Cara Budidaya Cabai Dalam Polybag

Cara Budidaya Cabai Dalam Polybag – Budidaya cabai saat ini bisa anda lakukan tanpa harus menggunakan media tanah secara langsung. Namun, anda bisa menanamnya menggunakan polybag.

Advertisement

Dengan ini, akan memudahkan anda pula dalam proses perawatannya. Budidaya cabai menggunakan polybag bisa anda lihat cara lengkapnya sebagai berikut.

Persiapkan bahan untuk menanam cabai

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk budidaya cabai dalam polybag adalah seperti benih cabai, polybag, tanah dan juga pupuk.

Pemilihan benih

Pemilihan benih bisa anda lakukan dengan cara membeli benih cabai dengan kualitas yang baik atau juga bisa dengan cara membuat benih sendiri. Caranya yaitu, pilihlah cabai yang sudah tua dan matang dengan sempurna,Cara Budidaya Cabai Dalam Polybag


Kemudian lihat jangan sampai terlihat adanya sumber penyakit pada benih tersebut lalu keluarkan isi cabai tanpa merusak biji cabai tersebut, setelah itu bersihkan dan rendam dengan air, pilihlah cabai yang tenggelam saja. Kemudian keringkan hanya dengan dianginkan saja jangan sampai terkena matahari langsung.

Persiapkan media tanam

Media tanam yang sudah disiapkan yaitu tanah dan juga pupuk, anda bisa menambahkan dengan sekam padi atau yang lainnya. Perbandingannya yaitu 2:1:1, setelah itu campurkan media tanam tersebut hingga rata dan halus. Jangan sampai ada yang masih menggumpal.

Advertisement

Menanam cabai dalam polybag

Setelah media yang dicampurkan sudah halus, masukkan ke dalam polybag sekitar ¾ dari polybag tersebut. Dan buatlah lubang sekitar 7cm untuk menanam cabai.Simak Juga Budidaya Cabai Rawit 5 Kali Tanam Dalam Setahun

Setelah semua polybag siap, budidaya cabai siap ditanamkan dalam polybag yang sudah tersedia. Lalu tambahkan pupuk kompos untuk menutupnya. Dan berilah siraman air untuk menjaga kelembapan suhu tanah pada polybag tersebut.

Perawatan budidaya cabai dalam polybag

Setelah anda selesai melakukan penanaman cabai dalam polybag, lakukan perawatan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dengan cara menyirami cabai setiap pagi dan sore, kemudian anda dapat menambahkan media pupuk setiap sebulan sekali.

Perhatikan pula bila ada rumput yang bersemayam dalam tanaman cabai di polybag karena itu juga akan jadi faktor penghambat perkembangan cabai.

Dapatkan hasil terbaik

Setelah anda melakukan perawatan yang baik untuk tanaman cabai anda, anda sudah dapat menuai hasilnya. Untuk usia cabai yang siap panen sendiri berbeda-beda, tergantung dari jenis cabai yang ditanam dan juga lingkungan yang digunakan untuk menanam cabai.

Cabai paling tepat dipanen waktu cabai sudah berwarna merah segar dan masih memiliki garis hijau pada buah cabainya.

Itulah cara yang dapat anda lakukan untuk budidaya cabai didalam polybag. Cukup  mudah bukan untuk anda lakukan? Jika anda hanya ingin menanam untuk kebutuhan sendiri, ini juga sangat mudah dilakukan di rumah.Sekian semoga bisa berguna.Baca Juga 6 Manfaat Cabai Yang Harus Anda Ketahui

Advertisement
Cara Budidaya Cabai Dalam Polybag | admin | 4.5