Cara Menanam Tanaman Keladi Red Star

Cara Menanam Tanaman Keladi Red Star – Siapa yang tak mengenal jenis tanaman hias yang satu ini. Keindahan tanaman keladi red star ini terletak pada daunnya yang memiliki bentuk dan warna unik.

Advertisement

Keindahan dari tanaman ini tepatnya pada bagian urat daunnya yang mempunyai bentuk seperti bintang dan berwarna merah, memiliki tangkai daun agak kemerahan dengan ada belang hitam.

Menanam tanaman keladi red star ini termasuk mudah dan perkembangannya terbilang cepat dengan menjaga media tanam yang lembab.Cara Menanam Tanaman Keladi Red Star

Untuk Anda yang penasaran dengan tanaman hias yang satu ini maka di sini akan diuraikan beberapa tips menanam tanaman keladi red star yang benar agar tanaman tersebut dapat tumbuh dan berbunga dengan baik. Berikut beberapa tips yang patut Anda simak:

  • Anda terlebih dahulu harus memilih pot, sesuaikan dengan ukuran tanaman hias keladi red star yang akan Anda tanam. Selain itu, pastikan bahwa pot mempunyai cukup lubang drainase.

  • Pemilihan pot dapat dipilih bahan dari keramik, semen, tanah liat atau bahkan plastik. Untuk menanam tanaman keladi red star ini termasuk jenis tanaman hias yang membutuhkan kelembaban dan cocok untuk diletakkan pada teras rumah atau sudut ruangan.

  • Cara menanam tanaman keladi red star dalam pot yang terpenting adalah memperhatikan media tanamnya. Salah satu tips tepat untuk tanaman hias Anda adalah dengan menambahkan pecahan batu bata atau genting di bagian dasar pot.

    Advertisement
  • Hal ini bertujuan agar air tidak menggenang dengan adanya pecahan genting atau bata yang dapat mengikat air lebih lama dan memberikan ruang drainase dan aerase yang baik.

  • Kemudian cara berikutnya adalah dengan memasukkan media tanam ke dalam pot dengan campuran antara pasir kerikil, pakis, cocopeat, serta arang kayu. Serta tambahkan pula menambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang juga.

  • Cara menanam tanaman keladi red star berikutnya adalah dengan menanam bibit atau tunas bunga dalam media yang telah disiapkan dengan sisa 3cm pada bibir pot. Kemudian siram pada media tanamnya.

Setelah melakukan proses menanam tanaman keladi red star tersebut maka Anda harus melakukan perawatan juga untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangannya. Berikut cara merawat keladi red star:

  1. Melakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore, bawalah keluar ruangan ketika dilakukan penyiraman agar tanaman keladi red star dapatkan udara yang segar serta pencahayaan lebih terang. Masukkan kembali tanaman hias tersebut ke dalam ruangan dalam keadaan pot bersih seusai disiram.
  2. Tanaman hias indoor keladi redstar ini harus mendapatkan pencahayaan dari matahari serta adanya sirkulasi udara yang segar di luar ruangan. Taruhlah tanaman hias tersebut di luar ruangan selama tiga jam.
  3. Lakukan pemupukan secara teratur dengan pupuk organik maupun kimia baik di media tanam maupun dengan cara disemprotkan. Lakukan juga penyemprotan hama agar tanaman keladi redstar terhindar dari serangan penyakit.
  4. Anda juga harus melakukan pemotongan daun yang menguning dan cabang batang yang mulai mengering atau membusuk.
  5. Lakukan penggantian pot jika tanaman atau akar sudah mulai membesar dan lakukan penggantian media tanam secara rutin.

Demikian tadi beberapa cara menanam tanaman keladi redstar beserta perawatannya. Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda pecinta tanaman hias khususnya keladi redstar.

 

Advertisement
Cara Menanam Tanaman Keladi Red Star | admin | 4.5