Cara Menanam Terong Di Pot Polybag

Cara Menanam Terong Di Pot Polybag – Tanaman terong merupakan tanaman yang memiliki beberapa varietas, diantaranya seperti varietas berbentuk lonjong dan varietas berbentuk bulat.

Advertisement

Tanaman terong memiliki dua warna, yaitu terong dengan berwarna ungu dan terung yang berwarna hijau muda. Tanaman terung banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sayuran. Sayuran terong sangat enak rasanya.

Selain dari pada enak, tanaman terung juga memiliki kandungan zat gizi, seperti flavonoid, asam folat, memiliki serat yang tinggi, serta nasunin.

Terung juga terkenal dengan beberapa khasiatnya bagi tubuh manusia. Contoh khasiat tanaman terung bagi tubuh manusia seperti menurunkan kolesterol, mencegah rusaknya otak bayi di dalam kandungan, dapat sebagai obat diabetes, dan juga dapat sebagai antioksidan bagi tubuh.Cara Menanam Terong Di Pot Polybag

Cara Menanam Terong Di Pot Polybag

Tanaman terong kini juga telah dibudidayakan. Budidaya terung dapat dilakukan dimana saja. Baik itu di daerah dataran tinggi maupun di daerah dataran rendah. Suhu udara yang cocok untuk pertumbuhan terung adalah 23-29 derajat celcius.Simak juga Cara Budidaya Jamur Merang Panduan Pemula

Untuk tanah, tanah yang memiliki tekstur lempung berpasir, subur, memiliki pH 4-7 merupakan tanah yang cocok untuk pertumbuhan terung. Selain itu, sistem drainase maupun aerasi tanah haruslah baik.

Menyiapkan benih terong terbaik.

Tanaman terong merupakan tanaman yang dapat diperbanyak dengan menggunakan biji. Benih tanaman terung dapat dibuat sendiri. Cara membuat benih terung adalah dengan memilih terlebih dahulu tanaman terung yang cocok untuk dijadikan benih.

Tanaman terong yang akan dijadikan sebagai benih berasal dari tanaman yang sehat dan memiliki produktivitas yang tinggi.

Selain itu, tanaman terong yang akan dijadikan benih harus lah masak di pohon, tidak memiliki bekas serangan hama maupun penyakit, serta bentuknya yang sangat bagus.Cara Menanam Terong Di Pot Polybag

Jika sudah memilih tanaman terong yang akan dijadikan benih, selanjutnya tanaman terong tersebut di belah menjadi dua kemudian diambil bijinya. Biji yang telah diambil dapat dikeringkan di bawah sinar matahari selama 3 hari.simak juga Cara Menanam kangkung Cabut Potong Pemula

Tidak hanya itu, benih juga dapat dibeli di toko pertanian. Benih yang dibeli harus memiliki sertifikat. Sebelum dipakai, sebaiknya benih diseleksi terlebih dahulu dengan cara memasukkan benih di dalam air hangat.

Benih yang tenggelam merupakan benih yang baik. Sedangkan benih yang mengambang merupakan benih yang tidak baik.

Cara menyemai benih terong Pot Polybag.

Setelah benih terong didapatkan, selanjutnya lakukan tahap persemaian. Tahap-tahap persemaian diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Gemburkan tanah terlebih dahulu.
  • Buat bedengan dengan ukuran panjang 200 cm, tinggi 25 cm, dan lebar 200 cm.
  • Lakukan pemupukan dasar dengan cara menaburkan pupuk kandang yang telah matang.
  • Campur pupuk kandang dengan tanah hingga rata.
  • Sebarkan benih diatas bedengan secara merata.
  • Tutup dengan menggunakan tanah tipis.Cara Menanam Terong Di Pot Polybag

Media persemaian harus dipelihara dengan cara disiram dan beberapa pemeliharaan lainnya. Setelah berumur 45 hari atau tepatnya pada saat media persemain telah memiliki 5 helai daun, maka media persemaian dapat dipindahkan pada lahan penanaman.

Tahan menanam terong Pot,Polybag atau lahan terbuka

Sebelum ditanam di lahan penanaman, terlebih dahulu benih terung disemai. Setelah usia persemaian telah memasuki 45 hari atau tepatnya telah tumbuh 5 helai daun, bibit dapat ditanam di lahan penanaman.

Apa saja tahap-tahap penanam bibit di lahan penanaman? Tahap-tahap penanaman bibit di lahan penanam diantaranya adalah sebagai berikut.baca juga Cara Menanam Kacang Panjang Panduan Pemula

  • Gemburkan terlebih dahulu tanah dengan cara dicangkul.
  • Buatlah bedengan dengan ukuran panjang disesuaikan dengan lahan, lebar 1,5 meter, dan tinggi 25 cm.
  • Jarak antara bedengan satu dengan bedengan lainnya adalah 25 cm. Jarak ini dimanfaatkan sebagai parit.
  • Lakukan pemmupukan dasar dengan cara menaburkan pupuk kandang yang telah matang diatas lahan.
  • Campurkan pupuk kandang dengan tanah secara merata.
  • Supaya lahan menjadi kering dan tidak panas akibat penaburan pupuk kandang, diamkan lahan selama 1-2 minggu.
  • Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 6 cm.
  • Bibit yang telah siap untuk ditanam dipindahkan ke dalam lubang tanam.
  • Tutup lubang tanam yang telah berisi bibit dengan menggunakan tanah.
  • Supaya perakaran kuat, padatkan tanah disekitar penanaman.
  • Supaya bibit tidak layu, sebaiknya pada sore hari lakukan penyiraman.

Tahap penanaman telah selesai dilakukan.

Perawatan Tanaman terong Harian

Setelah penanaman selesai, selanjutnya tanaman terung perlu dipelihara. Beberapa kegiatan yang perlu dilakukan ketika memelihara tanaman terung diantaranya adalah seperti dibawah ini.

Advertisement
  • Pupuk terong terbaik

Selain pemupukan dasar yang dilakukan pada saat penanaman, pemupukan anorganik juga perlu diberikan pada tanaman terung pada saat pemeliharaan. Pupuk yang diberikan berupa pupuk KCl, pupuk SP-36, dan pupuk urea.Cara Menanam Terong Di Pot Polybag

Ketiga pupuk tersebut sebelum diberikan pada tanaman terung terlebih dahulu dicampur hingga merata. Setelah itu barulah bisa diberikan pada tanaman terung.

Cara memberikan pupuk adalah dengan memasukkan pupuk ke dalam lubang tanam yang dibuat 6 cm dari jarak penanaman. Setelah pupuk dimasukkan, selanjutnya lubang tanam ditutup dengan menggunakan tanah.Baca juga Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula

Pemupukan dapat dilakukan dua kali selama masa pemeliharaan. Yaitu pemupukan pertama dapat dilakukan pada saat tanaman telah berusia 14 hari.

Sedangkan pemupukan kedua dapat dilakukan setelah tanaman berusia 60 hari.

  • Pendangiran dan penyiangan terong

Kegiatan pendangiran dan penyiangan dapat dilakukan sekaligus. Pendangiran dapat dilakukan pada saat tanah telah  mengeras dan tanah diatas bedengan telah turun kebawah. Pendangiran dapat dilakukan dengan cara mencangkul tanah.

Dengan cara mencangkul tanah, otomatis gulma yang ada disekitar tanaman menjadi terangkat. dengan begitu, kegiatan penyiangan dapat dilakukan.Cara Menanam Terong Di Pot Polybag

Kegiatan pendangiran maupun kegiatan penyiangan dapat dilakukan pada saat tanaman telah berusia 14 hari setelah penanaman berlangsung.

  • Penyiraman terong harian

Penyiraman pertama kali dapat dilakukan pada saat sore hari setelah penanaman berlangsung. Setelah itu, penyiraman selanjutnya dapat dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Penyiraman dapat dilakukan dengan menggunakan slang. Penyiraman tidak boleh berlebihan. Penyiraman yang berlebihan akan mengakibatkan air menjadi tergenang disekitar lingkungan penanaman.

Pengendalian Hama Penyakit terong

Tanaman terung merupakan tanaman yang memiliki berbagai macam varietasnya. Budidaya tanaman terung telah berlangsung sejak dahulu hingga sekarang. Banyaknya permintaan akan terung ini membuat banyak bermunculan para petani terung.

Budidaya tanaman terung tiaklah sulit. Dari mulai penyemaian, penanaman, hingga pemeliharaan, tidak ada yang sulit.

Namun, ada satu hal yang akan mengganggu penanaman tanaman terung. Satu hal tersebut adalah hama dan penyakit. Hama dan penyakit merupakan hal paling sulit untuk dihindari.

Hama dan penyakit jika sudah menyerang tanaman maka akan membuat produktivitas tanaman tersebut menjadi berkurang. Tidak terkecuali tanaman terung. Tidak hanya itu, penyerangan hama dan penyakit yang sangat parah akan membuat gagal panen.

Ada banyak hal yang membuat hama dan penyakit menyerang tanaman terung. Diantaranya seperti genangan air yang akan membuat hama atau pun penyakit datang dan kemudian menyerang tanaman terung. Kemudian, gulma atau rumput liar yang tidak disiangi.hama penyakit terong

Dengan cara tidak dilakukan penyiangan atau penghilangan gulma maka hama atau pun penyakit akan menyerang tanaman terung.

Apa-apa saja jenis hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman terung? Ada banyak sekali jenis hama maupun penyakit yang dapat menyerang tanaman terung. Namun, ada dua jenis hama dan penyakit yang paling sering ditemukan menyerang tanaman terung. Kedua jenis hama dan penyakit tersebut adalah seperti di bawah ini.

  • Penyakit busuk buah terong

Penyakit busuk buah merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan Phomopsis vexans. Seperti namanya, penyakit busuk buah ini menyerang bagian buah tanaman.

Penyerangan cendawan penyebab penyakit ini ditandai dengan lunaknya buah. Lama kelamaan buah yang telah melunak akan membusuk. Jika penyerangan penyakit busuk buah ini menyebar keseluruh tanaman lainnya, maka gagal panen akan terjadi.

Untuk menanggulangi penyakit busuk buah ini, lakukanlah penyemprotan cairan fungisida. Penyemprotan cairan fungisida harus disesuaikan dengan dosis yang telah dianjurkan.

Penyemprotan dapat dilakukan pada saat awal penyerangan. Untuk mencegah penyakit busuk buah ini, penyemprotan cairan fungisida juga bisa dilakukan.

  • Hama kutu daun pada terong

Hama kutu daun ini akan menyerang bagian daun tanaman. Tanda-tanda yang akan terjadi dari penyerangan hama kutu daun adalah tanaman menjadi keril dan daun tanaman akan mengeriting dan berwarna kuning.

Penyerangan hama kutu daun akan membuat produktivitas tanaman menjadi menurun. Cara menanggulangi penyakit kutu daun adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Untuk pencegahan penyakit kutu daun juga bisa menyemprotkan cairan insektisida.

Umur terong Bisa Penen

Jenis tanaman terung terbagi atas dua jenis, yaitu tanaman terung yang dijadikan lalapan dan tanaman terung yang dijadikan sayuran.

Untuk tanaman terung yang akan dijadikan lalapan, pemanenannya dapat dilakukan pada saat tanaman berusia 98-105 hari. Dan untuk tanaman terung yang akan dijadikan sayuran dapat di panenan pada saat tanaman berusia 120 hari.

Mungkin hanya ini saja tata cara panduan menanam terong dalam pot maupun polybag yang bisa anda lakukan di rumah,semoga bisa berguna dan bermanfaat.Artikel terkait Cara Menanam Paprika Dalam Pot Polybag

Advertisement
Cara Menanam Terong Di Pot Polybag | admin | 4.5