Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang

Membuat bonsai kelapa mini-Pohon yang bercabang itu sudah biasa, namun pohon kelapa yang bercabang itu luar biasa. Dan akan menjadi lebih luar biasa lagi jika pohon kelapa bercabang tersebut dijadikan sebagai bonsai.

Advertisement

Pastinya anda pernah melihat pohon kelapa dengan ukuran yang besar dan tinggi, namun apakah anda pernah melihat kelapa yang memiliki bentuk yang kecil, unik dan memiliki daya jual yang pastinya tidak kalah dengan tanaman mahal yang lainnya.Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang

Saat ini bonsai kelapa ini sudah trend dikoleksi oleh para hobby penggila tanaman hias. Namun masih banyak para hobby yang belum mampu untuk membuatnya, dikarenakan proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama.

Berikut dibawah ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat bonsai kelapa dengan langkah yang cepat dan mudah. Di antaranya yaitu:

  • Pilihlah kelapa yang bisa anda gunakan sebagai bonsai.

  • Kelapa Gading susu. Biasanya pohon ini digunakan sebagai pengganti pohon palem yang ada di tanam.
  • Kelapa gading merah. Kelapa dengan warna yang merah kekuning-kuningan. Kelapa ini sangat unik dan juga cantik apabila dibuat bonsai kelapa.
  • Kelapa albino dengan warna putih dan silver.
  • Membuat bonsai kelapa bercabang dengan mencari bibit yang paling baik. Anda bisa mencari bibit kelapa yang sudah tua dan dipetik langsung dari pohonnya. Sebab bibit yang sudah tua itu, akan lebih cepat tumbuh tunasnya.

    Advertisement
  • Untuk posisi kelapa yang belum memiliki tunas, anda bisa menempatkannya pada tanah yang lembab dan mengandung banyak air.

  • Proses penanamannya. Dalam proses tanam, anda bisa membuka serabut kelapa yang sudah bertunas. Anda bisa menggunakan golok kecil secara perlahan dan hati-hati supaya tidak mengenai akar dan tidak putus. Sayatlah secara perlahan tunas yang paling bawah dengan menggunakan pisau tipis. Kemudian anda bisa menanamnya kedalam pot yang telah disediakan.

  • Proses penyayatan. Anda bisa melakukan penyayatan ketika kelapa sudah tumbuh setinggi 15 hingga 20cm. Sayatlah tunas yang paling bawah agar bisa membentuk batang. Lakukanlah berulang-ulang minimal 3 hari sekali. Anda harus berhati-hati jangan sampai sayatan anda mengenai tunas yang baru. Kemudian siramlah  tanaman anda 1 hari sekali saat sore ataupun malam hari.

Itulah beberapa cara membuat bonsai kelapa bercabang yang bisa anda terapkan, mungkin memang jarang para hobby yang suka mengoleksi tanaman bonsai kelapa bercabang ini.

Namun bagi mereka yang tertarik pastinya ingin mencoba membuat bonsai kelapa bercabang ini. Melihat pohon kelapa yang kerdil dan bisa ditempatkan pada sebuah pot ataupun taman.

Pastinya juga akan menambah keindahan. Walaupun memang untuk dapat membuat bonsai kelapa bercabang ini membutuhkan waktu yang lama agar bisa terbentuk indah.

Hanya kesabaran dan ketekunan merawatnya pasti akan menghasilkan bonsai kelapa bercabang yang indah dan menarik. Semoga cara-cara di atas dapat membantu anda membuat bonsai kelapa bercabang.

 

Advertisement
Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang | admin | 4.5