Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula

Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula – Tanaman sayuran Kecipir atau cipir merupakan buah berpolong yang memiliki empat siku seperti sayap. Tanaman kecipir ini telah masuk dan dikenal oleh masyarakat di Indonesia sejak zaman dahulu. Tanaman kecipir ini termasuk tanaman populer karena banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang memanfaatkan kecipir ini, tetapi di negara lain masyarakatnya juga memanfaatkan kecipir.

Advertisement

Dimanfaatkan sebagai apa tanaman kecipir? Tanaman kecipir dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai macam olahan masakan, salah satunya adalah urap dan olahan masakan lainnya. Tidak hanya itu, tanaman kecipir ini juga dimanfaatkan untuk membuat minyak.

Tanaman sayur kecipir yang diolah menjadi masakan merupakan kecipir yang masih muda. Sedangkan tanaman kecipir yang diolah menjadi minyak merupakan kecipir yang sudah tua.

Budidaya kecipir telah dilakukan oleh petani di Indonesia maupun petani di negara lainnya. Budidaya kecipir tidaklah sulit jika mengetahui syarat tumbuh dari tanaman kecpir ini. Bagaimana cara membudidayakan kecipir yang baik? Caranya adalah sebagai berikut.

Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula

Berbicara mengenai tanaman kecipir, siapa yang tidak mengenal tanaman ini. Semua orang pasti mengenal tanaman kecipir. Tanaman yang telah ada sejak dahulu ini kepopulerannya tidak pernah surut.

Mengapa tanaman kecipir dikatakan populer? Hal ini dikarenakan banyak orang yang memanfaatkan kecipir untuk dibuat makanan. Karena banyak dimanfaatkan untuk dibuat makanan, itu artinya banyak orang yang mengonsumsi kecipir.

Karena banyak yang mengonsumsi kecipir dari dulu hingga sekarang membuat nama kecipir tidak pernah pudar walaupun banyak makanan lainnya. Tidak hanya itu, tanaman kecipir juga telah dibudidayakan dari dulu hingga sekarang. Kini budidaya kecipir telah banyak dilakukan oleh petani di Indonesia. Tidak hanya itu, dari kalangan bukan petani saja sudah mulai membudidayakan kecipir.

Membudidayakan kecipir dianggap mudah. Karena mudahnya membudidayakan kecipir ini lah membuat banyak petani mulai melakukan budidaya kecipir.Simak Juga Cara Menanam Cabai Merah Pot Polybag

Tanaman kecipir yang baik bisa didapatkan oleh petani jika petani memellihara tanaman kecipir ini dengan baik. Apabila petani tidak membudidayakan kecipir dengan baik, maka tanamna kecipir yang dihasilkan tidaklah baik.Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula

Syarat Tumbuh Tanaman Kecipir.

Syarat tumbuh bagi tanaman kecipir adalah sebagai berikut.

  • Kecipir dapat tumbuh di daerah mana saja, baik itu daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi.
  • Daerah yang berketinggian 1-1500 meter di atas permukaan laut merupakan daerah yang cocok digunakan untuk budidaya kecipir.
  • Dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja.
  • pH tanah yang cocok adalah 4,4-5,4.
  • Dan suhu udara yang cocok untuk membudidayakan kecipir adalah 19-31 derajat celcius.

Memilih benih kecipir terbaik

Setelah mengetahui syarat tumbuh bagi tanaman kecipir, selanjutnya pilihlah benih. Kecipir merupakan tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji. Benih kecipir dapat dibeli maupun dibuat sendiri. Apabila ingin membeli benih kecipir, maka bisa dibeli di toko pertanian. Pilihlah benih yang bersertifikat.

Sedangkan apabila ingin membuat benih kecipir, maka bisa dilakukan dengan cara mengambil biji dari kecipir yang sudah tua. Biji yang digunakan harus seragam, sehat, tidak keriput, berproduksi tinggi dan berisi. Setelah diambil bijinya, lalu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah dijemur barulah benih bisa ditanam.

Sebelum benih ditanam, sebaiknya benih diseleksi terlebih dahulu. Cara menyeleksinya adalah dengan merendam benih ke dalam air. Benih yang baik adalah benih yang tidak mengambang.

Mengolah tanah dan menanam kecipir

Sebelum menanam benih kecipir, sebaiknya olah lah tanah terlebih dahulu. Cara mengolah lahan adalah sebagai berikut.

  • Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan cara mencangkul lahan.
  • Setelah gembur, buatlah bedengan terlebih dahulu.
  • Panjang bedengan disesuaikan dengan lahan yang ada, tinggi bedengan 15 cm, dan lebar bedengan adalah 15 cm.
  • Buatlah parit diantara bedengan satu dengan bedengan lainnya.
  • Tebarkan pupuk kandang diatas bedengan. Pupuk kandang ini digunakan sebagai pupuk dasar.
  • Campurkan pupuk kandang dengan tanah bedengan.

Setelah mengolah lahan, barulah benih bisa ditanam. Cara menanam benih kecipir adalah sebagai berikut.Baca Juga Cara Menanam Cabai Rawit Pot Polybag

  • Buatlah lubang tanam dengan jarak antara tanaman satu dengan tanaman lainnya 20 cm.
  • Lubang tanam dibuat sedalam 4 cm.
  • Isilah setiap lubang tanam dengan tiga benih.
  • Tutup lah dengan menggunakan tanah tipis.

Perawatan Lanjutan Tanaman kecipir setelah tanam.

Tanaman kecipir merupakan tanaman yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Budidaya kecipir telah dilakukan oleh petani di Indonesia sejak dahulu. Budidaya kecipir tidaklah sulit, tetapi harus mengetahui beberapa hal.Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula

Advertisement

Salah satunya adalah pemeliharaan kecipir. Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika memelihara kecipir. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Tahap memasang ajir kecipir

Apa itu ajir? Ajir merupakan sebuah tempat merambatnya tanaman. Apakah semua jenis tanaman dipasang ajir? Tidak semua jenis tanaman yang dapat dipasangi ajir. Hanya sebagian tanaman saja yang dipasangi ajir.

Jenis tanaman apa saja yang dapat dipasangi ajir? Jenis tanaman merambatlah yang dapat dipasangi ajir. Salah satu tanaman merambat adalah tanaman kecipir.

Tanaman kecipir merupakan tanaman yang harus dipasangi ajir karena tanaman kecipir merupakan tanaman merambat. Tanaman kecipir dapat dipasangi ajir pada saat sudah memiliki panjang 12 cm. Ajir yang digunakan terbuat dari belahan bambu dengan panjang 150 cm.

Pupuk terbaik untuk tanaman sayur kecipir.

Pemupukan yang diberikan kepada tanaman kecipir ada dua jenis, yaitu pemupukan dasar dan pemupukan anorganik. Pemupukan dasar dilakukan pada saat pengolahan lahan. Pupuk yang dipakai adalah pupuk kandang. Cara melakukan pemupukan dasar adalah dengan menaburkan pupuk kandang diatas lahan.Baca juga Cara Budidaya Jamur Merang Panduan Pemula

Sedangkan pemupukan anorganik dapat dilakukan ketika umur tanaman mencapai tujuh hari setelah tanam dan tiga puluh hari setelah tanam. Pupuk yang diberikan adalah campuran dari pupuk urea, pupuk KCl, dan pupuk SP-36.

Berikan pupuk sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan, yaitu sekitar 2,4 gram setiap jenis pupuknya. Cara memberikan pupuk anorganik ini adalah dengan memasukkan pupuk ke dalam lubang pupuk. Setelah itu barulah lubang pupuk ditutup dengan menggunakan tanah.

Tahap penyiraman Harian kecipir.

Untuk tanaman yang sudah besar penyiraman yang baik dapat dilakukan dua kali dalam sehari. Dan untuk tanaman yang masih kecil penyiraman yang baik dapat dilakukan satu kali dalam sehari.

Tanaman kecipir merupakan tanaman yang tahan terhadap kering. Jika tidak disiram dalam sehari tidak lah masalah. Namun, jangan biarkan tanaman ini kekeringan. Tanaman kecipir jika sudah kekeringan akan mati.

Untuk itulah, jangan biarkan tanaman kecipir sampai kekeringan. Walaupun kecipir tahan terhadap kekeringan, tetaplah lakukan penyiraman agar tanaman kecipir tidak kekeringan.

Tahap pendangiran dan penyiangan

Tahap pendangiran dan penyiangan dapat dilakukan bersamaan. Pendangiran merupakan tahap dimana tanah yang ada di bawah bedengan dinaikkan di atas bedengan. Sedangkan tahap penyiangan merupakan tahap dimana gulma yang ada disekitar tanaman dicabuti dengan cara dicangkul.

Bagaimana cara melakukan pendangiran dan penyiangan secara bersamaan? Caranya adalah dengan mencangkul tanah sampai gembur.Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula

Setelah itu, angkat tanah yang turun dibawah bedengan dinaikkan ke atas bedengan. Tanah-tanah yang dicangkul menyebabkan gulma menjadi naik ke atas. Dengan begitu gulma dapat dicabut dan kemudian dikubur.Baca juga Cara Menanam kangkung Cabut Potong Pemula

Pengendalian Hama Penyakit Kecipir.

Banyak hal yang akan terjadi jika petani memelihara kecipir dengan tidak baik. Salah satunya adalah hama dan penyakit. Hama dan penyakit merupakan dua hal yang paling ditakuti oleh semua petani sayuran, termasuk petani kecipir. Hama dan penyakit dapat menyerang tanaman kecipir karena petani tidak menjaga kebersihan lingkungan sekitar penanaman.

Contohnya seperti gulma-gulma liar yang tidak pernah dicabur. Gulma atau rumput liat yang tidak pernah dicabut akan menyebabkan hama dan penyakit berdatangan.

Hal ini dikarenakan gulma biasanya dijadikan tempat untuk bersembunyi bagi hama dan penyakit. Ada banyak sekali jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman kecipir. Apa-apa saja jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman kecipir?

Jenis-jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman kecipir diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Penyakit cendawan Worunella psophocarpi. Penyakit cendawan ini sering kali menyerang tanaman kapri. Penyakit ini menyerang pada bagian buah tanaman kecipir. Apa akibatnya jika penyakit cendawan Worunella psophocarpi ini menyerang tanaman kecipir? Akibat yang akan ditimbulkan jika penyakit ini menyerang tanaman kecipir adalah salah satu bagian buah ada yang bengkak. Pembengkakan pada salah satu bagian buah tanaman kecipir adalah karena di dalam bagian yang bengkak tersebut mengandung air. Selain itu, akibat lainnya adalah buah menjadi keriput dan buahnya mudah patah.
  • Hama ulat keket. Hama ulat keket ini menyerang pada bagian daun dan bunga tanaman kecipir. Apa akibat yang akan ditimbulkan? Yang akan ditimbulkan adalah daun akan menjadi rusak, bahkan apabila penyerangan sudah lama akan mengakibatkan semua daun rusak dan hanya tertinggal tulang daunnya saja. Apabila menyerang bunga tanaman, maka akan mengakibatkan pertumbuhan bunga menjadi tidak normal.

Bagaimana cara menanggulangi hana dan penyakit? Cara menanggulanginya adalah dengan menyemprotkan cairan fungisida atau cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.demikian panduan lengkap Cara menanam kecipir kusus pemula baik dalam pot dan polybag serta menanam cipir di lahan terbuka.semoga berguna dan bermanfaat..Artikel terkait Cara Menanam Kacang Panjang Panduan Pemula

Advertisement
Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula | admin | 4.5