Budidaya Tanaman Bonsai Ala Rumahan

Budidaya Tanaman Bonsai-Bonsai merupakan tanaman kerdil, imut, dan bernilai seni sehingga memiliki harga jual yang begitu mahal. Hal ini tidak lain karena budidayanya yang membutuhkan keterampilan tertentu dalam proses budidayanya. Apabila anda berminat untuk budidaya tanaman bonsai anda bisa menyimak informasi berikut:

Advertisement
  1. Pemilihan bibit tanaman bonsai

Dalam proses budidaya tanaman bonsai maka yang harus anda perhatikan adalah proses pemilihan bibit yang berkualitas yakni yang mempunyai daun berwana hijau,  sehat dan kebal terhadap serangan hama penyakit.

Akan lebih baik lagi jika bibit tersebut berasal dari cangkokan dan stek. Memiliki banyak akar lateral namun tidak berakar tunggang.Budidaya Tanaman Bonsai Ala Rumahan

Tanaman yang bisa anda bonsai antara lain: beringin, asam jawa, sawo, kamboja, crème, dlll. Pilihlah tanaman yang mempunyai percabangan yang indah sehingga akan memikat perhatian dan bernilai ketika dibentuk.

Selain itu tumbuhan tersebut mempunyai diameter yang berukuran besar sehingga begitu mirip dengan tanaman besar yang dikerdilkan.

  1. Pemilihan pot tanaman

Dalam budidaya tanaman bonsai pemilihan pot sebagai media penanaman tanaman bonsai harus anda lakukan. Anda bisa memberikan lapisan berupa kerikil kecil pada dasar pot yang kemudian diberikan tanah diatasnya.

Kurangi akar bakalan bonsai sebelum ditanam dalam tanah supaya sesuaik dengan ukuran pot baru bonsai bisa dipindah menuju pot yang telah anda siapkan.

Advertisement

Tata cara penanaman bonsai yang tepat ialah dengan melakukan pemindahan media tanam terlebih dahulu baru kemudian bakalan bonsai dengan posisi yang benar. Sesudah itu baru memasukkan media tanam yang tersisa. Lalu anda dengan telapak tangan dan ujung jari ansa bisa memadatkan media tanam.

  1. Pembentukan dan pemangkasan bonsai

Dalam budidaya tanaman bonsai ada hal yang wajib anda lakukan untuk medapatkan bentuk bonsai sesuai dengan yang anda harapkan yakni denga pembentukan dan pemangkasan tanaman bonsai.

Sebaiknya anda melakukan pemangkasan pada pangkal percabangan agar pengeringan tidak terjadi dan mengontrol pertumbuhan cabang supaya tidak terlampau cepat.

Lakukan pemangkasan akar bonsai dengan arah menyamping supaya pertumbuhan dapat diperbayak baru bisa mengaplikasikan teknik pengawatan yang dilakukan dengan hati-hati untuk membentuk ranting, batang da cabang. Anda juga bisa memilih bentuk bonsai sesuai keinginan apakah tegak berliku, miring maupun tegak lurus.

  1. Proses merawat tanaman bonsai

Bonsai merupakan tumbuhan yang membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap tumbuh dan tidak mati. Sesudah bonsai bisa tumbuh tugas anda adalah mengamati pertumbuhannya mulai dari ranting, batang, cabang dan dahannya.

Dalam budidaya tanaman bonsai, apabila cabang dan dahannya tumbuh dengan lebat dan berlebih anda sesegera mungkin melakukan pemangkasan secara teratur agar tidak mengurangi keindahan dan supaya bonsai tidak menyimpang.

Dahan yang terlalu rimbun dan ranting yang tumpang tindih harus dihilangkan. Anda juga harus rutin memberikannya pupuk baik pupuk kimia, pupuk kompos, pupuk kandang, dll dalam setahun sebanyak 3 kali untuk pupuk kimia. Dan senantiasa disirami setiap hari.

Dengan teknik yang benar dan telaten budidaya tanaman bonsai bisa semakin sukses dan memiliki bentuk yang bagus. Selamat mencoba.

Advertisement
Budidaya Tanaman Bonsai Ala Rumahan | admin | 4.5