Cara Menanam Dan Merawat Bunga Mawar

Menanam Bunga Mawar-Bunga mawar bisa diperbanyak atau dibudidayakan baik melalui biji ataupun stek dan pembahasan kali ini adalah menanamnya dengan menggunakan biji sebagai benihnya.

Advertisement

Jika anda ingin memperbanyaknya melalui biji maka anda bisa mencari benih-benih bijinya ditoko pertanian, namun benih bunga mawar tersebut tergolong langka. Pilihlah bibit mawar yang telah distratifikasi agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Persiapan awal ketika hendak mulai menanam bunga bernama mawar ini adalah dengan menyiapkan cangkir atau gelas yang terbuat dari plastik dan kemudian berilah sebuah lubang dibagian bawahnya antara 2-3.Cara Menanam Dan Merawat Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga mawar

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya akar bunga mawar bisa tumbuh dengan sempurna. Kemudian siapkan media tanam yang dibutuhkan, letakkan tanah hitam berhumus yang telah dicampur dengan arang sekam dengan perbandingan satu banding satu.

Selanjutnya tanamlah biji mawar tersebut pada media yang telah disiapkan. Kedalaman tanaman tersebut saat ditanam adalah sekitar 0,5 cm.

Setelah ditanam lalu uruk kembali menggunakan tanah. Selanjutnya siram tanaman supaya kelembabannya terjaga. Suhu yang baik untuk penanaman mawar ini adalah sekitar 17-210 C.

Perhatikan pula penyinaran cahaya matahari yang memadai karena cahaya matahari juga sangat penting untuk pertumbuhan pada bibit bunga bernamamawar.

Advertisement

Kebutuhan cahaya matahari pada bibit bunga mawar yang baru ditanam tersebut adalah sekitar 6-7 jam dalam sehari. Cahaya matahari yang baik untuk pertumbuhan tanaman adalah cahaya matahari pagi hingga siang hari.

Saat biji bunga mawar yang ditanam tadi telah berumur  sekitar 4 minggu maka daun akan tumbuh sekitar 3-4 helai. Setelah keadaan seperti itu maka pindahkan bibit tersebut ke dalam pot yang lebih besar.

Untuk memindahkan bibit bunga mawar tadi pada pot yang lebih besar sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari saat matahari sudah tak terlihat lagi.Cara Menanam Dan Merawat Bunga Mawar

Tips merawat Bunga Mawar

Hal tersebut disebabkan karena dalam pemindahan tanaman bunga mawar ke dalam pot yang lebih besar tersebut kelembabannya harus dijaga.

Agar akar bisa masuk dengan sempurna maka lubangilah pot sekitar 4-5 cm sebelum tanaman mawar diletakkan disana. Usahakan untuk meletakkan akar dengan tegak lalu tutuplah kembali lubang tersebut dengan tanah.

Siramlah namun jangan terlalu banyak agar kelembaban tetap terjaga. Upaya pemeliharaan bibit bisa anda lakukan dengan menyiramnya setiap pagi dan sore hari. Perhatikan mendetail jangan sampai gulma atau hama tumbuh pada sekitar tanaman.

Untuk memupuknya, berikanlah pupuk kompos sesuai dengan takaran sekitar segenggam saat tanaman bunga mawar tersebut berumur satu bulan.

Jika langkah-langkah menanam dan merawat tanaman bunga  jenis mawar tersebut telah dilakukan maka indikasi tanaman mawar yang ditanam bisa tumbuh dengan baik.

Jika mawar-mawar tersebut tumbuh lebat maka anda akan senang sesuai dengan harapan anda untuk menghiasi sekeliling anda dengan hiasan yang indah bunga spesial mawar.

 

Advertisement
Cara Menanam Dan Merawat Bunga Mawar | admin | 4.5