Cara Menanam Anggrek Tempel Dan Pot

Cara Menanam Anggrek Tempel Dan Pot – Penanaman tanaman anggrek dapat dilakukan pada media apa saja. Yang terpenting media tersebut memenuhi syarat sebagai media yang baik untuk penanaman tanaman anggrek. Setiap jenis tanaman anggrek tidaklah sama media tanamanya.

Advertisement

Tanaman bunga Anggrek dapat ditanam di pot atau dilahan terbuka seperti ditempelkan pada pohon atau pada tembok-tembok. Bagaimana cara menanam anggrek di dalam pot maupun dilahan terbuka? Caranya adalah sebagai berikut.

Penanaman anggrek di dalam pot dapat dilakukan untuk semua jenis anggrek. Baik jenis anggrek simpodial maupun anggrek monopodial. Namun, teknik menanam anggrek jenis simpodial dan monopodial itu berbeda-beda. Apa perbedannya?Cara Menanam Anggrek Tempel Dan Pot

Cara Menanam Anggrek Tempel Dan Pot

Perbedannya adalah apabila anggrek simpodial ditanam dipinggir pot dan dapat ditanam lebih dari satu tanaman anggrek, berbeda halnya dengan anggrek monopodial yang ditanam ditengah-tengah pot dan hanya boleh ditanam satu jenis anggrek saja.Artikel terkait Cara Teknik Pembibitan Tanaman Anggrek Muda

Cara menanam anggrek di dalam pot adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan pecahan genting.
  2. Masukkan pecahan genting ke bagian dasar pot. Fungsinya untuk menjaga sistem drainase agar tetap baik.
  3. Masukkan media tanam hingga tersisa kira-kira 5 cm dari bibir pot.
  4. Tanam anggrek ditengah-tengah pot untuk anggrek monopodial dan dipinggir pot untuk anggrek simpodial.
  5. Tutup kembali dengan media tanam.

Penanaman anggrek di dalam pot telah selesai dilakukan.

Advertisement

Menanam anggrek di tempat lain

Selain pot, media seperti dinding tembok dan batang kayu juga bisa digunakan sebagai media penanaman tanaman anggrek.

Namun tidak semua jenis anggrek bisa ditanam di dinding tembok atau batang kayu. Hanya beberapa jenis anggrek saja yang bisa ditanam pada media selain pot. Bagaimana cara menanamnya? Caranya adalah sebagai berikut.

Penanaman anggrek Tempel kayu

Batang kayu juga bisa digunakan sebagai media penanaman anggrek. Ada beberapa jenis anggrek jika ditanam pada batang kayu terlihat lebih cantik. Diantaranya seperti anggrek Cattleya, Oncidium, dan Dendrobium.simak juga Memilih Bibit Tanaman Anggrek Dewasa

Jenis anggrek tersebut sangat indah jika ditanam pada batang kayu. Ditambah lagi jika batang kayunya digantung pada kawat. Dengan begitu anggrek dapat dilihat dari mana saja.

Batang kayu yang bagaimana yang cocok jika digunakan untuk menanam anggrek? Batang kayu yang cocok untuk menanam anggrek adalah yang memiliki permukaan yang kasar. Permukaan batang kayu yang kasar akan memudahkan anggrek untuk lengket.

Penanaman anggrek pada dinding tembok

Tidak hanya batang kayu saja yang bisa digunakan sebagai media penanaman anggrek, dinding tembok juga bisa digunakan sebagai media penanaman anggrek.

Ada beberapa jenis anggrek jika ditanam pada dinding tembok terlihat cantik. Salah satunya adalah Phalaenopsis sp atau yang biasa disebut anggrek bulan.

Dinding yang seperti apa yang bisa digunakan sebagai media penanaman anggrek? Dinding yang sudah berlumut dan juga sudah tua sangat cocok jika digunakan sebagai media penanaman anggrek. Pada dinding yang sudah tua dan berlumut tersebut anggrek dapat tumbuh dengan baik.demikian semoga bisa membantu.Baca Juga Teknik Memindahkan Bunga Anggrek Ke Pot

Advertisement
Cara Menanam Anggrek Tempel Dan Pot | admin | 4.5