Cara Menanam Pohon Bonsai Kusus Pemula

Menanam Pohon Bonsai-Menanam bonsai tidak seperti menanam tumbuhan lain, karena berbagai aspek sangat mempengaruhi keberhasilan dalam menanam pohon bonsai. Sebelum memulai untuk menanam bonsai simak informasi tentang cara memulai menanam bonsai berikut:

Advertisement

1.Tentukan spesies tanaman bonsai yang sesuai iklim di daerah anda.

Pada dasarnya pohon yang dibonsai memiliki jenis yang tidak sama, mayoritas tanaman bonsai merupakan tumbuhan tropis dan berkayu keras.Cara Menanam Pohon Bonsai Kusus Pemula

Namun anda harus benar-benar memilih spesies tanaman yang sesuai dengan iklim untuk anda jadikan pohon bonsai apalagi jika anda menginginkan bonsai tersebut untuk diletakkan di luar ruangan.

Karena beberapa tumbuhan memerlukan suhu rendah untuk bisa hidup dan melakukan persiapan menyambut musim semi.

Namun ada juga beberapa tumbuhan yang akan mati ketika ada cuaca dingin. Untuk membantu anda dalam memilih bibit bonsai anda bisa meminta bantuan kepada pegawai yang bekerja di toko tanaman.

Bagi peminat bonsai pemula anda bisa memilih jenis cemara, pinus, aras dan pohon yang berkayu keras semisal snowrode atau jade (cocok untuk ruangan dengan iklim sedang dan dingin).

Anda juga bisa memilih Juniper yang mampu hidup dan terus hijau sepanjang tahun dan mampu bertahan di iklim belahan bumi selatan bahkan seluruh belahan bumi utara.

  1. Tentukan tempat untuk menaruh bonsai apakah indoor atau outdoor.

Pohon bonsai yang diletakkan di outdoor akan sangat berbeda dengan jenis bonsai indoor. Karena bonsai untuk indoor akan mendapat lebih sedikit cahaya matahari dan lebih kering dibanding outdoor, sehingga anda harus memilih bonsai yang membutuhka kelembaban dan cahaya matahari yang lebih sedikit.

Advertisement

Pohon untuk bonsai yang cocok untuk outdoor antara lain: Cypress, Juniper, Beech, Maple, Cedar, Elm, Ginkgo, dan Larch. Sedang jenis untuk bonsai yag cocok untuk indoor antara lain: Hawaiian Umbrella, Ficus. Camellia, Serissa, Boxwood dan Kingsville.

  1. Tentukan ukuran dan tinggi untuk bonsai anda

Pohon bonsai bisa tumbuh 15 cm hingga 1 meter yang dipengaruhi oleh spesiesnya. Beberapa hal yang perlu ada perhatikan dalam menentukan ukuran bonsai antara lain:

Tempat anda meletakkan bonsai apakah dikantor atau rumah, ukuran pot yang digunakan, minat dalam merawat bonsai (bonsai yang semakin besar maka memangkasnya juga semakin lama), dan cahaya matahari yang diperoleh oleh bonsai anda.

  1. Memilih bonsai

Anda bisa memilih tumbuhan yang berdaun hijau dan dipastikan bisa tumbuh dengan sehat, Saat memilih pohon untuk bonsai anda sebaiknya anda membayangkan hasil nantinya.

Namun anda juga harus mempertimbangkan tumbuhan yang bisa gugur karena hal yang menarik dan menyenangkan ketika menanam bonsai ialah yang bisa dibentuk sesuai keinginan dalam hitungan tahun.Cara Menanam Pohon Bonsai Kusus Pemula

Jika anda menginginkan segera memangkas dan membentuk bonsai anda bisa memelihara bonsai dengan cutting (memotong dahan pohon yang telah tumbuh dan telah ditanam dalam tanah yang baru atau  membeli pohon bonsai yang telah dewasa).

  1. Pilih pot yang sesuai

Anda bisa membeli pot untuk bonsai yang cukup untuk menampung akar pohon namun tidak terlampau besar agar tidak merusak pemandangan dan tetap bernilai estetika.

Dengan ketepatan dalam segala aspek, pohon bonsai yang sesuai keinginan anda bisa anda dapatkan.

Baca Juga: Cara mudah pembibitan bunga bromelia

Inilah beberapa cara untuk memulai menanam pohon bonsai yang dapat anda coba lakukan di rumah. Selamat mencoba.

 

Advertisement
Cara Menanam Pohon Bonsai Kusus Pemula | admin | 4.5