Cara Menyemai Bibit Cabai Berbagai Varietas

Cara Menyemai Bibit Cabai Berbagai Varietas – Cabai merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat popular di masyarakat Indonesia. Tumbuhan bernama latin Capsicum annuum dan tergolong ke dalam keluarga Solanaceae ini..

Advertisement

Merupakan tumbuhan yang datang dari negeri Meksiko, Amerika Tengah dan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Ada berbagai varietas cabai, yang berkembang di Indonesia mulai dari cabe merah, cabe rawit, cabe besar, cabe hijau dan lainnya.

Cabai banyak disukai karena memiliki citarasa pedas yang membuat ketagihan. Di Indonesia sendiri, cabe sudah sejak lama telah digunakan sebagai pelengkap setiap masakan. Bahkan bagi masyarakat Indonesia, ada yang bilang makan tidak akan lengkap jika belum terasa pedas.

Sedangkan untuk pertumbuhannya sendiri bisa dibilang, tanaman ini sangat cocok tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia dan hampir berbagai varietas cabai bisa tumbuh.Cara Menyemai Bibit Cabai Berbagai Varietas

Sementara untuk penanamannya juga bisa dibilang susah-susah gampang, tergantung dari kondisi cuaca, perawatan. Selain itu, biasanya yang menjadi kendala dalam penanaman cabai ialah terpaan hama yang sering mengganggu pertumbuhan cabai.

Cara Menyemai Bibit Cabai Berbagai Varietas

Berbagai varietas cabai ini dalam penanamannya juga berbeda-beda, penting mengetahui berbagai teknik penyemaian cabai yang tepat sesuai varietasnya. Karena hal ini berkaitan dengan pertumbuhannya agar menghasilkan cabai yang baik dan sempurna. Adapun cara menyemai bibit cabai berbagai varietas sebagai berikut:baca juga Waktu dan Cara Pemupukan Cabai Terbaik

Varietas cabai merah besar

Jenis penyemaian jenis cabe ini sebaiknya menggunakan polybag. Ini dikarenakan jenis cabai merah harganya bisa dibilang mahal, apalagi cabe merah hibrida. Jika tanpa menggunakan polybag, saat biji cabe ditabur dikhawatirkan biji tumbuh dengan saling berhimpitan.

Advertisement

Sehingga tidak semua tanaman dapat dimanfaatkan. Untuk mediannya sendiri gunakan berbagai campuran seperti tanah, arang sekam dan kompos. Beri perbandingan 2:1:1 dari semua bahan tersebut, bila tidak ada arang bisa menggantinya dengan sekam dengan perbandingan 1:1 dan harus diayak terlebih dahulu.

Varietas cabai keriting

Cabe keriting ini jika dilihat sekilas hampir sama dengan cabe hijau dan cabe merah, yang membedakannya ialah bentuknya agak keriting. Untuk penanamannya sendiri sebaiknya menggunakan polybag dan jangan langsung di tanam dari benih.simak juga Cara Mudah Budidaya Cabai Merah Besar Keriting

Gunakan tempat polybag terpisah yang nantinya di gunakan sebagai tempat untuk menyeleksi pertumbuhan benih, dan memisahkan cabe yang tumbuhnya kerdil, dan cacat.

Pemisahan benih ini juga bertujuan untuk menunggu kesiapan bibit, sampai mampu dipindahkan ke tempat yang lebih besar. Sedangkan tempat penyemaian ini menggunakan polybag dengan ukuran (8×9 cm), daun pisang, baki persemaian.

Varietas cabai rawit

Cabe rawit merupakan jenis cabe yang bisa di bilang sangat terkenal, memiliki bentuk kecil tapi rasanya sangat pedas. Cara penanaman cabe rawit sangat mudah jika dibandingkan dengan berbagai varietas cabai lainnya. Selain itu jenis cabe ini lebih kuat tahan terhadap hama.

Adapun caranya siapkan wadah dari polybag sebagai tempat penyemaian bibit sebelum ditanam. Tapi tempat penyemaian bibit beri naungan agar terhindar dari terik matahari langsung, hujan deras dan angin.

Siapkan polibag ukuran 5×10 cm yang berisi media tanam ¾ bagiannya, media tanam ini berisi campuran tanah, arang sekam dan kompos. Dengan perbandingan 1:1:1 dan jangan lupa ayak terlebih dahulu. Rendam bibit selama 6 jam sebelum penyemaian, setelah itu masukan ke dalam polybag sedalam 0,5 cm dan tutup permukaan dengan media tanam.

Itulah beberapa cara menyemai bibit cabai berbagai varietas, yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk menanam cabai sendiri di rumah.Demikian dan baca juga Ciri Bibit Cabai Berkualitas Unggul

 

Advertisement
Cara Menyemai Bibit Cabai Berbagai Varietas | admin | 4.5