Agar Pachypodium Tampil Cantik Unik Dalam Pot

Agar Pachypodium Tampil Cantik Unik Dalam Pot – Pachypodium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cocok diletakkan di ruangan terbuka maupuan di ruangan tertutup. Kesan eksotis yang dimiliki oleh pachypodium ini membuat cocok ditempatkan di mana saja.

Advertisement

Namun, untuk membuat pachypodium memiliki kesan yang eksotis itu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar agar pachypodium dapat memiliki kesan yang eksotis dan dapat menarik minat siapa saja yang melihatnya.

Agar pachypodium tampil eksotis ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan. Lantas, apa-apa saja tips tersebut? Marilah simak penjelasan di bawah ini.

Tanaman pachypodium termasuk jenis tanaman yang dapat ditanam di mana saja. Baik itu di dalam pot maupun di luar pot. Namun pada umumnya, para penghobis tanaman pachypodium lebih memilih untuk menanam pachypodium di dalam pot.

Agar Pachypodium Tampil Cantik Unik Dalam Pot

Agar Pachypodium Tampil Cantik Unik Dalam Pot

Dengan ditanam di dalam akan menambahkan nilai tambah tersendiri. Ditambah lagi pachypodium memiliki bonggol yang besar menggembung. Bonggol yang besar menggembung ini dapat lebih ditonjolkan lagi apabila ingin terlihat eksotis.

Dengan bonggol yang besar menggembung pachypodium lebih terkesan sudah berumur tua dan lebih alami.

Pachypodium yang berumur tua pada umumnya memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan pertumbuhan pachypodium yang sangat lama yang membuatnya dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Advertisement

Bonggol biasanya tidak akan naik secara sendiri. Jika menginginkan agar bonggol terlihat diatas pot maka angkatlah bonggol dari dalam media tanam yang ada di pot.

Setelah itu jangan lupa tanam kembali bonggol tetapi bagian bonggol yang ditanam tersebut hanya sedikit saja.

Tidak hanya bonggolnya saja yang perlu diperhatikan, tetapi pot yang digunakan pun harus diperhatikan. Usahakan antara tanaman dengan pot itu harus seimbang agar tidak ada kesan yang tidak seimbang.

Membuat cabang

Cabang yang ada pada pachypodium dapat dibentuk dengan cara melakukan pemangkasan. Tidak hanya untuk membentuk cabang saja, tetapi pemangkasan juga dapat bertujuan untuk memperindah tampilan tajuk.

Pemangkasan yang baik dapat dilakukan pda saat masa pertumbuhan berlangsung. Jangan pernah membuat cabang pada saat masa dorma karena cabang tidak akan muncul lebih dari satu.

Melakukan pemangkasan juga tidak boleh sembarangan. Cara melakukan pemangkasan yang benar adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan pisau yang tajam dan steril serta tanaman yang akan dipangkas.
  2. Setelah itu batang dapat dipangkas dengan menggunakan pisau yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  3. Bekas pangkasan dapat diolesi dengan fungisida. Tujuannya agar luk akibat potongan dapat cepat sembuh serta cabang baru dapat segera tumbuh.
  4. Tanaman dibiarkan selama beberapa hari. Setelah beberapa hari kemudian, berikan hormon perangsang pertumbuhan cabang baru sesuai dengan dosis. Pemberian hormon ini dapat dilakukan seminggu kemudian.

Itulah cara Agar Pachypodium Tampil Cantik Unik Dalam Pot semoga bisa membantu,berguna dan bermanfaat..Baca juga

Advertisement
Agar Pachypodium Tampil Cantik Unik Dalam Pot | admin | 4.5