Biologi Morfologi Kelapa Sawit Lengkap

Biologi Morfologi Kelapa Sawit Lengkap – Berbicara mengenai kelapa sawit, siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini. Tanaman yang dikenal dapat menghasilkan minyak ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Advertisement

Hampir seluruh kalangan masyarakat tahu yang namanya tanaman kelapa sawit. Sebab, kelapa sawit telah menyebar hingga keseluruh pelosok dunia.

Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai biologi kelapa sawit saja. Kelapa sawit merupakan tanaman yang berasal dari negara Afrika.

Awalnya kelapa sawit hanya menyebar di kawasan Afrika saja, namun lama kelamaan tanaman kelapa sawit menyebar keseluruh pelosok dunia termasuk Indonesia.

Tanaman dengan nama latih Elaeis guineensis ini masih termasuk kerabat dekat tanaman kelapa. Tanaman kelapa sawit memiliki organ vegetatif.

Biologi Morfologi Kelapa Sawit Lengkap

Biologi Morfologi Kelapa Sawit Lengkap

Apa-apa saja organ vegetatif yang dimiliki oleh kelapa sawit? Organ vegetatif yang dimiliki oleh kelapa sawit diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Akar

Tanaman kelapa sawit memiliki perakaran serabut. Perakaran serabut yang dimiliki oleh kelapa sawit terdiri dari perakaran kuarterner, perakaran tersier, perakaran sekunder, serta perakaran primer. Seperti perakaran pada umumnya, perakaran pada tanaman kelapa sawit fungsinya untuk menyerap air yang ada di dalam tanah.

Bukan hanya air saja yang diserapnya tetapi unsur hara yang terdapat di tanah juga diserap oleh perakaran tanaman kelapa sawit.

Akar juga berfungsi untuk menunjang batang agar dapat berdiri dengan kokoh. Tanpa adanya akar, batang tidak dapat berdiri dengan kokoh.Tulisan terkait lain Panen Durian Di Pekarangan Rumah Berapa Bulan

Advertisement
  • Batang

Batang merupakan salah satu bagian organ vegetatif tanaman kelapa sawit. Batang kelapa sawit memiliki ukuran tinggi 50-60 cm serta diameter batangnya 30-70 cm. Semakin lama, biasanya batang kelapa sawit akan semakin meninggi.

Jika batang tanaman kelapa sawit sudah tidak tumbuh meninggi lagi, itu artinya tanaman kelapa sawit tersebut sudah tidak termasuk tanaman aktif lagi.

Pertumbuhan batang yang baik jika pertambahan tinggi batang per tahunnya rendah. Jika pertumbuhan batangnya per tahun tinggi, berarti umur ekonomis dari tanaman akan memendek.

  • Daun

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa tanaman kelapa sawit merupakan kerabat dari tanaman kelapa. Otomatis, ada kemiripan antara tanaman kelapa dengan tanaman kelapa sawit.

Salah satu kemiripannya ada di daunnya. Antara daun tanaman kelapa dengan daun tanaman kelapa sawit sangat mirip. Daun kelapa sawit merupakan daun majemuk.Baca juga Penyakit Pohon Durian Bibit Maupun Dewasa Berbahaya

  • Bunga

Tanaman kelapa sawit termasuk jenis tanaman berumah satu. Maksud dari tanaman berumah satu adalah antara bunga betina dan bunga jantan ada di satu pohon. Berbeda dengan tanaman lainnya, antara bunga jantan dan bunga betina tidak di satu pohon.

  • Buah

Tanaman kelapa sawit memiliki buah. Dalam satu pohon, terdapat beberapa tandan. Tandan-tandan tersebut terbagi lagi atas beberapa bronolan.

Dalam satu tahun, tanaman kelapa sawit yang masih muda dapat menghasilkan kurang lebih 21 tandan. Sedangkan untuk tanaman kelapa sawit yang sudah tua dapat menghasilkan kurang lebih 13 tandan.

Mungkin ini tulisan malam ini seputar Biologi Morfologi Kelapa Sawit Lengkap jangan lupa baca juga Cara Menanam Jagung Manis Bonanza F1 Panduan Lengkap

Advertisement
Biologi Morfologi Kelapa Sawit Lengkap | admin | 4.5