Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula

Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula  – Membudidayakan sayuran berupa bawang merah pot,polybag dan di lahan yang sempit kini sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Apalagi di daerah perkotaan yang tidak memiliki lahan yang luas.

Advertisement

Salah satu sayuran yang sering di budidayakan di lahan yang sempit adalah bawang merah. Membudidayakan bawang merah sangatlah menguntungkan. Salah satu keuntungannya adalah kita dapat menggunakan bawang merah yang kita tanaman untuk bumbu masakan atau keperluan lainnya.

Selain itu, keuntungan yang dapat kita peroleh adalah kita dapat menjual bawang merah yang telah kita tanam. Harga bawang merah yang tidak terlalu murah membuat keuntungan yang akan kita peroleh tidak lah sedikit. Dengan begitu, kita akan mendapatkan dua keuntungan.

Sebelum menanam bawang merah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat tumbuh bawang merah. Syarat tumbuh tanaman bawang merah adalah sebagai berikut.

Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula

  • Tanaman bawang merah merupakan tanaman yang dapat hidup subur di daerah dataran rendah saja.
  • Bawang merah dapat hidup dengan baik pada kelembapan 85%.
  • Suhu udara yang baik untuk bawang merah adalah 26-31 derajat celcius.
  • Tanah yang digunakan haruslah subur dann juga gembur.
  • Daerah yang digunakan untuk menanam bawang merah haruslah bercuaca cerah.
  • Tanah yang digunakan tidak boleh tergenang air jika hujan tiba.

Itulah beberapa syarat tumbuh bagi tanaman bawang merah.

Setelah mengetahui syarat tumbuh bagi tanaman bawang merah, selanjutnya pilihlah terlebih dahulu varietas dari tanaman bawang merah.

Bawang merah memiliki berbagai macam varietas. Karena itulah sebaiknya pilih varietas yang sesuai dengan daerah yang akan kita jadikan sebagai tempat penanaman bawang merah.

Apabila sudah memilih varietas yang sesuai, kemudian siapkan bibit. Bibit yang digunakan bisa dibuat sendiri. Cara membuatnya adalah dengan mengambil dari indukan bawang merah.

Indukan bawang merah haruslah yang sehat dan memiliki tingkat produksi yang tinggi. Pemilihan indukan yang sehat dan memiliki tingkat produksi yang tinggi bertujuan agar bibit bawang merah ikut sehat dan memiliki tingkat produksi yang tinggi juga.Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula

Cara pembibitan bawang merah

Bibit yang digunakan juga tidak boleh ada yang rusak. Rusaknya bibit akan membuat penanaman tidak berjalan dengan baik. Sebelum dipakai, sebaiknya bibit disimpan selama kurang lebih 2 bulan. Bibit siap ditanam apabila pertumbuhan akar mulai tampak.simak juga Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Cabai

Setelah bibit telah siap untuk ditanam selanjutnya tanam bibit tersebut. Cara penanamannya adalah sebagai berikut.

  • Persiapkan lahan terlebih dahulu.
  • Gemburkan tanah tersebut dengan cara dicangkul.
  • Buatlah bedengan dengan lebar satu meter, panjang disesuaikan dengan lahan yang tersedia, dan tinggi 28 cm.
  • Taburkan pupuk kandang di atas tanah yang telah digemburkan.
  • Campurkan pupuk kandang tersebut dengan tanah bedengan.
  • Buatlah lubang tanaman dengan kedalaman disesuaikan dengan umbi bawang merah.
  • Lakukan pemotongan pada ujung bibit. Tujuannya adalah untuk pemecahan masa dormansi pada bibit.
  • Jarak antara tanaman satu dengan tanaman lainnya adalah 16 cm.
  • Masukkan bibit kedalam lubang tanam hingga umbi seperti tampak rata dengan permukaan tanah.
  • Ujung umbi sebaiknya ditutup dengan menggunakan tanah.

Tata cara perawatan harian bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang sudah banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia maupun di luar Indonesia. Banyak yang membutuhkan bawang merah ini.

Salah satunya adalah untuk penambah bumbu masakan. Tanpa adanya bawang merah disuatu masakan maka masakan tersebut belum terasa enak. Karena banyak dibutuhkan, maka dari itu bawang merah banyak di budidayakan.Artikel terkait Menanam Dan Budidaya Tomat Cherry Pot

Advertisement

Membudidayakan bawang merah tidaklah mudah. Apalagi ketika memelihara tanaman bawang merah. Tahap pemeliharaan bawang merah bisa dikatakan tahap yang paling sulit. Dikatakan sulit karena pemeliharaan yang tidak tepat akan menyebabkan gagal panen.Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula

Memelihara bawang merah ada tahap-tahapnya. Apa-apa saja tahap pemeliharaan bawang merah. Tahap pemeliharaan bawang merah diantaranya adalah sebagai berikut.

Waktu pemupukan bawang merah

Pemupukan adalah hal yang paling berpengaruh bagi tanaman bawang merah. Pupuk dapat merangsang tanaman bawang merah untuk tumbuh dengan baik. Selain itu, pupuk juga dapat membuat tanah menjadi subur.

Sebelum penanaman berlangsung, sebaiknya tanah tempat bawang merah akan ditanam diberikan pupuk. Pemberian pupuk tersebut dinamakan sebagai pupuk dasar. Pemberian pupuk dasar sangat berguna bagi kelangsungan hidup bawang merah kedepannya.simak juga Ciri Fisik dan Budidaya Cabai Rawit Hibrida

Tidak hanya pupuk kandang saja, pemberian pupuk pada saat pemeliharaan bawang merah juga perlu dilakukan. Pupuk yang diberikan saat pemeliharaan berlangsung dinamakan sebagai pupuk anorganik.

Pupuk anorganik juga perlu dilakukan. Tujuannya adalah untuk memacu pertumbuhan generatif dan pertumbuhan vegetatif tanaman bawang merah.

Tahap penyiraman Bawang merah

Penyiraman perlu dilakukan pada saat bawang merah masih menjadi bibit. Pada saat menyiram bibit, usahakan memakai alat penyiraman yang halus.

Penyiraman yang baik pada bibit dapat dilakukan satu hari sekali. Penyiraman bibit dapat dilakukan sampai usia bibit mencapai satu bulan setengah.Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula

Tahap penggemburan tanah dan penyiangan gulma

Bawang merah merupakan tanaman yang harus hidup ditempat tanah yang gembur. Apabila tanah tempat penanaman berlangsung tidak lakukan penggemburan maka tanah akan mengeras dan akan berakibat buruk kepada tanaman bawang merah.Baca juga Cara Budidaya Cabai Merah Omset Puluhan Juta

Penggemburan tanah dapat dilakukan dengan cara mencangkul tanah. Pencangkulan tanah tidak hanya bertujuan supaya tanah menjadi gembur, tetapi juga bertujuan untuk menyiangi gulma.

Saat pencangkulan berlangsung, otomatis gulma akan terangkat keatas. Dengan begitu gulma mudah diambil. Biasanya gulma akan tumbuh pada saat umur bibit mencapai empat belas hari.

Kegiatan penggemburan tanah dan penyiangan sebaiknya dihentikan pada saat tujuh hari sebelum panen bawang merah berlangsung. Mengapa begitu? Supaya umbi bawang merah tidak rusak.

Pengendalian Hama Penyakit Bawang merah

Tanaman bawang merah tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Contoh hama dan penyakit yang sering menyerang bawang merah seperti ulat daun, hama bodas, dan penyakit bercak ungu.

Hama dan penyakit dapat menyerang bawang merah karena kebersihan lingkungan sekitar penanaman tidak terjaga.

Contohnya saja adanya gulma dapat menyebabkan hama dan penyakit datang. Untuk itu, kebersihan lingkungan sekitar penanaman perlu dijaga supaya bawang merah tidak terserang hama dan penyakit.demikian cara budidaya dan menanam bawang merah pot,polybag dan di lahan terbuka yang bisa anda lakukan.semoga berguna.Artikel terkait Waktu Umur Panen Bawang Merah Budidaya

Advertisement
Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula | admin | 4.5