Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati di Pot

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati di Pot – Melati termasuk dalam tanaman hias yang bisa hidup menahun dan berupa tanaman perdu dengan batang tegak.

Advertisement

Bunga melati sendiri memiliki bau yang khas nan wangi. Bunga melati merupakan salah satu tanaman khas dari Indonesia yang memiliki berbagai macam kegunaan.

Biasanya di Indonesia menggunakan bunga yasmin sebagai tanaman hias, pelengkap upacara-upacara adat, campuran minyak wangi, biasanya di pulau Jawa menggunakan melati sebagai hiasan untuk sepasang pengantin, bisa juga digunakan untuk campuran membuat teh.Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati di Pot

Biasanya melati tumbuh merambat di depan atau di belakang pekarangan rumah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menanam dan juga merawat bunga melati yang ditanam di pot. Supaya lebih jelas, cobalah perhatikan penjabaran berikut ini tentang cara menanam dan merawat bunga melati di pot:

  • Ketika Anda akan menanam melati, siapkan tanah yang baik lagi subur (tanah gembur) serta mengandung banyak unsur hara untuk menanam melati dan memiliki drainase cukup baik.

  • Apabila Anda tidak mendapatkan tanah yang gembur untuk menanam melati, Anda bisa memperolehnya dari campuran antara tanah yang subur ditambah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, dan pasir dimana perbandingannya adalah 1 : 1 : 1.

    Advertisement
  • Setelah selesai mencampur adonan tadi, siapkanlah pot dengan ukuran sedang kemudian masukkan pecahan genteng atau pecahan batu bara sebagai dasarannya. Setelah itu baru diberi campuran tanah hingga memenuhi 1/3 bagian.

  • Masukkan bunga melati ke dalam pot yang sudah berisi 1/3 adonan tadi. Tekan perlahan menggunakan ibu jari pada media tanam tadi lalu tambahkan campuran adonan hingga 2 cm sebelum terisi penuh.

  • Letakkan melati di tempat yang lembab dan ada sedikit celah untuk mendapatkan sinar matahari secara langsung. Alangkah baiknya jika setiap pagi melati dikeluarkan ke pekarangan rumah supaya bisa tumbuh normal dan berfotosintesis dengan baik.

  • Siramlah melati secara teratur yaitu dua kali sehari. Usahakan airnya tidak menggenangi media tanam dan usahakan kelembapannya normal.

  • Jangan lupa ya untuk memberikan pupuk ketika berusia 2 minggu supaya melati bisa tumbuh dengan baik. Pupuk yang tepat untuk bunga melati yaitu pupuk NPK, dimana dosis yang diberikan yaitu 5 gram untuk setiap tanaman dan diberikan hanya satu bulan sekali.

  • Supaya nutrisi pada pupuk bisa terserap maksimal oleh melati, cabutilah gulma-gulma yang tumbuh disekitar tanaman itu.

  • Saat melati sudah berkembang, lakukanlah pemotongan atau pemangkasan pada batang yang sudah tua, terkena penyakit dan memiliki tingkat kesuburan yang kurang baik supaya memperoleh melati yang indah.

Pada kesempatan kali ini penulis baru bisa memberikan informasi yang berkaitan dengan cara menanam dan merawat melati. Semoga informasi yang sudah di jabarkan dapat memberikan wawasan tambahan tentang tanaman hias.

Advertisement
Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati di Pot | admin | 4.5