Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting

Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting – Pemangkasan dapat dijadikan cara untuk mempercepat pembuahan dan melebatkan tanaman Buah. Ada beberapa tanaman yang dapat dipercepat pembuahan dengan pemangkasan. Beberapa diantaranya seperti lengkeng, mangga, durian, dan leci. Pemangkasan juga dapat membentuk tajuk baru yang lebih bagus lagi.

Advertisement

Setiap jenis tanaman berbeda-beda cara pemangkasannya. Dan cara pemangkasan pada setiap jenis tanaman adalah sebagai berikut.

Pemangkasan pada tanaman buah tahunan

Tanaman buah tahunan merupakan jenis tanaman yang berbuah setiap satu tahun sekali. Cara memangkas pada tanaman buah tahunan adalah dengan membentuk tajuk terlebih dahulu. Apabila tajuk telah terbentuk, selanjutnya pemangkasan dapat dilakukan pengurangan laju pertumbuhan vegetatif.

Pengurangan laju pertumbuhan vegetatif artinya untuk pertumbuhan tanaman dikurangi laju pertumbuhan. Untuk pertumbuhan tanaman lebih difokuskan kepada pertumbuhan generatif atau pertumbuhan pada buah.

Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting

Dengan begitu, buah pada tanaman tersebut akan tumbuh dengan lebih baik lagi tanpa harus unsur-unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan generatif dibagi untuk pertumbuhan vegetatif.Tulisan terkait Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat

Untuk melakukan pemangkasan pada tanaman buah tahunan, pangkaslah pada bagian ranting atau cabang yang tidak produktif lagi. Jangan pangkas pada ranting atau cabang yang masih berproduktif. Pada setiap tanaman tahunan, pemangkasan dilakukan dengan cara yang tidak sama. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara memangkas setiap tanaman yang berbeda.

Tanaman yang berbuah di cabang atau batang utama

Cara memangkas tanaman yang berbuah di cabang atau batang utama adalah dengan memangkas bagian atas tanaman saja. Tujuan dari pemangkasan bagian atas tanaman adalah supaya sinar matahari masuk ke dalam tajuk. Jika dibiarkan tidak dipangkas, sinar matahari tidak dapat masuk dan akhirnya proses fotosintesis menjadi terganggu karena tidak adanya sinar matahari yang masuk.

Tanaman yang berbuah di ujung ranting

Sama seperti tanaman yang berbuah di cabang atau batang utama, tanaman yang berbuah di ujung ranting pun perlu dipangkas pada bagian atas tanaman. Tujuannya untuk memasukkan sinar matahari ke dalam tanaman tersebut.

Cara melakukan pemangkasan adalah dengan mangkas tunas-tunas utama yang akan menjadi batang utama. Tunas muda tersebut akan menyerap unsur hara yang seharusnya untuk pertumbuhan generatif beralih menjadi ke pertumbuhan vegetaif.Baca juga Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot

Pemangkasan pada tanaman buah semusim

Pada tanaman buah semusim, cara pemangkasannya adalah dengan memangkas tunas yang akan membentuk cabang dan bakal buah. Ketika memangkas tunas tersebut, tidak semua tunas yang dipangkas. Sisakan sekitar dua atau tiga tunas yang akan membentuk cabang dan bakal buah.

Pilih tunas yang tidak di pangkas di bagian ruas tengah. Tujuan dari pamangkasan pada tunas adalah supaya hasil fotosintesis yang dilakukan oleh daun disalurkan ke bakal buah saja. Sedangkan jika pemangkasan tunas tidak dilakukan, maka hasil fotosintesis akan dibagi ke tunas-tunas lainnya dan akhirnya bakal buah tidak bisa mendapatkan unsur hara atau hasil fotosintesis yang sepenuhnya.

Mempercepat pembuahan Tanaman Buah dengan stres pencincinan

Salah satu teknik mempercepat pembuahan adalah dengan stres pencincinan dan pencekikan. Pada umumnya perkebunan yang melakukan teknik mempercepat pembuahan dengan stres pencincinan dan pencekikan adalah perkebunan tradisional. Sebenarnya, apa maksud dari teknik stres pencicinan dan pencekikan?

Advertisement

Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting

Maksud dari teknik stres pencincinan dan pencekikan adalah melilitkan tali ijuk di batang mangga. Dengan begitu, tanaman akan berbuah. Menurut sebagian orang, teknik stres pencincinan dan pencekikan dilakukan untuk membuat tanaman menjadi terancam akan ditebang.

Dengan begitu, tanaman akan cepat-cepat mengeluarkan buah karena merasa nyawanya terancam. Sebenarnya pencekikan dan pencincinan ada alasan ilmiahnya mengapa dapat berbuah. Alasan ilmiahnya adalah pada saat batang dilakukan pencekikan, hasil fotosintesis tidak akan mengalir ke akar.

Dengan begitu, hasil fotosintesis menumpuk di daun. Jika hasil fotosintesis lama kelamaan menumpuk di daun, nantinya pucuk daun akan mengeluarkan bunga. Bunga tersebutlah yang nantinya akan menghasilkan buah.Tulisan terkait Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Akan tetapi, tidak semua jenis tanaman yang dapat dilakukan teknik mempercepat buah dengan pembacokan ini. Hanya beberapa tanaman saja yang akan langsung berbuah setelah dilakukan perbanyakan dengan cara ini. Ada juga tanaman yang dilakukan pembacokan tetapi tidak langsung berbuah.

Hanya tanaman yang memiliki persyaratan yang lengkap sajalah yang dapat diperbanyak dengan menggunakan teknik pembacokan ini. Apa-apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi oleh suatu tanaman yang akan diperbanyak dengan menggunakan teknik pencekikan dan pencincinan ini?

Persyaratan yang perlu dipenuhi oleh suatu tanaman yang akan dperbanyak dengan menggunakan teknik pencekikan dan pencincinan adalah sebagai berikut.

  1. Tanaman sudah cukup umur untuk berbuah.
  2. Agroklimat lokasi penanaman harus sesuai dengan tuntutan tanaman.
  3. Unsur hara yang harus terpenuhi.
  4. Sinar matahari yang harus terpenuhi.
  5. Dan air yang harus terpenuhi.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu tanaman yang akan dilakukan mempercepat pembuahan dengan teknik pembacokan atau pencincinan dan pencekikan. Ingatlah, persyaratan tersebut harus terpenuhi. Jika tidak terpenuhi dan tetap dilakukan percepatan pembuahan dengan teknik pencincinan dan pencekikan, nantinya tanaman akan merasa tersiksa dan lama kelamaan akan mati.

Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting

Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai mempercepat pembuahan dengan cara pencincinan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak uraian berikut ini.

Teknik pencincinan Pada Tanaman Buah

Cara pencincinan juga disebut dengan cara ringing. Teknik pencincinan sendiri sebenarnya dikembangkan dari teknik pembacokan. Caranya hampir mirip dengan teknik pembacokan, tetapi hanya lebih sedikit ekstrem saja. Cara melakukan teknik pencincinan adalah dengan cara kupas kulit batang secara melingkar penuh. Lebar lingkaran adalah 12 cm.

Pengupasan kulit harus dilakukan secara hati-hati. Pengupasan yang tidak dilakukan secara hati-hati akan mengakibatkan tanaman menjadi mati. Untuk itulah lakukan pengupasan dengan cara sehati-hati mungkin supaya cara ini dapat berhasil dan dapat mempercepat proses pembuahan.demikian Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting semoga membantu dan bermanfaat..Baca juga Khasiat Manfaat Cengkih Dan Daun Dewa Untuk Pengobatan

Advertisement
Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting | admin | 4.5