Cara Menanam Tomat Secara Hidroponik Sederhana

Cara Menanam Tomat Secara Hidroponik Sederhana – Bagi anda yang ingin membudidayakan tomat anda bisa mengaplikasikannya dengan cara menanam tanaman hidroponik tomat yang gampang dan mudah.

Advertisement

Menanam tanaman hidroponik tomat sangat sesuai untuk anda yang menyukai media tanam praktis karena tidak menggunakan tanah dan sangat cocok untuk anda yang memiliki lahan sempit.

Bagi anda yang berminat menanam tanaman hidroponik tomat anda bisa menyimak caranya dengan info selengkapnya di bawah ini:Cara Menanam Tomat Secara Hidroponik Sederhana

Mengenali sifat tanaman tomat

Sebelum menanam tanaman hidroponik tomat penting anda ketahui bahwa tumbuhan yang berasal dari family Solanaceae ini memiliki sifat yang suka dengan air untuk mensuplai pertumbuhan tanaman.

Bentuk buah tomat sangat beragam sesuai dengan varietasnya baik berbentuk sedikit bulat, bulat persegi, sedikit lonjong dan bulat. Untuk warna tomat memiliki jenis warna kekuningan, kemerahan, belang-belang kemerahan, dan hijau muda.

Cara Menanam Tomat Secara Hidroponik Sederhana

System hidroponik ada berbagai macam dan tomat merupakan tanaman yang bisa tumbuh dengan baik menggunakan seluruh system. Untuk tulisan ini kita akan belajar tentang menanam tanaman hidroponik tomat menggunakan system pasang surut yang gampang dibuat dan murah.

Advertisement
  1. Manfaatkan wadah plastik yang tidak membiarkan cahaya bisa masuk untuk menghambat pertumbuhan ganggang. Waduk dengan ukuran semakin besar ini system hidroponik anda akan semakin sukses dan stabil.
  2. Menanam tanaman hidroponik tomat untuk tumbuhan tomat kecil misalnya jenis tomat ceri minimal memerlukan 1,9 liter atau ½ gallon air. Sedang untuk tumbuhan tomat lebih besar setiap tanaman memerlukan 3,8 liter atau 1 galon air.
  3. Ada berbagai faktor yang mengakibatkan tumbuhan tomat memakai air lebih cepat untuk itu sangat disarankan anda memakai wadah yang bisa menampung ganda jumlah minimal air.
  4. Tidak sedikit pompa yang mempunyai grafik daftar aliran air dengan ketinggian yang berbeda. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pompa yang cukup kuat guna mengalirkan air dari waduk menuju nampan dimana tanaman tumbuh. Selain itu penting anda setelah system siap anda bisa bereksperimen menggunakan pengaturan tertentu untuk memperoleh pompa yang kuat.

Menyiapkan media tanam Tomat

Anda bisa menanam tanaman hidroponik tomat berupa bibit pada nampan pembibitan menggunakan bahan pendukung untuk hidroponik tidak seperti tanah pada umumnya.

Pilihan media tanam yang umum adalah 1 inchi kubus dari bahan batu wol misalnya: helai panjang coco peat atau batu lava.

Sebelum menggunakan bahan tersebut anda bisa merendamnya dengan air ber-PH 4,5.

Pembibitan tanaman Tomat Unggul

Jika memungkinkan anda bisa menanam tanaman hidroponik tomat mulai dari biji. Karena apabila anda memperoleh tanaman dari luar maka bisa meningkatkan risiko penyakit dan hama pada system hidroponik anda.

Benih ditanam pada permukaan bagian bawah dan tetap di bawah bahan transparan lain atau kubah plastik untuk mendorong benih berkecambah dan menahan kelembaban.

Tidak sulit bukan untuk menanam tanaman hidroponik tomat tersebut? Anda bisa memastikan tomat hasil budidaya anda sehat untuk dikonsumsi dengan teknik organik.Demikian Cara Menanam Tomat Secara Hidroponik Sederhana semoga berguna

Advertisement
Cara Menanam Tomat Secara Hidroponik Sederhana | admin | 4.5