Cara Menanam dan Merawat Bambu Air

Cara Menanam dan Merawat Bambu Air – Tanaman bambu air merupakan salah satu jenis tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah. Tanaman yang memiliki bentuk seperti bambu yang menjulang panjang dan tumbuh secara berumpun.

Advertisement

Menanam dan merawat bambu air ini juga terbilang mudah, dapat ditanam di pot ataupun di pekarangan rumah. Tanaman yang memiliki nama latin Equisetum hyemale tak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, akan tetapi juga memiliki fungsi sebagai obat.

Menanam dan merawat bambu air ini perlu memperhatikan kandungan air yang diperlukan tanaman tersebut. Dari namanya saja bambu air, sudah menjadi indikasi bahwa tempat hidupnya tentu tempat yang memiliki tingkat kelembaban tinggi.Cara Menanam dan Merawat Bambu Air

Meskipun demikian, tanaman yang juga mendapat julukan paku ekor kuda ini tidak boleh ditanam pada tanah yang terendam air. Hanya perlu suplai air yang lebih sering untuk menanam dan merawat bambu air ini.

Cara menanam Bibit bambu air

Cara menanam dan merawat bambu air bisa dibilang mudah dan tidak rumit. Untuk menanam bambu air hanya dibutuhkan media yang mengandung banyak air sesuai habitat asli tanaman tersebut. langkah-langkah menanam bambu air ini diawali dengan menyediakan media tanam serta pot.

Advertisement

Media tanam untuk bambu air ini sebaiknya pergunakan tanah lumpur. Akan lebih baik lagi jika Anda pergunakan lumpur sawah karena sangat cocok untuk jenis tanaman hias ini.

Berikutnya, cara menanam dan merawat bambu air adalah dengan meletakkan tanaman tersebut pada tempat yang banyak kandungan airnya, bisa dikatakan lembab. Tanaman bambu air ini dapat hidup dengan baik meskipun di bawah paparan sinar matahari langsung.

Hal terpenting tanaman tersebut mendapatkan asupan air yang mencukupi kebutuhannya. Sehingga dalam proses menanam dan merawat bambu air, air berpengaruh pada kelangsungan hidup bambu air. Jika tanahnya mengalami kekeringan dapat mengakibatkan bambu air mati.

Perawatan harian tanaman bambu air

Selain memperhatikan kedua hal tersebut, memangkas batang yang mulai mengering atau berwarna kecoklatan adalah perawatan yang harus Anda lakukan. Bagian tanaman yang telah berubah warna menjadi coklat tersebut pertanda bahwa bagian tersebut mati dan akan digantikan dengan tunas baru bambu air.

Jika tidak segera dipangkas maka bagian yang mati akan menghambat tumbuhnya tunas yang baru. Cara-cara menanam dan merawat bambu air inilah yang harus menjadi perhatian Anda ketika memutuskan untuk menanam tanaman bambu air.

Lakukan juga penggantian pot dan media tanamnya ketika rumpun tunas bambu air telah memenuhi pot. Pisahkan rumpun tersebut menjadi beberapa bagian dan pindahkan ke media tanam dan pot yang baru lebih besar. Selalu lakukan split ini secara berkala saat pot telah penuh.

Beberapa tips menanam dan merawat bambu air tersebut akan menghasilkan tanaman bambu air yang tumbuh secara subur dan segar maksimal, asalkan penanganannya dilakukan dengan benar dan cermat. Sehingga akan menambah hawa segar dan sejuk di pekarangan rumah Anda.

 

Advertisement
Cara Menanam dan Merawat Bambu Air | admin | 4.5