Cara Menanam Rumput Hias Taman Hijau Indah

Cara Menanam Rumput hias taman hijau indah- Menanam rumput taman-Berbeda dengan rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman baik di sawah maupun di kebun, rumput taman baik rumput gajah mini maupun rumput jepang justru memperindah pemandangan jika ditanam dan di rawat dengan baik.

Advertisement

Keberhasilan dalam merawat dan menanam rumput taman sangat dipengaruhi oleh tahapan dalam penanaman yang tepat. Saat menanam rumput taman beberapa hal yang perlu anda perhatikan diantaranya:Cara Menanam Rumput Hias Taman Hijau Indah

Tempat penanaman rumput taman

Ketika menanam rumput taman anda bisa memilih lokasi yang tidak terlampau teduh dan tidak terlampau panas.

Rumput taman baik rumput jepang maupun rumput gajah umumnya suka dengan media tanam setengah teduh.  Padukan dengan tanaman pelindung untuk meminimalkan terik matahari jika lahannya terkena sinar matahari penuh.

Kesuburan tanah

Kesuburan tanah merupakan aspek terpenting yang mempengaruhi kesuksesan dalam menanam rumput taman. Supaya nantinya rumput bisa tumbuh dengan subur, lahan yang hendak ditanami rumput taman sebaiknya pastikan tananya berhumus.

Jika tanahnya bekas galian maka anda bisa menambahkan top soil/tanah humus dan pupuk kandang paling tidak 15 cm untuk mempermudah perawatan rumput taman selanjutnya.

Cara menanam rumput taman

Ketika menanam rumput pada taman anda sebaiknya memperhatikan perataan tanah agar rumput yang tumbuh nantinya rata dan tidak bergelombang seperti karpet.

Anda bisa menggunakan cangkul untuk meratakan tanah dan sesudah penanaman bisa dipukul-pukul dengan balok kayu atau papan.

Advertisement

Menyirami rumput taman

Penyiraman pada rumput taman yang telah ditanam sangat penting untuk memaksimalkan penyerapan zat hara dari dalam tanah. Anda bisa menyiram rumput taman anda paling tidak 1 kali sehari.

Pemberian pupuk|

Proses pemupukan ini dilakukan untuk menambahkan kandungan hara dalam tanah setelah menanam rumput taman.

Anda bisa menggunakan pupuk majemuk yang mengandung unsure hara seperti NPK atau pupuk tunggal yang mengandung unsure hara seperti: KCL, TSP, urea dll.

Pemangkasan rumput taman

Ketika menanam rumput taman maka nantinya akan tumbuh dengan subur pasti berdampak pada kepadatan rumput yang membuatnya tampak bergelombang dan tidak rapi.

Untuk itu anda harus memangkasnya dengan mesin potong rumput maupun gunting pangkas besar. Anda bisa memangkas sekali dalam 1 atau 2 bulan sesuai kesuburan rumput.

Penggemburan tanah

Dengan sejalannya waktu rumput taman anda yang telah tumbuh dengan subur pasti tanahnya menjadi keras dan padat.

Sehingga anda harus menggemburan kembali tanah untuk mempermudah aerasi udara dan penyerapan air dalam tanah. Untuk menggemburkan kembali tanah  tersebut bisa anda lakukan dengan menusukkan alat garpu tanaman kedalam tanah kemudian diungkit sedikit.

Pengendalian hama dan penyiangan gulma

Seperti menanam tanaman hias lain dalam menanam rumput taman pasti akan ditumbuhi rumput liar, jamur dan ulat.

Untuk penyiangan gulma rumput bisa anda lakukan dengan sesering mungkin mencabutinya karena setelah rumput taman tumbuh subur dan menutupi tanah akan hilang dengan sendirinya.

Untuk mengatasi ulat anda bisa menyemprot rumput dengan pestisidan dan fungisida untuk mengatasi jamur.

Cara merawat dan menanam rumput taman yang tepat akan sangat mempengaruhi keindahan rumput agar seperti permadani hijau.

 

Advertisement
Cara Menanam Rumput Hias Taman Hijau Indah | penulis | 4.5