Cara Menanam Cabai Merah Pot Polybag

Cara Menanam Cabai Merah Pot Polybag – Cabai merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan oleh petani yang ada di Indonesia. Permintaan cabai merah lama kelamaan melambung tinggi.

Advertisement

Apalagi pada hari-hari tertentu seperti hari lebaran, puasa, dan hari besar lainnya, permintaan cabai merah akan melambung tinggi. Namun, permintaan cabai merah yang tinggi tidak sesuai dengan pasokan cabai merah yang ada di pasaran.

Hal ini dikarenakan banyaknya petani yang membudidayakan cabai merah tidak sesuai dengan permintaan cabai merah yang terus melonjak. Sebenarnya kesempatan ini dapat Anda manfaatkan untuk membudidayakan cabai merah.

Membudidayakan cabai merah tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Asalkan Anda tahu bagaimana cara yang baik membudidayakan cabai merah, maka Anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Bagaimana cara membudidayakan cabai merah yang baik? Caranya adalah sebagai berikut.Cara Menanam Cabai Merah Pot Polybag

Cara Menanam Cabai Merah Pot Polybag

Sebelum membudidayakan cabai merah, sebaiknya  ketahuilah terlebih dahulu syarat tumbuh tanaman cabai merah. Syarat tumbuh bagi tanaman cabai merah adalah sebagai berikut.

  1. Cabai merah dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 0-1100 meter diatas permukaan laut.
  2. Cabai merah dapat dibudidayakan pada musim kemarau atau akhir musim hujan. Usahakan tidak membudidayakan cabai merah pada saat musim penghujan. Mengapa begitu? Karena cabai merah sangat rentan terhadap tempat yang basah. Pada saat musim penghujan tanah-tanah akan menjadi basah dan tanaman cabai merah akan mudah terserang penyakit atau hama. Membudidayakan cabai merah pada saat musim hujan bisa mengalami gagal panen dan juga dapat mengalami keberhasilan.
  3. Tanah yang cocok untuk membudidayakan cabai merah adalah yang gembur dan sistem drainasenya yang baik.

Menyemai benih Cabai merah

Sebelum benih disemai, seleksilah benih terlebih dahulu. Benih yang baik adalah ciri-cirinya adalah sebagai berikut.Baca juga Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula

  1. Bentuk, ukuran, dan warna haruslah sama dan seragam.
  2. Tidak ada cacat diseluruh bagian benih.
  3. Tidak ada bekas serangan hama atau pun penyakit.

Setelah terseleksi antara benih yang bagus dan benih yang tidak bagus, lakukanlah tahap penyemaian benih. Tahap menyemai benih caranya adalah sebagai berikut.

  • Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan cara dicangkul.
  • Setelah gembur, buatlah bedengan dengan lebar satu meter dan panjang disesuaikan dengan panjang lahan yang ada.
  • Taburkan pupuk kandang di atas permukaan lahan.
  • Campurkan pupuk kandang dengan tanah.
  • Sebelum digunakan, sebaiknya bedengan selama 42 jam.
  • Sebarkan benih diatas bedengan secara merata.
  • Untuk melindungi benih dari sinar matahari dan hujan deras, buatlah atap diatas bedengan. Atap harus dibuat miring.
  • Persemaian harus disiram dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Memindahkan bibit Cabai Dalam Pot Polybag

Setelah disemaian, selanjutnya bibit dipidahkan ke dalam polibag. Cara memindahkannya adalah sebagai berikut.

  • Sediakan media tanam (tanah, pasir, pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1) dan polibag.
  • Masukkan media tanam di dalam polibag.
  • Lipatlah ujung bagian polibag sebanyak tiga kali.
  • Bibit yang berasal dari persemaian diambil lalu dipindahkan ke dalam polibag.
  • Rawatlah bibit setiap harinya dengan cara menyiram bibit sebanyak dua kali sehari.
  • Setelah berumur 30 hari atau 30 hari lebih, pindahkan bibit di polibag ke lahan penanaman.

Penanaman cabe merah penanaman

Sebelum menanaman cabe merah di lahan penanaman, ada beberapa tahap yang harus Anda jalani. Tahap tersebut seperti mengetahui syarat tumbuh tanaman cabe merah, mempersiapkan benih, menyemai benih, dan memindahkan bibit di dalam polibag.

Setelah semua tahap tersebut Anda jalani, selanjutnya Anda bisa menanam cabe merah di lahan penanaman.Simak juga Keuntungan Budidaya Sayuran Dilahan Sempit

Bagaimana cara menanam cabe merah di lahan penanaman? Caranya adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Beberapa minggu sebelum penanaman dilakukan dilahan terbuka, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu lahan yang akan digunakan untuk penanaman cabe merah.
  • Setelah mendapatkan tanah yang cocok dan sesuai untuk menanam cabe merah, selanjutnya gemburkan lahan. Cara menggemburkan lahan adalah dengan mencangkul lahan.
  • Buatlah bedengan dengan tinggi 28 cm, panjang 4 meter, dan lebar 1 meter.
  • Taburkan pupuk kandang.
  • Lalu campurkan pupuk kandang dengan tanah.
  • Setelah tercampur merata, selanjutnya biarkan tanah tersebut selama dua hari.
  • Kebutuhan akan pupuk kandang disesuaikan dengan luas lahan yang ada.
  • Untuk luas lahan kira-kira 100 meter persegi, kira-kira dibutuhkan 190 kg pupuk kandang.
  • Apabila Anda memiliki modal yang banyak, maka pemasangan mulsa plastik bisa Anda lakukan. Namun, jika Anda tidak memiliki modal yang banyak, maka pemasangan mulsa plastik tidak perlu dilakukan. Pemasangan mulsa plastik tidak selalu dilakukan. Tetapi, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, pemasangan mulsa plastik bisa dilakukan. Untuk penanaman dalam skala rumah tangga biasanya tidak menggunakan mulsa plastik. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan penanaman dalam skala rumah tangga tingkat produksinya lebih sedikit. Jadi, antara penghasilan dengan modal tidak sepadan.
  • Cara memasang mulsa adalah dengan membentangkan mulsa dari ujung bedengan satu ke ujung bedengan lainnya.
  • Disekeliling bawah mulsa pasangkan bambu yang dilipat. Tujuannya agar mulsa tidak terbawa oleh angin.
  • Lubangkan mulsa dengan cara membakar ujung kaleng yang bentuknya bulat. Tempelkan ujung kaleng pada mulsa.
  • Perlubangan mulsa disesuaikan dengan jarak tanam.
  • Jarak tanam yang dianjurkan adalah 45 cm x 55 cm.
  • Masukkanlah bibit ke dalam lubang tanam.
  • Tutup dengan menggunakan tanah.
  • Supaya akar tanam menjadi kuat, padatkan tanah hingga tanah memang benar-benar padat.

Membudidayakan cabe merah haruslah dilakukan dengan baik. Cabe merah haruslah dipelihara dengan baik. Pemeliharaan cabe merah yang baik akan membuat cabe merah menjadi berkualitas. Pemeliharaan cabe merah ada beberapa tahap. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Tahap pemupukan Cabai merah

Pemupukan merupakan hal yang perlu dilakukan. Pemupukan dapat membantu menambah zat hara di dalam tanah. Zat hara sangat berguna bagi tanaman cabe merah. Tanpa adanya zat hara maka tanaman cabe merah tidak akan tumbuh dengan baik karena akan kekurangan zat hara.

Pemupukan dasar dapat dilakukan pada saat persiapan lahan. Setelah pemupukan dasar, pemupukan selanjutnya dapat dilakukan 60 hari setelah cabe merah ditanam. Pupuk yang diberikan pada saat 60 hari setelah tanam adalah jenis pupuk TSP, pupuk urea, dan pupuk KCl.

Pupuk yagn diberikan haruslah sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Bagaimana cara melakukan pemupukan pada tanaman cabe pada saat 60 hari setelah tanam?

Caranya adalah dengan membuat lubang yang dibuat melingkari tanaman dengan jarak 12 cm dari pangkal akar.

Sesudah melakukan pemupukan, selanjutnya tutup lubang yang telah dimasukkan pupuk dengan menggunakan tanah. Pemupukan selanjutnya dapat dilakukan 21 hari sekali sampai 6 kali pemupukan selama satu periodded penanaman.Baca juga Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula

Tahap penyiraman Cabai merah harian

Tanaman cabe merah merupakan tanaman yang memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya. Penyiraman harus cukup. Tidak boleh kekurangan dan tidadk boleh berlebihan. Jangan sampai air bekas penyiraman menjadi tergenang karena kelebihan air.

Apabila air tergenang disekitar lingkungan tanaman cabe, maka hama dan penyakit akan menyerang tanaman cabe. Hama dan penyakit sangat menyukai tanah yang lembap karena tergenang oleh air.

Oleh karena itu, hindari penyiraman yang terlalu berlebihan yang akan menyebabkan air menjadi tergenang. Penyiraman dapat dilakukan dua kali dalam sehari.

Penyiraman pada tanaman cabe merah yang sudah dewasa dapat dilakukkan dengan menggunakan slang, sedangkan penyiraman pada tanaman cabe merah bibit dapat dilakukan dengan menggunakan sprayer halus.

Tahap penyiangan Gulma cabai merah

Tahap penyiangan dapat dilakukan pada saat tanaman cabe merah telah ditumbuhi gulma. Apabila gulma telah tumbuh maka segera lakukan penyiangan dengan cara mencangkul disekitar lingkungan tanaman cabe merah yang telah ditumbuhi gulma.

Gulma yang tidak segera dihilangkan akan menyebabkan hama dan penyakit akan bermunculan. Perlu diketahui bahwa gulma merupakan salah satu penyebab munculnya hama dan penyakit.Baca juga Waktu Umur Panen Bawang Merah Budidaya

Pengendalian Hama penyakit Cabai Merah

Hama dan penyakit timbul karena petani cabe merah tersebut tidak terlalu serius dalam memelihara tanaman cabe merahnya. Hama dan penyakit timbul karena adanya gulma dan genangan air.

Untuk mencegah timbulnya hama dan penyakit, usahakan apabila gulma telah tumbuh segera dihilangkan dan penyiraman tidak terlalu berlebihan.

Jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman cabe merah contohnya seperti lalat buah, hama tungau merah, thrips, busuk daun, penyakit busuk buah, dan penyakit kering buah.

Apabila hama dan penyakit telah terlanjur menyerangan tanaman cabe merah, maka bisa dilakukan penaggulangan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida dengan dosis yang telah ditentukan.

Usia Penen Cabai merah

Panen merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para petani cabai. Sebab, petani akan mengetahui apakah cabai merah hasil penanamannya berkualitas atau tidak.

Jika cabai merah yang dihasilkan berkualitas, maka harga penjualannya akan melambung tinggi. Tetapi, jika cabai merah yang dihasilkan tidak berkualitas, maka harga penjualannya akan merosot.

Tanaman cabai merah dapat dipanen ketika usianya sudah mencapai 75-90 hari. Pemanenan selanjutnya dalam seminggu dapat dilakuakn 1-2 kali. Ciri-ciri cabai merah yang siap untuk dipanen adalah sebagian besar buah dari cabai tersebut berwarna merah.

Pada awal pemanenan hasil yang akan didapatkan lebih sedikit. Namun, setelah menuju puncak pemanenan, hasil panen akan semakin banyak.demikian cara menanam cabai merah pot polybag ini,semoga berguna..salam..Simak juga Cara Menanam Bayam Pot Polybag Pemula

Advertisement
Cara Menanam Cabai Merah Pot Polybag | admin | 4.5