Cara Menanam Wortel Dalam Pot di Rumah

Cara Menanam Wortel Dalam Pot di Rumah – Wortel  termasuk tanaman sayur yang biasa digunakan untuk membuat sayur masakan yang dicampur dengan bahan lainnya. Banyak manfaat yang diberikan oleh wortel seperti sangat bagus untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi.

Advertisement

Biasanya wortel biasa dijual di pasar dari tukang sayur atau di supermarket, namun anda juga bisa berkebun wortel sendiri tanpa memiliki lahan yang luas.Cara Menanam Wortel Dalam Pot di Rumah

Yang perlu diketahui menanam wortel dalam pot ini bisa anda lakukan di rumah sebagai solsui anda untuk berkebun dirumah.Sudah banyak cara menanam wortel dalam pot yang bisa dicari di internet atau menyimak dari ulasan berikut ini.

Sebenarnya dengan menanam wortel dalam pot tersebut tidak hanya bermanfaat bagi anda agar mudah mendapatkan sayur, namun tanaman wortel ini akan menjadi sebuah hiasan pada rumah anda tersebut, berikut cara menanam wortel dalam pot yang benar.

  1. Cara menanam wortel dalam pot yang pertama, anda siapkan pot yang akan dijadikan sebagai media tanam, namun dalam memilih pot ini harus memiliki kedalaman sekitar 30-40 cm, kedalaman pot akan mempenagruhi besar kecil panjang pendek dari wortel tersebut.

  2. Usahakan pot yang digunakan masih baru dan bersih, namun terpaksa menggunakan pot bekas maka sebaiknya anda bersihkan terlebih dahulu sebelum ditambahi media tanam.

    Advertisement
  3. Setelah itu anda siapkan sedia tanam buatan sendiri atau bisa juga dengan membeli media tanam yang sudah jadi. Untuk peringatan kepada anda wortel ini sangat cocok ditanam dengan media tanam yang Porous atau media yang tidak gampang padat. Untuk media tanam ini bisa anda kebangkan sendiri dengan menggunaakan tanah merah, pasir halus dan kompos namun tetap menggunakan perbandingan yang tepat dan bisa menggunakan batang pakis.

  4. Selanjutnya media tanaman tersebut masukkan kedalam pot dan memberikan ruang kosong sekitar 2-3 dari atas pot.

  5. Jika sudah memiliki bibit wortel maka selanjutnya anda masukkan bibit wortel kedalam media tanaman yang sebelumnya dilubang I terlebih dahulu sebanyak 3 lubang dan setiap lubangnya dimasuki 2 bibit dan setelah itu tutup bibit wortel dengan media tanam.

  6. Tahap selanjutnya ialah perawatanya dengan menyiram pot dengan air secukupnya dan taruh pot dengan dekat jendela yang bertujuan agar mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  7. Jangan biarkan media tanam kering, usahakan media tanam tetap terjaga kelembapannya.

  8. Jika wortel sudah mualitumbuh daunnya maka pangkas ketinggian daunnya hingga mencapai 3 cm.

  9. Untuk perawatanya anda perhatikan posisi batangnya, jika batangnya bengkok maka berikan media tanam dan akarnya terlihat dari media tanam sebaiknya tutupi dengan media tanam lagi agar akar yang akan menjadi wortel tersebut tumbuh lurus dan sempurna.

  10. Untuk proses pemupukannya, jika menanam wortel dalam pot ini tanamannya sudah mencapai ketinggian sekitar 8-10 cm dan bisa diberikan pupuk organic cair dalam 2 minggu sekali.

Nah, dengan mengetahui cara menanam wortel dalam pot di rumah, maka anda sudah bisa menerapkannya di rumah anda sendiri yang tidak memiliki lahan untuk berkebun.

 

Advertisement
Cara Menanam Wortel Dalam Pot di Rumah | admin | 4.5