Cara Merawat Kaktus Hias Harian

Cara Merawat Kaktus Hias harian – Tanaman hias merupakan seni yang membuat sebuah tempat atau ruangan menjadi lebih hidup dan segar. Salah satu tanaman yang bisa anda jadikan sebagai penghias ruangan adalah kaktus hias.

Advertisement

Hal ini karena bentuk kaktus yang unik, tidak terlalu memakan tempat, dan bisa menghasilkan warna yang unik dan menarik. Namun supaya kaktus bisa tumbuh dengan baik anda harus memperhatikan cara merawat kaktus hias yang baik dan benar sebagai berikut:Cara Merawat Kaktus Hias Harian

  1. Hal yang harus diperhatikan saat menanam kaktus

Untuk mempermudah cara merawat kaktus hias yang harus anda perhatikan adalah cara menanam kaktus dan bibit.

Bibit kaktus bisa anda dapatkan dari anakan sendiri maupun melalui biji yang bisa anda dapatkan di toko tanaman hias. Untuk teknik penanaman adalah di tanam pada tanah secara langsung maupun diletakkan di pot.

  1. Pot atau wadah untuk kaktus

Untuk cara merawat kaktus hias pada pot anda harus menyesuaikan dengan ukuran kaktus yang anda miliki. Anda bisa menggunakan pot dengan ukuran besar maupun kecil sesuai dengan ukuran kaktus yang anda miliki.

Advertisement
  1. Pengairan kaktus

Cara menyiram kaktus dengan tanaman biasa tidaklah sama. Cara merawat kaktus adalah dengan menggunakan botol spray khusus yang disemprotkan pada batangnya supaya kaktus tidak terlampau lembab. Anda bisa melakukan penyiraman kaktus pada waktu pagi dan sore hari.

  1. Pemupukan kaktus

Trik merawat kaktus hias paling tepat adalah dengan secara rutin memberikannya pupuk. Hal ini bertujuan supaya kaktus bisa tumbuh dan berkembang dengan baik layaknya tanaman hias lain. Yang perlu anda perhatikan adalah bahwa pupuk tanaman kaktus sangat berbeda dengan tanaman lainnya.

Pupuk yang tepat untuk tanaman kaktus adalah pupuk NPK (organic) yang diberikan pada media tanaman. Pupuk ini bisa anda dapatkan di toko tanaman hias.

  1. Tempat menaruh kaktus

Jika anda meletakkan kaktus dalam ruangan maka cara merawat kaktus hiasadalah dengan mengangin-anginkan kaktus setiap 3 hari sekali. Hal ini bertujuan supaya daging kaktus tidak lembab yang berujung akhir mati.

Kaktus memang membutuhkan sinar matahari, namun anda tidak dianjurkan membiarkan dan menaruhnya pada tempat di sinar matahari secara langsung. Karena ujung kaktus bisa berubah warna jika terlalu lama dibiarkan di sinar matahari secara langsung karena terbakar.

  1. Mencari tahu sifat kaktus

Untuk membuat kaktus bisa tumbuh subur dalam perawatan kita maka cara merawat kaktus hias adalah dengan mengetahui sifat kaktus yang menyukai sinar matahari. Hal ini karena habitat asli kaktus adalah tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik yakni di gurun pasir yang panas.

Kaktus tidak menyukai tempat hidup dengan udara yang terlampau lembab karena ketebalan yang dimiliki daging kaktus. Kaktus bisa membusuk dan mati jika diberi air terlampau banyak.

Dengan cara merawat kaktus hias yang baik dan benar, maka tanaman hias berupa kaktus anda bisa tumbuh dengan subur dan indah dalam waktu yang lama. Selamat mencoba.

Advertisement
Cara Merawat Kaktus Hias Harian | admin | 4.5