Cara Budidaya Tanaman Hias Anggrek Pemula

Cara Budidaya Tanaman Hias Anggrek Pemula – Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digandrungi oleh berbagai macam kalangan. Akhir-akhir ini sudah mulai ada beberapa orang yang ingin budidaya tanaman anggrek.

Advertisement

Anggrek termasuk dalam tanaman benalu namun memiliki bunga yang indah, bau yang harum dan terkadang digunakan juga sebagai campuran untuk membuat obat-obatan, minyak wangi, dan minyak rambut. Tanaman anggrek sudah dikenal selama 200 tahun lalu.Cara Budidaya Tanaman Hias Anggrek Pemula

Berdasarkan tempat hidupnya, tanaman anggrek dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu:

  • Anggrek ephytis atau semi ephytis, yaitu tanaman anggrek yang hidupnya menempel di pohon menggunakan akarnya tetapi tidak merugikan pohon tersebut.

  • Anggrek tanah atau terrestis, yaitu tanaman anggrek yang hidupnya menggunakan media tanah.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang perlu diketahui apabila Anda ingin membudidaya tanaman anggrek, diantaranya adalah:

Pemilihan bibit tanaman anggrek

Cara budidaya tanaman anggrek pertama, ialah persiapkan bibit tanaman anggrek yang berasal dari persemaian bijinya. Bibit yang digunakan untuk membudidayakan tanaman anggrek harus sehat, baik, dan unggul.

Ciri-ciri tanaman anggrek yang sehat, baik, dan unggul yaitu pertumbuhannya pesat, bentuk batangnya kuat, bunganya lebat nan indah, serta daunnya juga subur.

Pembibitan bisa dilakukan menggunakan media botol yang telah disterilkan terlebih dahulu atau menggunakan media plastik. Setelah bibit berumur 9 – 12 bulan dan sudah tumbuh daun dan akarnya, barulah bibit tersebut dipindahkan ke dalam pot pembibitan yang berlubang dan memiliki ukuran 7 cm, 12 cm, atau 16 cm.

Proses pembibitan berikutnya membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan, jangan lupa untuk selalu memberikan pupuk organik.

Advertisement

Menentukan tempat untuk menanaman tanaman anggrek

Cara budidaya tanaman anggrek selanjutnya setelah penyemaian, barulah tanaman anggrek bisa ditanam berdasarkan tempat hidupnya.

Tanaman anggrek ephytis atau semi ephytis yaitu tanaman anggrek yang hidupnya menempel di pohon menggunakan akarnya tetapi tidak merugikan pohon tersebut dan untuk mencari makanan, anggrek jenis ini biasanya menggunakan akar udara.

Sedangkan untuk tanaman anggrek tanah atau terrestis, yaitu tanaman anggrek yang hidupnya menggunakan media tanah.

Memelihara tanaman anggrek

Dalam budidaya tanaman anggrek, hal yang perlu dilakukan untuk memelihara tanaman tersebut adalah sebagai berikut:

  • Melakukan penjarangan dan penyulaman, biasanya langkah ini diberlakukan untuk dua jenis tanaman anggrek yaitu jenis anggrek ephytis atau semi ephytis dan jenis anggrek tanah atau terrestis.

  • Melakukan penyiangan ketika tanaman anggrek berada di dalam botol lalu dipindahkan ke pot-pot pembibitan berikutnya

  • Dalam upaya budidaya tanaman anggrek, jangan lupa memberikan pupuk untuk tanaman anggrek dimulai dari proses pembibitan.

  • Melakukan penyiraman terhadap tanaman anggrek

  • Memberikan pestisida untuk melindungi tanaman anggrek dari hama. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada sore hari ketika pukul 5 dan dilakukan secara rutin selama 3 bulan sekali.

  • Letakkan tanaman anggrek berdasarkan intensitas cahaya yang dibutuhkan. Berdasarkan intensitas cahayana, tanaman anggrek dipecah lagi menjadi tiga jenis yaitu jenis yang pertama tanaman anggrek bisa tumbuh dengan subur apabila terkena sinar matahari secara langsung.

  • Jenis yang kedua adalah tanaman anggrek yang dapat tumbuh dengan maksimal jika setengah terngaung dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  • Jenis terakhir yakni tanaman anggrek yang tidak akan tumbuh baik apabila terkena sinar matahari, sehingga tanaman ini harus ditempatkan di lokasi yang teduh.

Itulah informasi seputar cara budidaya tanaman anggrek  yang perlu anda ketahui. Bagi Anda yang ingin membudidaya tanaman anggrek mungkin bisa segera untuk mencoba beberapa langkah di atas. Selamat mencoba.

 

Advertisement
Cara Budidaya Tanaman Hias Anggrek Pemula | admin | 4.5