Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sederhana

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sederhana – Cara membuat nutrisi hidroponik sederhana sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jika Anda saja dapat melakukan penanaman dengan cara hidroponik tentu pembuatan pupuknya pun bisa Anda lakukan dengan cara yang sederhana pula.

Advertisement

Sebenarnya ada beberapa cara membuat nutrisi hidroponik sederhana. Dengan membuat pupuk hidroponik sendiri tentu akan menghemat biaya untuk membeli pupuk.

Bahkan nutrisi yang akan Anda buat sendiri akan lebih banyak hasilnya bila dibandingkan dengan Anda harus membeli pupuk jadi dari pabrikan.

Berikut cara membuat nutrisi hidroponik sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang telah Anda beli sebelumnya.Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sederhana

Berikut beberapa bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat nutrisi hidroponik. Ada pupuk KCl, gandasil D, pupuk NPK, urea, serta siapkan wadah atau toples dengan takaran 1 hingga 2 liter sebanyak 4 buah.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sederhana

Cara membuat nutrisi hidroponik sederhana ini harus diperhatikan pula besarnya takaran dari bahan-bahan tersebut. Untuk mendapatkan sepuluh liter nutrisi hidroponik maka harus mencampurkan bahan-bahan dari NPK sebanyak sepuluh gram atau sekitar satu sendok makan..

KCL sebanyak sepuluh gram atau sekitar satu sendok teh, lima gram gandasil atau sekitar setengah takar sendok makan, serta campuran urea sebanyak sepuluh gram atau sekitar satu sendok makan.

Advertisement

Namun jika Anda hendak membuat nutrisi hidroponik dengan perbandingan sama seperti pada umumnya nutrisi hidroponik pabrikan yang sudah jadi maka dapat gunakan perbandingan bahan seperti ini, NPK sebanyak 200 gram, KCL sebanyak 200 gram, serta urea juga sebanyak 200 gram.

Sedangkan untuk gandasil sebanyak 100 gram. Cara membuat nutrisi hidroponik sederhana ini dimulai dengan memasukkan keempat bahan tersebut pada masing-masing wadah yang telah disiapkan.

Setiap wadah yang telah terisi empat bahan tersebut kemudian diberi satu liter air, dicampur dan diaduk hingga tercampur. Selanjutnya untuk penggunaan nutrisi yang telah dibuat tersebut, anda dapat mengambil sebanyak 5 ml dari setiap wadah yang berisi larutan gandasil, urea, NPK, dan KCL.

Kemudian setiap 5 ml larutan tersebut dijadikan satu dicampur bersama dengan satu liter air. Selain itu, yang harus Anda perhatikan dalam cara membuat nutrisi hidroponik sederhana tersebut adalah harus menggunakan air sumur atau air tanah.

Campuran air untuk Nutrisi Hidroponik

Jangan Anda gunakan air kran atau PDAM, sebab air tersebut dapat mengandung kaporit yang tidak baik untuk tanaman. Kalau terpaksa menggunakan air PDAM, maka sebaiknya rendam dahulu air

PDAM tersebut selama satu minggu agar semua kaporitnya mengendap dan Anda dapat memanfaatkan air yang ada di bagian atas endapan tersebut.

Jika terjadi layu pada sebagian tanaman Anda setelah diberikan nutrisi hidroponik tersebut bisa jadi hal itu karena dosis yang masih terlampau tinggi.

Maka sebaiknya cara membuat nutrisi hidroponik sederhana Anda sedikit dirubah yaitu dengan mengencerkan pekatan atau nutrisi yang Anda buat dengan menambahkan lebih banyak air.

Jika Anda mempunyai TDS maka bisa gunakan alat tersebut untuk mengukur ppm nutrisi yang Anda buat. Sehingga cara membuat nutrisi hidroponik sederhana Anda tepat dan komposisi hasil nutrisi menjadi pas.

Demikian tulisan tentang Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sederhana semoga berguna..

Advertisement
Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sederhana | admin | 4.5