Cara Budidaya Belimbing Khusus Pemula

Cara Budidaya Belimbing Khusus Pemula – Belimbing buah yang cukup digemari karena rasanya yang manis dan banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda. Banyak orang menanam buah belimbing di pekarangan rumah ataupun halaman dalam sebuah pot besar. Tapi tahukah anda budidaya buah belimbing juga merupakan tanaman yang menghasilkan uang?

Advertisement

Hal ini karena buah belimbing menghasilkan buah yang banyak dan manis, sehingga banyak yang menjual buah belimbing dari hasil pekarangan mereka. Selain itu pembudidaya tidak perlu susah-susah dalam perawatannya. Berikut cara-cara budidaya dan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menanam buah belimbing.Cara Budidaya Belimbing Khusus Pemula

Cara Budidaya Belimbing Khusus Pemula

Pengolahan tanah merupakan langkah pertama yang sangat menjadi penentu kualitas hasil dan pertumbuhan budidaya buah belimbing. Pertama cangkul atau dibajak tanah yang akan ditanami dengan mesin maupun cangkul tradisional.baca Juga Cara Membuat Manisan Belimbing Wuluh Segar

Setelah pencangkulan buat ukuran lubang untuk tanaman dengan ukuran 60 x 60 x 50 dengan jarak setiap lubangnya 5 sampai 5 meter per lubang. Dan jangan lupa tambahkan selokan di setiap samping lahan.

Pisahkan tanah dari hasil galian lubang, tanah lubang atas dan tanah lubang yang bagian bawah buat setebal 30 cm. Setiap lubang tanaman diisi dengan pupuk kandang/ kompos dengan jumlah 40 kg setiap lubang. Campur dengan tanah bagian bawah yang sudah dipisah tadi dengan pupuk kompos dan lakukan pada setiap lubang.

Biarkan lubang-lubang tanam tersebut selama satu sampai tiga minggu untuk membuat tanah yang bagus dalam budidaya buah belimbing.

Advertisement

Penyiapan bibit belimbing dan penanaman bibit

Usahakan membeli bibit dengan varietas unggul/ baik untuk budidaya buah belimbing. Varietas unggul memiliki ciri-ciri seperti buahnya bermutu bagus, jumlah produksi buahnya banyak dan mampu  beradaptasi di lahan-lahan yang baru, mampu bertahan pada cuaca yang ekstrim dan tahan penyakit.

Selain itu bibit didapat dari pencangkokan pucuk tanaman, tidak cacat, dan satu varietas atau satu jenis jangan bercampur dan jangan dari hasil tanaman persilangan.Penanaman dalam budidaya buah belimbing dilakukan jika bibit buah belimbing sudah mencapai tinggi tanaman sekitar 50- 100 cm.Baca Juga Ciri buah Kelengkeng Mampu Berbuah lebat

Bila bibit yang sudah disiapkan masih dalam polibag/ plastik, sebelum dimasukkan atau  dipindah pada lubang tanam hilangkan plastik atau polibagnya.

Posisi bibit buah belimbing haruslah dalam posisi tegak lurus dan tanam dengan menekan kuat kearah bawah, timbun dengan tanah yang lapisan atas yang sudah dipisah tadi. Untuk menghindari angin yang kencang tambahkan kayu untuk menahan pohonnya, hal ini juga menghindarkan tanaman dari stress.

Pemeliharaan tanaman buah belimbing

Dalam pemeliharaan budidaya buah belimbing penyiraman dilakukan pagi dan sore. Dan ketika usia tanaman mencapai 3 bulan tambahkan pupuk pabrik, dan lakukan setiap 3 bulan sekali agar mendapatkan buah yang lebat dan berkualitas.

Lakukan pengecekan terhadap hama seperti ulat. Dan lakukan pembungkusan saat tanaman sudah berbuah, bungkus buah dengan plastik bening dan beri sedikit kelonggaran pada pembungkusan buah.demikian dan jangan lupa baca juga Manfaat dan Pantangan Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Advertisement
Cara Budidaya Belimbing Khusus Pemula | admin | 4.5