Cara Budidaya Jamur Merang Panduan Pemula

Cara Budidaya Jamur Merang Panduan Pemula – Budidaya Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Rasanya yang khas membuat jamur merang disukai oleh sebagian orang. Nama jamur merang telah ada sejak dahulu dan kepopuleran jamur merang tidak pernah pudar.

Advertisement

Karena kepopulerannya tersebut, jamur merang kini telah di budidayakan. Membudidayakan jamur merang memang sulit. Karena kesulitan membudidayakan jamur merang membuat tidak semua orang bisa membudidayakan nya.

Hanya orang-orang tertentu dan memiliki modal besar saja yang bisa membudidayakan jamur merang. Membudidayakan jamur merang juga harus mempunyai modal besar.

Jadi, apabila Anda ingin membudidayakan jamur merang, maka Anda harus memiliki modal yang besar dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai budidaya jamur merang.Cara Budidaya Jamur Merang Panduan Pemula

Jamur merupakan jenis tanaman yang telah ada sejak dahulu. Jamur telah dikenal oleh masyarakat dunia dari dulu hingga sekarang. Kepopuleran jamur tidak pernah pudar. Jamur memiliki bentuk yang khas. Bentuk yang khas tersebut membuat orang menjadi tidak mudah untuk melupakan jamur. Menurut jenisnya, jamur terbagi atas dua macam, yaitu jamur beracun dan jamur tidak beracun.

Jamur beracun merupakan jenis jamur yang tidak bisa dikonsumsi. Jamur beracun juga memiliki beberapa jenisnya. Sedangkan jamur tidak beracun merupakan jenis jamur yang bisa dikonsumsi dan tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Jamur tidak beracun juga memiliki berbagai jenis. Diantaranya seperti jamur merang.

Cara Budidaya Jamur Merang Panduan PemulaCara Budidaya Jamur Merang Panduan Pemula

Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang dapatdikonsumsi. Jamur merang telah dikenal dari dulu hingga sekarang. Orang-orang dulu sudah banyak yang membudidayakan jamur merang ini. Tidak hanya itu, saat ini juga banyak yang membudidayakan jamur merang.simak juga Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula

Budidaya jamur merang bukanlah hal yang mudah. Namun jika dijual harganya tidaklah murah. Bagaimana cara membudidayakan jamur merang? Cara membudidayakan jamur merang adalah sebagai berikut.

Bagaimana budidaya jamur merang yang baik itu? Budidayakan jamur merang yang baik adalah sebagai berikut.

Syarat tumbuh jamur merang

Syarat tumbuh bagi tanaman jamur merang adalah sebagai berikut.

  • Jamur merang tumbuh pada suhu 29-33 derajat celcius.
  • Kelembapan yang dibutuhkan bagi jamur merang adalah 85%.
  • Serta pH tanah yang dibutuhkan bagi jamur merang adalah 6,9.

Ada beberapa tahapan ketika membudidayakan jamur merang. Tahapan membudidayakan jamur merang adalah sebagai berikut.Artikel terkait Waktu Umur Panen Bawang Merah Budidaya

  • Media Tanam Untuk Jamur MerangCara Budidaya Jamur Merang Panduan Pemula

Media tanam sangat berguna bagi berlangsungnya pelaksanaan budidaya jamur merang. Media tanam yang digunakan untuk budidaya jamur merang haruslah yang bersih supaya tidak terkontaminasi oleh bakteri yang akan menghambat pertumbuahan jamur merang kedepannya. Apa-apa saja media tanam yang dibutuhkan ketika ingin membudidayakan jamur merang? Media tanam yang harus dipersiapkan diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisement
  1. Kompos atau sisa pelapukan. Kompos yang digunakan contohnya seperti jerami padi atau kompos lainnya.
  2. Limbah kapas.
  3. Kapur organik.
  4. Bekatul.
  5. Pupuk urea.

Komposis media tanaman tersebut dicampur menjadi satu barulah bisa digunakan untuk membudidayakan jamur merang.

  • Tahap fermentasi

Apa tujuan dari tahap fermentasi? Tujuan dari tahap fermentasi adalah supaya proses pelapukan media tanam berupa jerami cepat terjadi. Bagaimana cara melakukan tahap fermentasi? Caranya adalah sebagai berikut.simak juga Cara Menanam Bayam Pot Polybag Pemula

  1. Potonglah jerami dengan panjang 12 cm.
  2. Campurlah dengan kapas sampai merata.
  3. Rendamlah di dalam air selama satu hari penuh.
  4. Setelah seharian penuh di rendam, selanjutnya media ditiriskan.
  5. Letakkan media di atas lantai semen.
  6. Diamkan selama tujuh hari.
  7. Setiap dua hari sekali media dibolak balik.Cara Budidaya Jamur Merang Panduan Pemula

Itulah tahap fermentasi pada media tanam. Pada saat media tanam dipindahkan ke dalam rumah kumbung, sebaiknya media tanam yang telah difermentasi ditambahkan kapur pertanian sebanyak 3%, dedak sebanyak 11%, dadn urea sebanyak 2%.

  • Tahap sterilisasi

Tahap sterilisasi bertujuan agar media tanam bebas dari kuman dan bakteri. Biasanya media tanam rentan dihinggapi kuman dan bakteri. Apabila tidak dilakukan tahap sterilisasi, maka kuman dan bakteri akan lengket padda media tanam. Dengan begitu, pertumbuhan jemur menjadi terganggu.

Mempersiapkan bibit Jamur merang

Setelah mengetahui tentang syarat tumbuh bagi tanaman jamur merang, selanjutnya persiapkanlah bibit jamur merang.

Biasanya untuk budidaya jamur merang bibit yang digunakan adalah bibit F3 yang di kembangbiakkan di dalam rumah kumbung sehingga menjadi bibit F4. Bibit yang akan di budidayakan sampai siap panen adalah bibit F4.Baca Juga Cara Menanam Cabai Merah Pot Polybag

Tahap pembibitan ini haruslah Anda lakukan dengan baik. Pembibitan yang baik akan mendapatkan jamur merang yang berkualitas. Apabila pembibitan dilakukan dengan cara yang tidak baik, maka jamur merang yang akan dihasilkan tidak berkualitas.

Bibit yang baik biasanya memiliki ciri-ciri pada bagian miseliumnya telah tumbuh merata dan penuh. Selain itu, miseliumnya berwarna putih ketika di dalam botol pembibitan.

Jika Anda menemui bibit yang bagian miseliumnya tidak tumbuh dan tidak merata, maka jangan dipilih karena itu merupakan bibit yang tidak baik dan akan membuat tanaman jamur merang menjadi tidak berkualitas.

Sebelum menjadi bibit F4, perlu Anda ketahui bahwa bibit F3 merupakan bibit hasil biakan dari bibit F2. Satu bibit F2 akan menghasilkan sekitar 85-95 botol F3. Untuk membuat bibit F3, Anda harus membeli bibit F2 di toko petanian terdekat. Setelah membeli bibit F2 di toko pertanian terdekat barulah bibit F2 dapat dikembangbiakkan dan kemudian menjadi bibit F3.

Setelah menjadi bibit F3, selanjutnya bibit F3 dikembangbiakkan lagi menjadi bibit F4. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa bibit F4 inilah yang akan digunakan untuk membudidayakan jamur merang sampai siap untuk dipanen.

Usia panen Jamur merang

Pemanenan jamur merang dapat dilakukan ketika tudungnya belum berkembang. Jamur merang dapat dipanen pada saat berusia 11-13 hari setelah tebar bibit. Panen pertama akan menghasilkan sekitar dua atau tiga kilogram per meter perseginya.

Panen pertama memang hasilnya sedikit. Namun lama kelamaaan akan menghasilkan panen yang banyak.demikian baca Juga Cara Menanam Cabai Rawit Pot Polybag

Advertisement
Cara Budidaya Jamur Merang Panduan Pemula | admin | 4.5