mendukung perkembangan janin juga akan ikut terhambat selama ibu hamil mengalami stress.

Dampak stress yang sedemikian banyak ini dapat diatasi hanya dengan mengkonsumsi buah pisang. Manfaat buah pisang bagi ibu hamil untuk mengatasi stress ini tak lepas dari kandungan potasium di dalamnya. Potasium dalam pisang bermanfaat untuk menstabilkan irama jantung dan juga mengatur keseimbangan oksigen dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pisang Yang Harus Anda Ketahui

Untuk mendapatkan 4 manfaat buah pisang bagi ibu hamil diatas, lebih baik anda mengkonsumsi buah pisang yang tidak diolah terlebih dahulu. Selain itu pilihlah pisang yang benar-benar matang dan memiliki kulit mulus tanpa bintik.demikian 4 Manfaat Pisang bagi Ibu Hamil semoga berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisement
4 Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil | admin | 4.5