Cara Menanam dan Merawat Pohon Flamboyan

Cara Menanam dan Merawat Pohon Flamboyan – Pohon flamboyan merupakan suatu jenis tanaman yang rimbun, memiliki bunga yang berwarna merah menyala. Sehingga tak jarang orang menyebutnya sebagai pohon api.

Advertisement

Sebenarnya tumbuhan pohon flamboyan berasal dari Madagaskar, Afrika. Tumbuhan ini akan sangat meramaikan pekarangan rumah anda, karena warna-warna bunganya yang cerah dan menawan, tidak hanya berwarna merah saja, melainkan orange serta kuning juga tersedia.

Jika anda menanam tumbuhan pohon flamboyan maka hawa sejuk akan anda dapatkan. Bunga dari tumbuhan ini biasanya akan mekar pada musim semi dan panas. Berbentuk layaknya payung yang dapat di fungsikan sebagai perindang.Cara Menanam dan Merawat Pohon Flamboyan

Lalu bagaimana cara menanam tumbuhan pohon flamboyan ini? Berikut caranya:

  • Anda dapat melakukan penanaman tumbuhan pohon flamboyan dengan cara pembibitan. Pembibitan ini pun dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama: Gosoklah semua sisi biji flamboyan yang sudah tua dengan amplas.

  • Kemudian rendam dalam air selama semalam, bijinya akan terkelupas dengan sendiri. Setelah itu, biji siap di semaikan ke dalam pot. Yang kedua: anda hanya perlu melakukan perendaman biji dengan menggunakan air hangat selama sehari semalam.

    Advertisement
  • Jika kulit biji sudah mengelupas, maka itu pertanda bila biji sudah siap untuk melakukan proses persemaian. Apabila anda menggunakan alternatif cara di atas, maka biji dari tumbuhan pohon flamboyan akan tumbuh pada kisaran waktu 4-6 hari.

  • Media Semai: Gunakanlah perpaduan tanah dan pupuk kandang agar tanaman flamboyan lebih subur dan cepat tumbuh.

  • Media tanam: pastikan jika media tanamnya memiliki keasaman tanah (ph) 5,6-6,0.

  • Setelah tumbuhan pohon flamboyan berhasil di semakaian bijinya, dan telah tumbuh pada pot, maka tahap selanjutnya yang harus anda lakukan ialah memindahkannya. Berhubung tanaman ini biasanya tumbuh besar di tanah yang luas nan lapang, maka anda harus memindahkannya ke tempat yang memiliki keluasan.

  • Misalnya pekarangan. Anda harus menanamnya secara tegak lurus di lubang yang memiliki tingkat kedalaman sekitar 50 cm, hal ini di tujukan agar pohon flamboyan tumbuh dengan teratur.

  • Jika tanaman telah di masukkan dalam lubang, timbunlah kembali kemudian jangan lupa padatkan. Upayakan pemberian air secara teratur di awal masa pertumbuhannya.

Untuk cara merawatnya terbilang cukup mudah. Anda hanya harus rutin memberikannya air dan pupuk. Biasanya pemberian pupuk diberlakukan tiap 3 bulan sekali.

Pohon flamboyan memang sangat cepat tumbuh, maka dari itu anda harus telaten dalam memotong dan merapikan tiap dahannya, agar terlihat rapi dan cantik.

Sebaiknya, letak pohon ini di tanam jangan terlalu dekat dengan rumah, dikarenakan memiliki akar yang besar maka bisa saja dapat akar tanaman mengganggu bangunan rumah anda. Sekian, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

 

Advertisement
Cara Menanam dan Merawat Pohon Flamboyan | admin | 4.5