Cara Menanam Mawar Dengan Stek

Stek Bunga Mawar – Stek adalah tenik pembibitan dengan menanam kembali bagian tertentu pada tanaman. Pembibitan menggunakan teknik stek dinilai lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan pembibitan melalui teknik lain seperti pembibitan dengan cangkok atau biji.

Advertisement

Selain mudah dan praktis, pembibitan melalui teknik stek sangat digemari karena bibit yang ditanam akan memiliki sifat 100% sama dengan induk.

Jenis pembibitan melalui stek ada dua macam, yaitu stek batang dan stek daun. Stek batang dilakukan dengan menanam kembali batang indukan, sedangkan stek daun dilakukan dengan menimbun daun dalam media tanam.Cara Menanam Mawar Dengan Stek

Dalam prakteknya, pembibitan melalui stek batang sering dilakukan pada bunga mawar. Menanam bunga mawar dengan stek sering dilakukan karena mudah dan dapat dilakukan sewaktu waktu.

Beda halnya dengan menanam mawar melalui biji yang harus menunggu tanaman mawar berbiji atau membeli biji mawar telebih dahulu.

Menanam mawar dengan stek sebenarnya hal yang mudah, hanya saja perlu memperhatikan beberapa hal agar bibit yang ditanam tidak mengering. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat menanam mawar dengan stek:

Bibit yang ditanam

Batang yang dapat digunakan untuk proses stek adalah batang mawar yang sudah tua. Biasanya ditandai dengan warna batang yang mulai gelap dan juga jarak antar duri yang melebar.

Advertisement

Sebenarnya, menggunakan batang yang masih muda pun bisa, hanya saja peluang keberhasilannya sangat kecil karena batang yang masih muda lebih mudah mengering.

Media tanam

Menanam mawar dengan stek akan berhasil jika media tanam yang digunakan adalah media yang tepat. Karena bunga mawar tergolong memiliki akar serabut, maka media tanam yang paling cocok adalah media tanam dengan tekstur gembur.

untuk itu gunakan campuran sekap, pasir dan tanah sebagai media tanam atau bisa juga menggunakan tanah hitam (bisa anda beli di toko tanaman).

Pupuk

Jangan gunakan pupuk jenis apapun selagi pembibitan. Pemberian pupuk justru akan menghambat proses pengakaran.

Kadar air

Jaga kadar air bibit mawar anda, jangan sampai terlalu basah dan jangan sampai terlalu kering.

Intensitas cahaya

Bibit bunga mawar akan mudah tumbuh di tempat yang sejuk dan tak terkena sinar matahari langsung. Meletakkan bibit bunga mawar di tempat yang gelap juga akan mempercepat proses pengakaran.

Usaha menanam mawar dengan stek dikatan berhasil jika kuncup daun berwarna merah sudah mulai keluar dari sela sela batang. Tungulah kuncup daun ini hingga berwarna hijau lalu pindahkan bibit mawar ditempat yang anda inginkan.

Jika anda ingin memindahkan bibit mawar dalam pot pastikan anda meletakkan beberapa batuan kecil agar kelebihan air dapat keluar dari pot dengan lebih mudah sehingga akar tidak mudah busuk.

Itulah cara menanam mawar dengan stek yang dapat anda coba sendiri di rumah. Mudah bukan?

 

Advertisement
Cara Menanam Mawar Dengan Stek | admin | 4.5