Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Pisang Kipas

Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Pisang Kipas –¬†Bunga pisang kipas adalah tanaman hias yang berdaun menyerupai pisang sungguhan. Namun tanaman ini pendek dengan tangkai batang yang panjang dan menjulang ke atas. Batangnya juga menyerupai batang kelapa.

Advertisement

Tananam hias pisang kipas ini berjenis tananam yang bergerumbul atau berimpang seperti tanaman jahe. Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Pisang Kipas

Bunganya merah dan kuning bertundun seperti buah pisang sedangkan bentuknya pipih, bunganya seperti menyerupai burung. Nah, cara menanam dan membudidayakan bunga pisang kipas adalah sebagai berikut ini :

Cara menanam bunga pisang kipas

  1. Carilah bibit bunga pisang kipas yang berumur kurang lebih 3 minggu.
  2. Lepaskan dari rimpangnya yang pokok atau ambil tunasnya saja dengan akarnya, jika itu masih dalam 1 rumpun pohon yang sama. Dan jika sudah ada dalam polibek atau pot kecil maka tinggallah mengambil dan msudah tersedia.
  3. Sediakan lubangan tanah sedalan 15-20 cm. Alangkah tanah yang digunakan tidak berpasir dan berkerikil atau biasanya orang jawa menyebutnya tanah padas.
  4. Tanam bunga pisang kipas ke dalam tanah jangan lupa pemberian air dan sinar matahari yang cukup setiap pagi dan sore.
  5. Pemberian pupuk dan obat penyakit tanaman yang secukupnya, jangan berlebihan karena akan menyebabkan tumbuhan jadi layu dan mati. Alangkah baiknya berikan pupuk kompos atau pupuk kandang. Karena akan menjaga kesuburan tanah.
  6. Jika anda menanam pisang kipas, maka sediakan pot bunga yang besar. Alangkah baiknya setiap jika ada yang berdaun yang sudah tua dan rusak dipangkas atau dirapikan.

Cara membudidayakan bunga pisang kipas

Advertisement
  1. Pilihlah pohon pisang kipas yang sudah berumur 1 tahun atau lebih dan unggulan untuk calon pembibitan dan pembudidayaan bunga pisang kipas.
  2. Pisahkan setiap bibit-bibit bunga pisang kipas setiap 1 buah pohon bibit bunga pisang kipas pada 1 pot kecil atau pot sedang.
  3. Lakukan perawatan yang rutin dengan pengontrolan benih bunga pisang kipas yang masih hidup atau sudah mati.
  4. Jika ada rumput-rumput yang tumbuh disekitar area pot maka alangkah baiknya anda bersihkan.
  5. Jika tanaman pisang kipas berumur kurang kelih 3 sampai 4 minggu segeralah anda menanamnya pada bidang tanah.
  6. Sediakan tanah yang berkultur tanah gambut atau tanah gembur. Hindari tanah berpasir dan berkerikil atau tanah yang unsur haranya sedikit.

Tanaman pisang kipas ini adalah tanaman peneduh dari sinar  panas matahari sehingga sangatlah bagus jika ditanam di depan rumah atau teras.

Dengan perawatan yang mudah dan cara penanaman bunga pisang kipas ini akan menjadikan peluang bisnis anda. Sehingga alangkah baiknya anda membudidayakan bunga pisang ini sebagai hobi.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara menanam dan budidaya bunga pisang kipas semoga bisa untuk di jadikan rujukan bagi anda yang selama ini mengalami sedikit masalah untuk membudidayakan..

Advertisement
Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Pisang Kipas | admin | 4.5