Cara Menanam Bunga Teratai Dalam Pot

Cara Menanam Bunga Teratai Dalam pot – Bunga teratai yang sering disebut bunga lotus adalah salah satu bunga yang sangat indah dan juga sangat cantik.  Tak banyak yang mau menanamnya karena tak banyak yang tahu caranya. Bunga teratai memang cukup unik.

Advertisement

Bunga ini tumbuh di media tanah berlumpur dan berair. Jadi jangan harap anda bisa menanamnya kalau tak tahu caranya.

Cara menanam bunga teratai sangat mudah bila sudah tahu carannya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menanam bunga teratai, misalnya saat pembibitan.cara menanam bunga teratai

Bunga ini disebut sebagai bunga keabadian dan juga bunga nirwana. Bunga yang satu ini juga kompak karena kelopaknya selalu genap dan juga warnanya bermacam-macam. Jadi, tak ada salahnya kan menanam bunga ini?

Menanam bunga teratai sangat memerlukan persiapan. Salah satunya indukan dari bunga teratai itu sendiri. Cara yang paling mudah adalah mengambil tunasnya dari induk dan kemudian dipindah media. Langsung saja yuk disimak cara  menanam bunga teratai yang bisa dilakukan:

Pembibitan Bunga teratai

Pada tahap ini, proses menanam bunga teratai diawali dengan pembibitan. Cara yang dilakukan dalam menanam bunga teratai ada dua. Yang pertama adalah dengan biji dan juga tunas. Karena biji cukup sulit, maka cara kedua dapat dipilih dalam menanam bunga teratai.

Advertisement

Anda harus hati-hati dalam memisahkan tunas dengan induk. Kalau tak hati-hati bisa saja bunga anda malah tidak tumbuh. Jadi, kalau mau menanam bunga teratai harus diperhatikan induk yang sudah layak untuk dibibit.

Cara menanam Bibit teratai

Menanam bunga teratai tahap selanjutnya adalah dengan tahap penanaman. Anda bisa memilih medium air, lumpur, kolan, pancuran, dan lain-lain. Namun yang paling baik adalah media lumpur yang diberi air. Tanaman bunga teratai akan sangat subur di media tersebut.

Pokoknya air harus sampai menggenang. Hal ini karena teratai adalah tanaman yang sejatinya hidup di air. Gunakan sedikit pasir agar tambah subur. Pkoknya tak rugi menanam tanaman yang satu ini.

Perawatan Harian

Ini adalah tahap dalam fase terakhir. Anda bisa merawat tanaman teratai dengan telaten dan juga teliti. Namun kalau kunci yang satu ini tak tertinggal kemungkinan tanaman akan baik-baik saja. Kuncinya adalah air jangan sampai kering. Kalau air kering tanaman akan layu.

Nah, bunga teratai sangat suka sekali dengan yang namanya air. Jadi, kalau bisa jangan sampai telat memberikannya air. Taklupa juga adalah pupuk. Karena media tanamnya adalah air, jangan lupa pupuk cairnya. Pupuk cair akan menambah kesuburan bunga teratai sekaligus bisa mempercantik bunganya.

 Nah itulah cara menanam bunga teratai. Pokoknya ketelatenan dan kemauan dalam menanam bunga teratai sangat diperlukan.

Perawatan yang teliti sekaligus perawatan yang rutin wajib dilakukan kalau ingin bunga teratai berbunga dengan indahnya. Air jangan sampai kekeringan. Itu akan membuat tanaman layu.

 

Advertisement
Cara Menanam Bunga Teratai Dalam Pot | admin | 4.5