6 Cara Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang

6 Cara Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang – Agar tumbuh dengan baik, tampil secara prima dan berumur panjang semua tanaman memerlukan perawatan yang baik termasuk tanaman kaktus.

Advertisement

Sedangkan sebagai kunci utamanya, jika anda menanam dan merawat tanaman kaktus maka anda harus memberikan persyaratan yang diperlukannya supaya dapat tumbuh dan berkembang seperti yang diinginkan.

Persyaratan-persyaratan tersebut terkait dengan cahaya, media tanam, curah hujan, intensitas cahaya, kelembaban udara dan suhu.

Apabila salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi maka tumbuh kembang tanaman kaktus akan terhambat dan terganggu. Oleh sebab itu, persyaratan tersebut menjadi dasar atau pokok untuk merawatnya.6 Cara Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang

Sebagai tanaman yang tergolong langka, tanaman kaktus bisa memudar daya tariknya bahkan bisa mati dengan cepat jika tidak dirawat dengan benar.

Tak sedikit para pemilik tanaman ini yang kurang mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh kaktus sehingga kaktus tidak mendapatkan perawatan yang baik dan umurnya tidak panjang.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibagikan kepada anda tentang bagaimana cara merawat tanaman kaktus supaya sehat, tumbuh dan berkembang secara optimal dan berumur panjang. Inilah cara selengkapnya:

Penyinaran Tanaman kaktus

Sebenarnya kaktus berasal dari golongan daerah yang panas dengan 70% intensitas cahaya sinar matahari selama 6-8 jam perhari. Namun, ternyata kaktus lebih suka pada lokasi yang teduh dan tidak harus sepanjang hari terkena oleh sinar matahari.

Advertisement

Oleh karenanya, kini kaktus lebih banyak dibudidayakan dihalaman rumah yang beratap dan dirumah kaca. Rumah kaca berfungsi untuk menahan intensitas penyinaran dari cahaya matahari serta menahan laju air hujan yang nantinya akan mencegah air pot yang melimpah.

Media tanam

Media tanam yang disukai oleh kaktus adalah media yang kering dan tidak terlalu lama mengikat air. Kaktus akan mudah terserang oleh penyakit akar busuk jika drainase buruk.

Untuk mencegahnya, sterilkan media yang hendak digunakan terlebih dahulu. Untuk media yang telah padara atau tidak porous segera ganti dengan menggunakan media yang baru.

Dosis pemupukan

Berikan pupuk secara rutin dan dengan dosis yang telah ditentukan untuk memenuhi unsur hara yang dibutuhkan.

Penyiraman

Siram kaktus secara teratur minimal seminggu sekali, banyaknya air yang dipakai untuk menyiram dianggap cukup jika air telah keluar melalui pot lubang bagian bawah.

Kebersihan lingkungan

Selalu jaga kebersihan lingkungan kaktus untuk mencegah timbulnya penyakit dan hama seperti mencabut rumput disekitarnya.

Penyemprotan insektisida

Penyemprotan insektisida secara rutin bertujuan untuk mencegah serangan hama dan penyakit.  Lakukan penyemprotan pada pagi dan sore supaya obat dapat terserap dengan sempurna.

Bermacam jenis pestisida telah banyak dijual ditoko pertanian, namun perhatikan terlebih dahulu dosis penggunaan yang sesuai yang biasanya tertera dilabel kemasannya.  Semprot pula dengan fungisida saat akar dibersihkan untuk mencegah timbulnya jamur.

Seperti itulah keenam cara yang bisa anda aplikasikan untuk merawat tanaman kaktus agar panjang umurnya, tumbuh dengan baik dan tetap memiliki daya tarik yang indah. Selamat mencoba.

Advertisement
6 Cara Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang | admin | 4.5