Cara Menanam Nanas Kerang Kusus Pemula

Cara Menanam Nanas Kerang kusus pemula- Nanas kerang atau yang memiliki nama latin Rhoeo discolor adalah tanaman hias daun yang berasal dari meksiko bagian selatan, amerika tengah dan karibia.

Advertisement

Tumbuhan ini tergolong dalam tumbuhan parennial atau tahunan, namun cara menanam nanas kerang cukup mudah dan memiliki kemungkinan pertumbuhan yang sangat tinggi. Selain itu, nanas kerang juga tak perlu perawatan khusus sehingga banyak di budidayakan di indonesia.

Nanas kerang sering juga disebut sebagai daun sesongkokan, bangka bangkaan atau daun adam hawa. Umumnya daun tanaman ini memanjang menyerupai daun pandan atau daun nanas namun berarir, berdaging tebal dan tak berduri.Cara Menanam Nanas Kerang Kusus Pemula

Warna daun nanas kerang hijau tua dibagian atas namun berwarna ungu kemerahan di bagian bawah daun. Daunnya tumbuh memeluk batang dengan lebar sekitar 3-6 cm dan panjang sekitar 30 cm.

Daun yng melingkar merata, membuat batang yang berwarna kecoklatan tertutup sempurna sehingga membuatnya  nampak seperti tanaman yang tak memiliki batang. Batang tanaman ini juga kasar dan mengandung banyak air namun tak berbulu maupun berduri.

Selain sebagai tanaman hias penutup tanah, banyak orang yang menanam nanas kerang karena manfaatnya. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa nana skerang dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan, antitumor dan antimutagenik.

Advertisement

Khassiat lain yang dapat diambil dari tanaman ini adalah obat anti peradangan, obat batuk, berak darah, diare, pengencer dahak dan juga pembersih darah alami.

Cara menanam nanas kerang tebagi dalam dua metode, yaitu vegetatif dan genetatif. Secara vegetatif dapat dilakukan dengan stek batang dan pemisahan anakan. Sedangkan dengan cara generativ dapat dilakukan dengan penanaman biji (jarang dilakukan).

Cara menanam nanas kerang dengan stek batang

Pilihlah batang tanaman yang sudah tua dan memiliki akar yang kuat. Potonglah ujung batang hingga kira kira cukup untuk ditanam. Untuk media tanam, anda tak usah khawatir, karena tanaman jenis ini tetap dapat tumbuh di tempat yang minim unsur hara sekalipun.

Untuk memastikan nanas kerang dapat tumbuh dengan baik, cukup lakukan penyiraman secara rutin di pagi dan sore hari.

 Cara menanam nanas kerang dengan pemisahan anakan.

Nanas kerang akan menghasilkan anakan yang terhubung dengan induknya melalui akar sambung. Untuk memperbanyak dan mempercepat penyebaran nanas kerang, anda bisa memisahkan anakan ini sebagai tanaman baru. caranya, potong akas sambung dan tanam di tempat yang terpisah.

Cara menanam nanas kerang dengan biji.

Nanas kerang tergolong dalam tanaman spermatophyta atau tanaman yang menghasilkan biji. Nanas kerang yang telah mampu menghasilkan biji ditandai dengan munculnya bunga kecil berwarna putih.

Cara menanam nanas kerang dengan biji jarang dilakukan karena dianggap lama dibanding dengan penanaman menggunakan teknik stek atau pemisahan anakan.

Advertisement
Cara Menanam Nanas Kerang Kusus Pemula | admin | 4.5