Cara Menyemai, Menanam Morning Glory

Cara Menyemai, Menanam Morning Glory – Cara Menyemai, Menanam dan Merawat Morning Glory – Sekilas tanaman Morning Glory adalah tanaman merambat yang hampir mirip dengan tanaman kangkung. Namun tanaman ini masuk kedalam keluarga ipomoea yang cocok ditanam di daerah tropis seperti Indonesia.

Advertisement

Dibandingkan tanaman kangkung, Morning Glory masih dibilang tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Tanaman ini juga sangat mudah dalam perawatannya jika anda mengetahui cara merawat secara benar.

Morning Glory merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dicari untuk dijadikan koleksi. Bagi anda yang menginginkan tanaman ini di pekarangan rumah ada baiknya anda mengetahui cara yang baik dalam menyemai, menanam, serta merawat Morning Glory.Cara Menyemai, Menanam Morning Glory

  1. Cara menyemai morning glory

Bibit Morning Glory termasuk jenis biji yang keras, dan perlu perlakuan khusus. Sebelum menyemai biji di tanah, rendam terlebih dahulu biji ke dalam air bersih selama 12-24 jam. Jika anda menggunakan air hangat rendam biji sekitar 8 jam.

Setelah benih direndan kedalam air beberapa jam, angkat dan tanam biji tanaman Morning Glory ke media tanam. Bahan yang disarankan untuk media tanam yaitu tanah humus, sekam bakar, pupuk organik atau pupuk kompos dengan perbandingan 3:1:1.

Advertisement

Lakukan proses penyemaian bibit ke dalam pot atau polibag. Atur suhu tempat dimana pot-pot yang berisi bibit penyemaian, sebaiknya jangan ditaruh di bawah sinar matahari langsung. Setelah tanaman cukup kuat, dapat dipindahkan ke lahan atau media yang lebih besar.

  1. Cara menanam morning glory

Pastikan anda tidak terlalu dalam saat mengubur benih karena akan mengakibatkan tunas tanaman Morning Glory tidak dapat tumbuh dengan ideal. Atur jarak bibit saat mengubur dari permukaan tanah kira-kira 0.5-1 cm.

Cek usia tunas yang tumbuh, usia tunas yang siap dipindah ke media lain yakni jika sudah tumbuh daun tunas sekitar 4 daun. Pindahkan tunas Morning Glory ke media permanennya. Sebelumnya olah terlebih dahulu media tanamnya dengan mencampurkan tanah dengan pupuk.

Pada saat melakukan pemindahan, perhatikan jangan sampai akar terputus karena akan membuat tanaman mati. Ambil tunas dengan mencongkelnya menggunakan scop sedalam mungkin.

  1. Cara merawat morning glory

Untuk proses perawatan tanaman cukup dengan melakukan penyiraman dan pemupukan saja. Berikan air yang cukup 2 kali sehari dan juga sinar matahari. Jangan terlalu banyak memberikan air pada tanaman Morning Glory karena akan membuat tanaman ini cepat rusak atau busuk.

Atur kadar air yang cukup agar  tanaman hias ini dapat bertahan lama. Agar tanaman Morning Glory terlihat lebih segar, beri tambahan pupuk organik.

Ada berbagai macam tanaman hias yang cantik untuk dikonsumsi. Morning Glory sangat cocok ditanam di daerah dengan kondisi bersuhu panas. Tanaman ini juga mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan. Ada banyak variasi warna dalam bunga Morning Glory.

Tanaman ini akan mekar setiap pagi dan mengeluarkan wangi harum yang khas. Demikian beberapa cara menyemai, menanam, dan merawat tanaman morning glory.

Advertisement
Cara Menyemai, Menanam Morning Glory | admin | 4.5