Cara Merawat Bunga Adenium Agar Banyak Berbunga

Cara Merawat Bunga Adenium Agar Banyak Berbunga –  Tanaman Hias Adenium atau yang akrab disebut Kamboja Jepang memiliki bunga cantik dan luar biasa mempesona.

Advertisement

Banyak orang yang suka menanam dan merawat bunga Adenium baik dari kalangan pecinta tanaman hias maupun masyarakat umum. Hal ini karena bentuk bunganya yang cantik dan banyak serta memiliki bentuk batang yang sedikit gendut.

Bahkan tidak jarang mereka merawat bunga Adenium untuk dijadikan bonsai. Untuk mewujudkan bunga Adenium yang subur, cantik, dan berbunga lebat dibutuhkan cara merawat bunga Adenium yang baik dan benar seperti berikut ini.Cara Merawat Bunga Adenium Agar Banyak Berbunga

Pemilihan media tanam yang sesuai

Dalam merawat bunga Adenium penting bagi anda memperhatikan perakarannya supaya sehat. Hal ini bisa anda wujudkan dengan pemilihan media tanam porus yang sulit memadat dan tidak gampang mengikat air.

Anda bisa mencampur media tanam terbaik dari pupuk kandang matang, pecahan arang dan pasir Malang kasar dengan perbandingan 1:1:1.

Khusus untuk pasir sebaiknya anda mencucinya terlebih dahulu sampai bersih serta terbebas dari tanah dan lumpur sebelum digunakan.

Anda juga bisa menggunakan media tanam kompos yang telah benar-benar matang. Agar PH keasaman media tanam sekitar 7-7,5 anda bisa menambahkan kapur dolomit.

Posisikan tanaman pada tempat yang mencapat sinar matahari cukup

Advertisement

Penting anda ketahui dalam merawat bunga Adenium bahwa tanaman ini memiliki habitat asli di gurun sehingga tanaman ini sangat menyukai sinar matahari secara langsung.

Intensitas cahaya matahari yang semakin lama dan tinggi akan semakin menjadikan tanaman ini tumbuh dengan optimal dan sehat serta memiliki cabang yang kuat.

Penyiraman Adenium secara rutin

Anda bisa merawat bunga Adenium dengan menyiraminya setiap hari apabila Adenium dalam kondisi sehat tetapi jika tidak sehat anda bisa menyiramnya sekali sepekan. Tanaman yang dalam kondisi sehat memiliki ciri: daun baru dan kuncup bunga yang senantiasa bermunculan dan terlihat segar.

Pada saat ini tanaman anda membutuhkan cahaya matahari yang penuh, asupan air yang banyak dengan penyiraman sampai airnya merembes hingga keluar dari bagian bawah pot.

Pemupukan Adenium

Untuk merawat bunga Adenium agar tumbuh dengan sehat dan subur anda bisa memberikan pupuk dari jenis slow release misalnya: Dekastar, Magmp, dan Osmocolare sesuai dosis.

Kemudian agar Adenium rajin berbunga anda bisa memberikan perangsang berupa pupuk berkalium dan berfosfor tinggi.

Lakukan repotting Adenium tepat waktu

Ketika merawat bunga Adenium dengan mengganti media tanam atau repotting dilakukan sebaiknya anda membuang sebagian akar halusnya kemudian posisikan tanaman pada tempat yang teduh sampai lukanya sembuh minimal selama sepekan.

Kemudian anda bisa menanamnya kembali dengan media tanam kering untuk sepekan kemudian dilakukan penyiraman dan diposisikan pada tempat yang memungkinkan tanaman tersebut mendapat sinar matahari penuh.

Dengan merawat bunga Adenium yang tepat maka seluruh nutrisi dari zat hara dan cahaya matahari bisa terserap tanaman dengan baik sehingga menjadikannya sehat dan banyak berbunga.

Advertisement
Cara Merawat Bunga Adenium Agar Banyak Berbunga | admin | 4.5