Cara Merawat Mawar Agar Rajin Berbunga

Supaya Mawar Rajin Berbunga – Bunga mawar adalah salah satu bunga yang menjadi favorit orang – orang untuk dijadikan tanaman hias. Tidak mengherankan jika bunga mawar dijadikan sebagai ratunya bunga.

Advertisement

Karena bunga ini memiliki keindahan pada kelopak bunga dan juga memiliki aroma yang khas. Hal itulah yang membuat orang – orang ingin menanam sendiri bunga ini, khususnya para kaum hawa.

Permasalahannya adalah terkadang orang – orang belum mengetahui bagaimana cara merawat bunga mawar agar terus berbunga.Cara Merawat Mawar Agar Rajin Berbunga

Selain itu, biasanya ada juga masalah mengenai bunga yang memiliki kelopak besar ketika dibeli dari penjual, namun ketika sudah dibeli bunga yang mekar menjadi kecil atau tidak sebesar sebelumnya. Berikut terdapat solusi mengenai hal tersebut dan juga informasi mengenai cara merawat bunga mawar.

Menanam bunga mawar bukanlah suatu hal yang susah. Jika anda sudah mengetahui cara merawat bunga mawar, pastinya anda akan bisa mendapatkan bunga mawar yang anda inginkan.

Bunga mawar sendiri sebenarnya memerlukan perlakuan khusus, bunga ini tidak cukup hanya dengan disirami air setiap pagi dan sore. Tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam merawat bunga mawar.

Advertisement

Hal pertama adalah tanaman mawar ini harus ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari. Lebih baik lagi jika sinar matahari pagi agar kegiatan fotosintesis dari bunga mawar bisa terlaksana dengan baik.

Cara merawat bunga mawar lainnya adalah dengan memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan bunga. Seperti pupuk kandang atau pupuk alami yang dibuat dari kotoran hewan. Selain pupuk – pupuk tersebut ada pupuk buatan yaitu pupuk NPK yang memiliki unsur hara utama yaitu nitrogen.

Nitrogen bisa membantu pertumbuhan vegetative terutama daun. Ada juga fosfor yang membantu pertumbuhan akar dan tunas, serta kalium yang bisa membantu pembungaan dan pembuahan.

Penggunaan pupuk NPK ini tidak boleh sering digunakan dan juga tidak boleh terlalu banyak diberikan pada bunga. Karena bisa mengakibatkan over dosis yang akan membuat bunga mawar menjadi kering dan mati.

Setiap tanaman bisa diberikan sekitar 10 – 20 butir NPK dan juga bisa dilakukan minimal setiap bulan sekali dan dua minggu sekali.

Pupuk bisa diaplikasikan dengan cara menaburkannya di atas media tanam. Cara yang lebih baik lagi juga dengan mencairkannya dahulu dengan air lalu disiram.

Merawat bunga mawar selanjutnya adalah dengan menyiramnya sebanyak 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari dalam sehari jika cuaca dalam keadaan panas.

Jika cuaca sedang tidak dalam keadaan panas bisa disiram sekali saja pada pagi hari. Namun, jika cuaca dalam kondisi hujan setiap harinya dan tanaman mawar anda langsung terkena air hujan, lebih baik untuk tidak menyiraminya.

Keesokan harinya anda bisa menyemprot daun dan bunga dengan air biasa, karena ternyata air hujan bersifat keras, khususnya untuk tanaman mawar.

 

Advertisement
Cara Merawat Mawar Agar Rajin Berbunga | admin | 4.5