5 Fakta Menarik Tentang Bunga Wijayakusuma

5 Fakta Menarik Tentang Bunga Wijayakusuma – Bunga dengan nama latin Epiphyllum anguliger atau yang lebih dikenal dengan bunga wijayakusuma menjadi salah satu bunga langka yang keberadaannya di alam semakin sulit untuk ditemukan.

Advertisement

Mengingat kelangkaan yang menjadi ancaman terbesar akan kepunahan salah satu ragam hayati ini, bunga wijayakusuma mulai dilindungi di suaka alam.

Bunga ini memiliki ciri fisik yang khas dan unik, biasanya habitat hidup mereka ada di daerah pantai. Mereka biasa ditemukan menempel pada batu karang besar sepanjang pesisir pantai.5 Fakta Menarik Tentang Bunga Wijayakusuma

Selain ciri khas fisik yang unik, berikut 5 fakta tentang bunga wijayakusuma yang menarik dan mulai langka:

Bunga wijayakusuma bukan tanaman endemic

5 fakta tentang bunga wijayakusuma yang pertama, jika melihat nama bunga wijayakusuma, mungkin kita akan menerka jika bunga ini berasal dari jawa.

Namun pada kenyataanya, bunga ini bukanlah tanaman endemic milik Indonesia. Bunga ini aslinya berasal dari daratan amerika selatan tepatnya dari negara Venezuela.

Tanaman ini masuk ke Indonesia di bawa melalui proses perdagangan oleh para saudagar China ke Indonesia, yang dulu dikenal dengan nama Majapahit. Karena bentuk khas dari ciri fisiknya, bunga ini selanjutnya dibudidayakan secara besar-besaran di Indonesia.

Mekarnya bunga yang sulit untuk diprediksi

5 fakta tentang bunga wijayakusuma yang kedua, yakni tentang saat bunga ini mekar. Bunga yang memiliki kerabat dengan kaktus ini sangat sulit kapan waktu bunganya akan mekar.

Advertisement

Waktu mekar bunga ini diperkirakan pada malam hari dan ketika bunga wijayakusuma mekar maka akan mengeluarkan wangi atau bau harum yang menyerupai wangi bunga sedap malam.

Berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit

5 fakta tentang bunga wijayakusuma yang lainnya menyebutkan bahwa selain unik dan indah, bunga ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa bunga ini mampu mengobati berbagai penyakit diantaranya, menetralkan pembekuan darah, bisul, sebagai antiradang, mengobati luka abses, pendarahan, batuk, (tbc) tuberkolosis, muntah disertai darah, dan penyakit asma.

Berhubungan dengan penguasa masa silam

Bunga wijaykusuma dikaitkan-kaitkan memiliki hubungan dengan para penguasa nusantara masa silam. Dikalangan kraton Jogjakarta dan Surakarta khususnya, mereka sangat mempercayai hal ini.

Masyarakat setempat percaya jika bunga wijayakusuma ini mempunyai kekuatan magis oleh karena itu para raja masa silam diharuskan mempunyai bunga wijayakusuma yang ia tanam sendiri dengan tangannya.

Banyak mitos yang menyelimuti

Fakta ke 5 fakta tentang bunga wijayakusuma adalah mitos yang berkembang seputar bunga wijayakusuma di kalangan masyarakat menyebutkan jika siapa saja yang berhasil melihat bunga wijaya kusuma ini mekar, maka keberuntunganlah yang akan dia alami keesokan harinya.

Keberuntungan tersebut bisa berupa limpahan rezeki, kesehatan, kebahagiaan ataupun hal-hal baik lainnya. Memang sekalipun ada beberapa kesaksian yang mengatakan begitu, hal ini akan sulit jika kita cerna atau dilogika secara nalar sehat.

Nah itulah 5 fakta tentang bunga wijayakusuma yang eksotis dan indah, semoga hal-hal diatas bisa menambah wawasan anda mengenai bunga yang dianggap langka ini.

 

Advertisement
5 Fakta Menarik Tentang Bunga Wijayakusuma | admin | 4.5