5 Manfaat Buah Pisang Yang Harus Anda Ketahui

5 Manfaat Buah Pisang Yang Harus Anda Ketahui – Buah pisang banyak digemari oleh berbagai kalangan karena memiliki rasa manis dan juga tekstur lembut. Buah pisang sering dijadikan sebagai makanan wajib para atlet karena mengandung banyak kalori yang mampu diserap tubuh dengan cepat. Namun, manfaat buah pisang sebenarnya tidak terbatas pada sumber energi saja.

Advertisement

Ada banyak sekali manfaat buah pisang yang harus diketahui, antara lain :5 Manfaat Buah Pisang Yang Harus Anda Ketahui

Meningkatkan Daya Otak

Manfaat buah pisang yang sangat jarang diketahui adalah kemampuan pisang untuk meningkatkan konsentrasi. Pisang kaya akan kalium yang sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi otak. Hal ini didasarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah sekolah Twickehnham di Middlesex, Inggris.

Penelitian yang melibatkan 200 pelajar ini mengungkap bahwa penambahan satu buah pisang pada menu sarapan, makan siang dan juga makan malam dapat mempengaruhi hasil ujian yang berkaitan erat dengan konsentrasi otak.

Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin B yang mampu mengaktifkan sistem syaraf lebih lama sehingga otak tidak mudah lelah dan daya ingat juga akan semakin baik.

Mengurangi Stres

Manfaat buah pisang selanjutnya adalah mengurangi stres. Hal ini disebabkan oleh kandungan potasiun dalam pisang. Potasium ini akan bekerja menormalkan detak jantung, meningkatkan pasokan oksigen dan juga menjaga kelembapan tubuh.

Advertisement

Potasium sendiri adalah zat yang berkurang dalam tubuh ketika seseorang mengalami tekanan atau stress. Dengan bertambahnya kembali kadar potasium dalam tubuh, seseorang akan terhindar kemungkinan jantung berdebar hingga pikiran yang tidak jernih karena otak kekurangan pasokan oksigen.

Mencegah kanker

Buah pisang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan inilah yang mampu memberikan manfaat buah pisang untuk melawan sel kanker. Antioksidan akan melebur dalam sel dan melawan perumbuhan sel kanker.

Mengobati Maag

Buah pisang memiliki tekstur lembut dan akan segera halus ketika dikunyah. Tekstur pisang yang seperti ini sangat bersahabat bagi lambung dan usus. Pisang yang dimakan bersama susu juga mampu menetralkan asam lambung sehingga dapat menjadi solusi bagi penderita penyakit lambung dan tukak usus.

Gizi untuk Ibu Hamil

Manfaat buah pisang juga dapat dirasakan oleh ibu hamil dan janinnya. Buah pisang mengandung asam folat yang sangat baik untuk pemenuhan gizi ibu hamil. Buah pisang juga mampu merangsang pembentukan sel-sel baru yang mendukung kesempurnaan dalam pembentukan janin.

Selain itu, kalori pada buah pisang yang mudah diserap oleh tubuh juga dapat meningkatkan stamina pada ibu hamil.

Baca Juga: Panduan Lengkap Budidaya Pisang kepok

5 manfaat buah pisang diatas tentunya dapat anda peroleh jika mengkonsumsi buah pisang dalam jumlah yang wajar. Hal ini dikarenakan ada zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh seperti protein yang tidak dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah pisang.Demikian sedikit tulisan tentang 5 Manfaat Buah Pisang Yang Harus Anda Ketahui semoga bisa membantu dan berguna..salam..

 

Advertisement
5 Manfaat Buah Pisang Yang Harus Anda Ketahui | admin | 4.5