Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan – Membudidayakan buah melon telah dilakukan oleh petani-petani di Indonesia. Melon kini banyak dicari dan dipasaran pasokan akan melon berkurang. Berkurangnya pasokan melon dikarenakan belum banyak petani yang membudidayakan melon ini. Padahal membudidayakan melon sangatlah banyak keuntungan.

Advertisement

Apalagi saat ini melon banyak dicari di pasaran. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka peluang bisnis membudidayakan tanaman melon.

Buah Melon merupakan jenis buah dengan ciri khas rasa manis yang paling banyak di gemari oleh kebanyakan orang-orang do indonesia. Biasanya untuk satu kilonya buah melon ini di jual dengan harga yang sangat tinggi. Sehingga para petani buah melon semakin semangat dalam melakukan penanaman buah melon ini.

Apakah Anda tertarik untuk membuka peluang bisnis membudidayakan tanaman melon? Jika Anda berminat maka Anda bisa melakukan beberapa hal seperti dibawah ini.

Mempersiapkan bibit melon unggul

Sebelum membudidayakan melon, biasanya petani melon mempersiapkan bibit terlebih dahulu. Persiapan bibit ini sangat perlu dilakukan.

Hal ini dikarenakan bibit merupakan penentu apakah melon yang dihasilkan akan bermutu baik atau malah sebaliknya. Selain itu, mempersiapkan bibit juga dapat menghasilkan melon yang unggul serta berkualitas.

Dengan begitu, maka melon yang Anda hasilkan akan direspon baik di pasaran maupun konsumen. Untuk itulah, sebelum menanam melon, sebaiknya persiapkan bibit terlebih dahulu. Bagaimana cara membuat bibit? Cara membuat bibit adalah seperti di bawah ini.Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

  • Kebutuhan benih Melon

Kebutuhan akan benih tanaman perlu diperhatikan. Kebutuhan benih melon per hektarnya adalah 510-595 gram. Namun, kebutuhan benih juga dilihat dari varietas benih apa yang dipakai. Varietas tanaman melon juga perlu diperhatikan.

Pilihlah varietas tanaman yang memang benar-benar disukai oleh konsumen. Dengan begitu, melon yang akan Anda hasilkan akan laku keras di pasaran.

  • Pengecambahan benih Melon

Sebelum disemai, benih sebaiknya dibiarkan terlebih dahuluhingga benih tersebut berkecambah. Benih yang akan disemai adalah benih yang berkecambah saja. Sedangkan benih yang tidak berkecambah tidak bagus jika disemai dan tidak akan menjadi bibit jika Anda tetap menyemai benih tersebut.

Bagaimana cara agar benih dapat berkemcambah? Cara agar benih berkecambah adalah dengan merendam benih di dalam air hangat yang dicampur dengan cairan fungisida sesuai dengan dosis.

Perendaman dapat dilakukan selama 5 jam. Setelah direndam, kemudian benih ditiriskan dan diletakkan di tempat yang lembap selama beberapa hari dan disimpan di suhu kamar.

  • Penyemaian benih melon pot polybag

Setelah benih berkecambah, selanjutnya benih dapat disemai. Bagaimana cara menyemai benih? Cara menyemai benih adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan polybag yang berukuran 8 x 11 cm.
  2. Sediakan juga media semai yang berupa campuran pupuk kandang yang telah matang dan tanah dengan perbandingan 1 : 2.
  3. Masukkan media semai ke dalam polybag.
  4. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 3 cm.
  5. Masukkan benih ke dalam lubang tanam dengan bagian yang berakar diletakkan dibagian bawah.
  6. Tutup benih dengan menggunakan media semai hingga ujung benih terlihat seikit.
  7. Basahi media semai engan menggunakan air hingga lembap.

Media persemaian ini harus selalu lembap. Untuk itulah jaga selalu kelembapan media persemaian dan jangan sampai media persemaian tidak lembap. Pemindahan bibit di lahan terbuka dapat dilakukan pada saat bibit telah berusia 8-11 hari.Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

Menyiapkan Lahan Untuk Menanam melon

Sebelum kita melakukan proses penanaman, ada baiknya jika kita melakukan persiapan lahan terlebih dahulu. Persiapan lahan ini memang sangat di perlukan, karena jika persiapan lahan tidak di lakukan maka proses penanaman tidak akan berjalan dengan baik dan lancar.Baca juga Paduan Lengkap Budidaya Pepaya California

Biasanya dalam jangka waktu satu tahun, lahan tersebut dapat di tanami tanaman melon hingga tiga kali penanaman. Asalkan sepanjang satu tahun tersebut harus penuh di tanami tanaman melon.

Berikut ini merupakan beberapa persiapan lahan untuk penanaman, jika anda ingin mengetahuinya maka anda bisa melihatnya di bawah ini :

Pengolahan tanah paling tepat

Pengolahan tanah ini merupakan hal yang pertama kali harus di lakukan sebelum melakukan proses penanaman. Pengolahan tanah tersebut seperti melakukan pembersihan lahan dari sisa-sisa penanaman sebelumnya. Pembersihan lahan dari sisa-sisa penanaman yang sebelumnya ini harus di lakukan agar hama dan penyakit tidak mudah menyerang tanaman yang baru.Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

Selain dari melakukan pembersihan, hal yang harus di lakukan selanjutnya ialah melakukan pencangkulan atau melakukan pembajakan pada tanah yang akan di gunakan untuk penanaman.

Setelah pencangkulan tersebut telah di lakukan secara merata, maka selanjutnya yang harus di lakukan ialah memasang bedengan pada lokasi tempat yang akan di gunakan untuk penanaman melon nantinya.

Pemasangan bedengan ini harus di lakukan dengan baik dan benar, usahakan pemasangan bedengan ini lebih tinggi dari permukaan tanah yang ada. Sehingga tinggi air semakin tinggi pada bedengan tersebut.

Pemupukan dasar dan pengapuran Media tanam melon

Setelah pengolahan tanah selesai di lakukan dengan baik, maka selanjutnya lakukan lah pemupukan dasar dan pengapuran. Pemupukan dasar ini biasanya di berikan sebelum proses penanaman di lakukan, untuk pemupukan dasar ini sendiri biasanya menggunakan jenis pupuk kandang atau sejenisnya.

Pemberian pupuk kandang dan pengapuran ini harus di berikan sesuai dengan dosis atau ketentuan yang berlaku agar tanaman melon dapat berkembang dengan baik.

Pemasangan mulsa pada gulutan

Setelah pemupukan dan pengapuran selesai di lakukan, maka yang selanjutnya harus di lakukan ialah pemasangan mulsa. Biasanya untuk pemasangan mulsa ini kita dapat menggunakannya dengan menggunakan mulsa pelastik hitam atau pun mulsa perak.Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

Advertisement

Untuk melakukan penanamannya ini harus di berikan jarak sekitar 15 cm per tanaman. Untuk melubangi mulsa tersebut agar apat di gunakan untuk penanaman, maka kita harus melubanginya dengan menggunakan kaleng susu yang berukuran kecil. Ukuran kecil ini berguna agar bibit yang di gunakan untuk penanaman ini tidak keluar dari batas yang telah di tentukan.

Pemasangan mulsa ini harus di lakukan setelah kita selesai memberikan pupuk dasar dan pengapuran. Usahakan untuk pemasangan mulsa ini tidak boleh lebih dari satu hari. Karena itu akan membuat tanah menjadi padat kembali  atau tidak gembur lagi dan sehingga tanah tersebut akan sulit untuk di tanami tanaman melon.Baca juga Pupuk untuk Tanaman Cabai Kusus Buah

Teknik Menanam Melon Secara Benar

Dalam melakukan perkebunan tanaman melon ini tentunya harus di lakukan dengan baik, untuk penanamannya ini pun harus di lakukan di lahan yang lembab dan tentunya juga subur.

Dalam melakukan perkebunan buah melon ini kita harus mengikuti langkah-langkah yang di tentukan sebelumnya. Jika ingin mengetahui langkah-langkah melakukan perkebunan melon ini, anda bisa melihatnya di bawah ini :

Biasanya untuk melakukan penanaman buah melon ini harus menggunakan bibit tanaman melon yang telah berumur maksimal satu minggu. Bukan hanya itu saja, pemilihan bibit yang tepat juga sangat di perlukan, karena bibit ini juga akan sangat berpengaruh terhadap kualitas buah melon nantinya.

Menanam Dan Memasang Ajir Tanaman Melon

Untuk melakukan penanaman ini biasanya di lakukan setiap pagi hari hari, karena waktu pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk melakukan penanaman tanaman melon.

Jika bibit melon masih berada di dalam polybag, sebaiknya lepaskan polybag tersebut agar tanaman melon tersebut dapat berkembang dengan baik.

Usahakan bibit tanaman tersebut dalam kondisi yang tegak lurus, agar pertumbuhan buah melon nantinya terlihat lebih baik.

Pemasangan ajir Pada Melon

Setelah penanaman bibit selesai di lakukan, maka selanjutnya yang harus di lakukan ialah memasang ajir di sekitar lokasi tanaman. Untuk melakukan pemasangan ajir ini tidak boleh lebih dari 1 hari, karena itu akan membuat pertumbuhan tanaman melon terlihat tidak teratur.Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

Bagian atas dari ajir ini harus membentuk huruf X, serta ajir yang telah di pasang ini harus memiliki panjang hingga mencapai 1,5 meter. Ajir tersebut harus diikat satu sama lain, agar ajir tersebut tidak lepas alias kuat.

Sebaiknya ajir yang di gunakan untuk penanaman melon ini harus berasal dari kayu. Jika ajir tersebut berasal dari bambu, maka itu akan membuat ajir tersebut tidak akan bertahan lama alias lapuk.

Pengairan Melon Paling tepat

Jika pemasangan ajir telah di lakukan sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan. Maka selanjutnya kita dapat melakukan pengairan. Untuk pertama kali melakukan penanaman, sebaiknya air yang di gunakan tidak boleh terlalu berlebihan, karena akan merusak bibit yang telah di tanam tersebut.

Biasanya untuk pengairan ini harus di lakukan 2 kali dalam satu hari, yaitu setiap pagi dan sore hari. Hindari pengairan di waktu siang hari, karena itu akan membuat tanaman melon menjadi layu dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Untuk pengairan ini harus di lakukan sesuai dengan dosis dan ketentuan yang berlaku, untuk air yang di berikan ini pun harus berasal dari air sumur, agar penanaman dapat berjalan dengan baik.Baca juga Cara Menanam Tabulampot Belimbing Manis

Pupuk Terbaik Untuk Buah Melon.

Berkebun buah melon ini merupakan sesuatu yang sangat mudah di lakukan oleh para petani buah. Karena dalam berkebun buah melon ini tidak memakan waktu yang sangat lama, selain itu panen yang di hasilkan pun dapat di jual dengan harga yang sangat tinggi, sehingga para petani buah melon merasa tidak rugi dalam melakukan penanaman melon ini.

Berikut ini merupakan beberapa proses perkebunan untuk tanaman melon, jika anda ingin mengetahuinya. Maka anda bisa melihatnya di bawah ini :

Penyiangan Gulma

Sanitasi kebun ini bertujuan agar gulma atau benalu tidak mudah menghinggapi tanaman melon. Jika gulma atau yang sejenisnya mulai menghinggapi tanaman melon, maka sebaiknya kita harus segera membasminya.

Cara mengatasi gulma-gulma ini bisa di lakukan dengan cara yang manual dan menggunakan alat bantu. Cara manual yang di maksud tersebut biasanya dapat di atasi dengan menggunakan tangan. Untuk sanitasi ini biasanya dapat di lakukan minimal 2 hari sekali, dan maksimalnya dapat di lakukan seminggu sekali.

waktu Pemupukan Melon

Untuk jenis tanaman buah melon ini, biasanya di tanam dengan menggunakan pupuk fosfor, pupuk kalium dan pupuk nitrogen. Usahakan pupuk yang di berikan ini harus sesuai dengan dosis dan anjuran yang telah di tetapkan sebelumnya.Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

Berikut ini merupakan sedikit penjelasan tentang beberapa pupuk yang di sebutkan tadi :

Pupuk fosfor
Pupuk yang satu ini di berikan agar bunga pada tanaman melon ini dapat tumbuh dengan cepat. Jika bunga-bunga pada tanaman melon tumbuh dengan cepat, maka pembuahan pun juga akan lebih cepat.

Pupuk kalium
Untuk jenis pupuk yang satu ini ialah pupuk ini berguna agar buah melon mendapatkan hasil buah yang berkualitas unggulan. Sehingga jenis pupuk kalium ini harus di berikan secara rutin dan juga harus sesuai dengan dosis yang berlaku.

Pupuk nitrogen
Jenis pupuk nitrogen ini biasanya di berikan dalam bentuk urea. Jenis pupuk yang satu ini merupakan suatu jenis pupuk yang tidak pernah tertinggal pada saat pemberian pupuk.

Selain ketiga pupuk tersebut, ada juga yang namanya pupuk tambahan. Pupuk tambahan tersebut dapat berupa seperti pupuk kandang, dan sejenisnya. Biasanya pupuk tambahan ini berguna untuk membantu penyuburan pada tanaman buah melon tersebut.

Penyerbukan buatan Tanaman melon

Untuk jenis tanaman buah melon ini membutuhkan penyerbukan dengan cara buatan. Penyerbukan yang di lakukan dengan cara buatan ini tentunya sangat membantu proses pembuahan nantinya.

Biasanya penyerbukan buatan ini di lakukan pada waktu pagi dan sore hari. Untuk melakukannya cukup dengan mendekatkan bunga jantan dengan bunga betina.

Pendekatan ini harus di lakukan dengan cara yang baik dan benar, agar penyerbukan buatan ini tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan tanaman buah melon menjadi gagal panen atau gagal berbuah dengan baik.demikian cara menanam budidaya melon ala rumahan,semoga membantu..Baca juga Cara Menanam Tomat Pot Polybag Rumahan

Advertisement
Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan | admin | 4.5