Cara Menanam Mawar Rambat Dalam Pot

Cara Menanam Mawar Rambat dalam pot – Bunga mawar adalah salah satu bunga yang banyak digemari oleh masyarakat luas, karena bunga mawar memiliki berbagai macam-macam warna yang indah dimana warna tersebut dapat digunakan untuk mengungkapkan perasaan seseorang.

Advertisement

Bunga mawar sendiri merupakan tanaman semak yang masuk dalam kategori genus rosa. Sebutan queen of floweryang artinya ratunnya bunga dan sebutan ini telah tersematkan secara khusus pada bunga mawar, hal ini dikarenakan mahkota pada bunga mawar begitu indah.Cara Menanam Mawar Rambat Dalam Pot

Pada umumnya bunga mawar hanya bisa tumbuh hingga setinggi 2 m – 5 m, namun jika bunga mawar tumbuh merambat di tanaman lain, panjangnya bisa mencapai 20 m.

Bunga mawar bisa tumbuh subur dimana saja, baik di daerah yang memiliki iklim sedang, tropis, subtropismaupun daerah dengan 4 musim (musim panas, musin gugur, musim semi, dan musim dingin).

Bunga mawar secara umum dapat dikelompokkan menjadi 4 macam yang didasarkan pada sifat dan juga cara pertumbuhannya yaitu:

  • Bunga mawar semak (grandflora dan floribunda), biasanya bunga mawar semak ditanam supaya bisa dijadikan sebagai pagar. Bunga mawar semak memiliki tangkai panjang dimana bunganya bersatu membentuk suatu rangkaian besar.

  • Bunga mawar kerdil (polyantha) bisa disebut juga sebagai bonsai. Bunga mawar kerdil merupakan tanaman bunga dalam pot dimana rangkaian pada bunga mawar yang satu ini mempunyai ukuran yang kecil.

  • Bunga mawar pohon (hybrid tea) memiliki mahkota dengan ukuran besar, tangkai bunganya panjang, susunan bunganya kompak, dan bunganya tunggal. Bunga mawar pohon sering dijadikan sebagai bunga mawar potong.

    Advertisement
  • Bunga mawar liana atau bunga mawar rambat (climbing rose). Bunga yang dihasilkan oleh mawar rambat bisa bunga tunggal dan juga bunga rangkap.

Itulah pembahasan seputar bunga mawar dan macam-macam bunga mawar yang didasarkan pada sifat serta cara pertumbuhannya. Untuk pembahasan selanjutnya yaitu mengenai cara menanam bunga mawar rambat. Lebih jelasnya, perhatikan ulasan berikut ini:

  1. Untuk menanam bunga mawar rambat bisa menggunakan media pot, tanah, atau polybag. Pada dasarnya bahan yang digunakan sebagai media tanamnya sama yakni berupa tanah subur dan sebelumnya telah diberi pupuk kompos atau pupuk kandang.Namun jika di pekarangan atau di sekitar rumah Anda yang ada hanya tanah liat, Anda bisa mencampurkan tanah tersebt dengan pasir dan juga pupuk dimana perbandingannya adalah 1 : 1 : 1.

  2. Cara menanam bunga mawar rambat selanjutnya siapkan lahan, pot atau polibag yang akan digunakan untuk menanam mawar rambat. Kemudian berilah tanah yang sudah dicampur tadi. Selanjutnya, pilihlah bibit mawar rambat yang unggul.

  3. Masukkan bibit bunga tadi kedalam tempat penanaman dan tunggulah hingga mawar rambat tumbuh mencapai 10 cm. Jangan lupa ya ketika Anda menanam bunga mawar rambat berikanlah jarak 1 m – 2 m antara tanaman satu dengan yang lainnya.

  4. Cara menanam bunga mawar rambat selanjutnya, buatlah tempat rambatan yang digunakan untuk pertumbuhannya. Tempat rambatannya bisa terbuat dari kayu, bambu, tanaman lain, atau pagar. Tunggulah hingga mawar tumbuh tinggi lalu kaitkan batang dan daunnya sesuai dengan pola rambatan yang telah Anda buat.

  5. Cara menanam bunga mawar rambat terakhir, siramilah bunga mawar rambat secara teratur yakni setiap pagi dan sore hari. Satu lagi, berikan pupuk dan pembasmi hama secara teratus agar mawar rambat dapat tumbuh subur.

Itulah beberapa cara menanam bunga mawar rambat yang dapat anda coba lakukan di rumah. Nah, semoga informasi dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba.

 

Advertisement
Cara Menanam Mawar Rambat Dalam Pot | admin | 4.5