Cara Menanam Tabulampot Belimbing Manis

Cara Menanam Tabulampot Belimbing Manis – Tabulampot adalah singkatan dari tanaman buah dalam pot. Banyak jenis buah yang bisa ditanam dalam pot, dengan cara tanam tabulampot belimbing manis pada pot maka akan lebih mudah dalam perawatan dan pemanenannya. Hal itu dikarenakan tanaman tidak sebesar pohon pada umumnya.

Advertisement

Hanya saja buah yang dihasilkan tidak bisa selebat buah yang dihasilkan dari tanaman di pekarangan ataupun di ladang. Belimbing adalah satu jenis buah yang bisa dibudidayakan di tabulampot.

Tabulampot belimbing manis sangat digemari para pecinta tanaman hidroponik atau vertikalkultural. Dengan adanya tabulampot membuat mereka bisa menghemat lahan dan mendapatkan hasil buah manis yang bisa dipetik dengan mudah tanpa harus memanjat.Cara Menanam Tabulampot Belimbing Manis

Cara Menanam Tabulampot Belimbing Manis

Lalu bagaimana cara menanam belimbing dengan tabulampot? Berikut cara dan langkah-langkahnya menanam tabulampot belimbing manis.

Persiapan media tanam

Langkah pertama kali adalah menyiapkan media tanam, belilah pot yang berukuran besar atau secukupnya sesuai kantong anda. Media tanam menggunakan tanah berupa campuran dari tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan menggunakan perbandingan 1 : 1.

Tanah yang akan digunakan usahakan tanah yang bersih dan subur tanpa adanya plastik atau batu-bata pecahan gunakan 100 % tanah. Sedang pupuk kandang berupa kotoran dari hewan seperti ayam, kambing dll dengan mengeringkan kotoran tersebut atau dalam keadaan basah sekalian. Kompos berupa daun-daun yang diubah menjadi pupuk.

Penyiapan bibit

Advertisement

Bibit bisa dibeli, belilah yang bibit yang berkualitas baik dan super untuk tabulampot belimbing manis. Atau bibit juga bisa dicangkok dari tanaman belimbing yang berkualitas dan terbukti menghasilkan buah yang lebat. Bibit bisa ditanam di polibag, akan lebih mudah dengan membeli bibit unggul yang banyak di pasaran tanaman.Baca juga Manfaat dan Khasiat Daun Belimbing Bagi Kesehatan

Penanaman bibit

Bibit yang ditanam harus dibuang terlebih dahulu polibagnya, dan penuhi pot dengan tanah dan pupuk kandang berbanding 1 : 1. Setelah itu, tambahkan air agar memudahkan dalam menanam dan supaya tanah lebih gembur.

Buat lubang pada bagian tengah pot secukupnya, lalu masukkan bibit tanaman dengan sedikit menekan agar tidak goyang atau strees saat terguncang oleh angin. Sesudah bibit dimasukkan dan ditimbun dengan tanah, maka langkah selanjutnya adalah mengurangi jumlah daun.

Hal ini dimaksutkan untuk tanaman dapat cepat tumbuh dan fotosintesis berfokus pada tumbuh tanaman. Selain itu juga mengurangi daun pada bibit tabulampot belimbing manis bermanfaat mengurangi penguapan, sebab akar-akarnya belum mampu sepenuhnya menyerap air dari dalam tanah.

Pemeliharaan tanaman

Dalam memelihara tabulampot belimbing manis lakukan pengecekan setiap hari. Untuk pemupukan dilakukan 3 bulan setelah bibit ditanam, untuk penyiraman lakukan pagi dan sore setiap hari. Lakukan penyiraman sampai air keluar mengalir dari bawah pot.

Pemupukan dan pengendalian hama

Pemupukan tabulampot belimbing manis dilakukan dengan pupuk NPK (15 : 15 : 15) sebanyak 2 sdm dan dengan dicampur air 2 sendok / 10 liter. Untuk hama lakukan pengecekan sekala berkala agar tanaman terhindar dari hama yang merusak tanaman.

Cara-cara tabulampot belimbing manis tersebut sangat efisien dilakukan di tempat yang teduh, dengan perawatan yang mudah serta pengecekan tanaman secara berkala secara teratur. Dengan adanya tabulampot ini anda bisa menikmati buah belimbing manis dari pot anda sendiri.demikian baca juga Manfaat Jus Belimbing Serta Cara Membuatnya

Advertisement
Cara Menanam Tabulampot Belimbing Manis | admin | 4.5