Cara Menyetek Tanaman Hias Wijaya Kusuma

Cara Menyetek tanaman hias Wijaya Kusuma – Anda sudah mengetahui tanaman wijaya kusuma yang memiliki bunga berwarna putih yang cantik, bunga wijaya kusuma ini memiliki nama latih Epiphylium yang bisa anda stek untuk di tanaman di pekarangan rumah anda atau di pot, namun dalam hal menyetek bunga wijaya kusuma ini juga harus mengetahui tekniknya agar sukses dan bisa tumbuh.

Advertisement

Dengan ini anda harus mengetahui bagaimana cara menyetek wijaya kamu yang tepat dan bisa tumbuh. Pasalnya bunga wijaya kusuma ini tidak memiliki batang beerkayu sehingga akan sulit untuk di stek jika tidak mengetahui langkah-langkah dalam menyetek. Berikut ini akan di jelaskan cara menyetek wijaya kusuma agar berhasil.Cara Menyetek Tanaman Hias Wijaya Kusuma

Yang perlu anda ketahui ialah dalam cara menyetek wijaya kusuma ialah daunnya, pertama anda ambil daun wijaya kusuma yang akan dijadikan bahan stek.

Untuk peralatan yang akan digunakan menyetek ialah seperti, pisau tajam yang bersih, 2 bagian pasir yang bagian 1 menggunakan pupuk kandang dan yang 1 bagian humus serta menggunakan akar pakis yang dihaluskan. Selain itu anda juga siapkan pot untuk wadah pasirr yang menjadi edia tanaman.

  1. Pertama

Cara menyetek wijaya kusuma pertama, untuk memulai menyetek anda gunakan pisau yang tajam dan bersih yang bisa anda bersihkan menggunakan alkohol menggunakan tissue.

Advertisement

Selanjutnya ambil daun dengan memotongnya sebesar 5 cm dari permukaan media, namun dalam pemotongan daun ini haru rata pada bagian permukaan potongan tersebut.

  1. Kedua

Daun yang sudah terpotong tersebut anda oleskan hormone perangsang pertumbuhan akar di permukaan bagian daun yang terpotong, jangan langsung anda tanam di media tanah akan tetapi anda biarkan terlebih dahulu di tempat yang teduh dengan lama waktu selama 7 hingga 10 hari.

Cara menyetek wijaya kusuma dengan cara ini selain memilih tempat teduh pilihlah tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar daun yang dijasikan bahan stek tersebut tidak akan cepat layu karena adanya penguapan air dan tidak membusuk.

  1. Ketiga

Cara menyetek wijaya kusuma selanjutnya ialah, jika bahan stek yang dibiarkan tadi sudah selama 7 hingga 10 hari. Selanjutnya bisa anda tanaman ke media tanaman seperti pot yang diberi tanah yang sudah anda siapkan tadi dengan komposisi tanah dan kompos yang tepat.

Dalam memilih pot bisa anda gunakan dengan diameter 10 cm dengan dalam tanam bisa mencapai 5 cm yang bertujuan stek tidak roboh.

  1. Keempat

Setelah anda tanam stek harus anda biarkan terlebih dahulu jangan sampai anda siram terlebih dahulu selama 10 hari.

Setelah itu anda bisa menyiram tanaman dengan jangka waktu seminggu sekali, pasalnya wijaya kusuma merupakan tanaman yang tidak terlalu menyukai air, sehingga anda jangan terlalu memberikan banyak air pada tanaman ini apa lagi masih dalam masa stek.

Itulah beberapa cara menyetek wijaya kusuma yang dapat anda coba lakukan. Namun yang peru anda ingat ialah simpan tanaman tersebut di tempat yang teduh namun masih mendapat cahaya. Semoga informasi seputar cara menyetek wijaya kusuma ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba.

Advertisement
Cara Menyetek Tanaman Hias Wijaya Kusuma | admin | 4.5