Mitos Di Balik Bunga Mawar Hitam

Mitos di balik bunga mawar hitam – Mawar merupakan sebuah tanaman hias dari genus rose sekaligus menjadi nama bunganya dimana batangnya berduri disertai dengan bunga yang memiliki warna-warna indah.

Advertisement

Pada awalnya, tanaman mawar berasal dari dataran Eropa Timur, kemudian merambah ke dataran Cina, Timur Tengah dan sekarang ini sudah menyebar di seluruh penjuru bumi.

Di Indonesia sendiri, bunga mawar yang sering kita jumpai yaitu mawar merah, mawar putih, mawar merah muda dan lain sebagainya.Saat ini orang-orang banyak yang ingin berburu bunga mawar hitam.

Bagi sebagian besar orang, Kalau mendengar kata mawar hitam, pasti yang terlintas di benak mereka bahwa mawar hitam itu hanya sebuah fiksi belaka.Mitos Di Balik Bunga Mawar Hitam

Tahukah Anda bahwa bunga mawar hitam itu memang benar-benar ada. Jika Anda tidak percaya, Anda bisa mencari habitat bunga mawar hitam.

Anda bisa menemuinya di pedalaman hutan dengan suhu yang sangat dingin, sedikit sekali mendapatkan sinar matahari serta curah hujan di sekitar hutan cukup tinggi.

Warna bunga mawar hitam bukanlah hitam pekat melainkan warna dari bunga mawar tersebut yaitu merah dimana intensitas warna merahnya sangat pekat.

Advertisement

Warna merah pekat pada bunga mawar hitam dipengaruhi karena sedikitnya intensitas cahaya matahari yang diperoleh bunga mawar merah dan mengakibatkan terjadinya penumpukan kadar antosianin sehingga tidak bisa teroksidasi atau terurai.

Didukung pula dengan suhu yang dingin mengakibatan keterlambatan penguraian atau reaksi metabolisme sehingga warna yang diperoleh tidak mudah pudar. Itulah mengapa bunga mawar hitam hanya ditemui di pedalaman hutan.

Tidak hanya di pedalaman hutan saja, ternyata mawar hitam juga bisa ditemui di negara Turki. Mawar hitam tumbuh alami dan subur di negara ini, tepatnya yaitu di wilayah Halfeti. Hal ini dikarenakan tanah di wilayah Hafeti berbeda dengan daerah yang lain.

Selain itu dipengaruhi pula dengan adanya sungai Efrat sehingga terbentuklah pigmen alami berupa anthocyanin yang merupakan kandungan warna alami yang dimiliki oleh blueberry dan raspberry.

Kandungan inilah yang menciptakan warna bunga mawar berwarna magenta tua atau ungu tua, dimana warna tersebut hampir mendekati warna hitam asli.

Apabila Anda ingin melihatnya, Anda harus siap untuk merogoh kocek yang dalam karena bunga mawar hitam yang asli berada di Turki. Ketika Anda akan berkunjung ke sana, Anda juga harus tahu pada bulan apa bunga mawar hitam akan mekar.

Di negara Turki, mawar hitam hanya akan mekar dua kali dalam satu tahun yaitu pada musim gugur dan musim semi. Bunga mawar hitam hanya bisa mekar dalam waktu yang relatif singkat yakni hanya 15 hari saja. Tetapi ketika musim panas tiba, warna hitam pada bunga mawar itu akan pudar begitu saja.

 

Advertisement
Mitos Di Balik Bunga Mawar Hitam | admin | 4.5